Minggu, 08 April 2018

Kue Ulang Tahun




Bulan Februari lalu kebetulan aku berulang tahun. Rasanya ingin berbagi kegembiraan dengan anak-anak di komunitas milik aku Circle of Happiness. Maunya sih ngasih mereka kue ulang tahun atau kue bolu. Kebetulan mereka suka sekali kalau diberi kue bolu. Pengalaman diberi kue bolu mereka selalu senang.Tapi kepikiran kalau saja mereka sendiri yang membuat kuenya dan nanti dimakan bersama sepertinya akan lebih seru. Akhirnya aku memberitahu bunda Yuni yang biasa mengajarkan anak-anak masak apakah beliau bisa mengajarkan membuat kue ulang tahun. Ternyata bunda Yuni menyanggupinya. Tapi tentu ada konsekuensinya , butuh mixer, loyang, oven. Akhirnya aku tanya sama tetangga untuk meminjam oven dan mixer Oven butuh dua dan bunda Yuni memberikan satu oven dan beberapa loyang buat anak-anak.. Akhirnya dapat dua oven dan empat mixer. Jadi diputuskan untuk dibagi empat kelompok.

Hari yang ditunggu tiba, anak-anak dibagi empat kelompok. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuenya (tentunya dicari resep yang sederhana agar anak-anak bisa mengerjakannya ) , seperti

  • 1.      250 gram tepung terigu

  • 2.      250 gran gula pasir

  • 3.      4 butir telur

  • 4.      200 gram mentega dicairkan

  • 5.      Satu sendok teh baking powder

Bahan untuk membuat creamnya

  • 1.      Tepung gula

  • 2.      Margarin

  • 3.      Susu kental manis

  • 4.      Pewarna





Setiap kelompk diwakili satu orang untuk mencampur bahan bolu tadi karena mixer hanya ada empat. Jadi bahan telur , gula dicampur dulu sampai mengembang dan memutih dan masukan terigu perlahan-lahan sampai tercampur rata. Kemudian masukan mentega cair. Setelah tercampur dimasukan ke loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu agar tak lengket. Baru kemudian dimasukan dalam oven. Sambil menunggu kue masak, anak-anak membuat hiasan kue dari kertas warna dan kertas jeruk. Jadi anak-anak membuat hiasan dengan bentuk tertentu di kertas warna yang ditempel di kertas jeruk yang tebal. Hal ini bertujuan agar hiasan nanti bisa bagus kalau ditaruh di atas kue . Bisa juga hiasan dalam bentuk tulisan. Untuk menanclapkannya diberi tusuk gigi. Masing-masing anak membuat dua buah hiasan. Selesai anak-anak membuat hiasan , kue ternyata sudah matang dan dikeluarkan dan ditaruh di nampan yang dibawa anak-anak.




Untuk menghiasnya selain dengan hiasan kertas dengan cream. Semua bahan untuk cream dicampur dengan mixer sampai mengembang dan memutih. Lalu ambil beberapa dan diberi warna sesuai dengan keinginan. Cream yang sudah ada warnanya dimasukan dalam plastik segitiga dan bagian ujungnya diberi cetakan untuk membentuk hiasan. Di sinilah anak mulai berkreasi dengan creamnya untuk menghasilkan hiasan di atas kue bolunya.  Banyak kreasi yang dihasilkan walau dalam kerapihan masih kurang, maklum anak-anak baru pertama mencobanya. Setiap kelompok dengan hiasan cream yang berbeda dan hiasan kertas yang indah-indah . Dan hasil masakan buatam mereka setelah jadi bisa dimakan bersama-sama. Banyak anak yang sayang kalau kuenya dipotong –potong karena hiasannya jadi rusak.


Nah, hari ini saat ulang tahunku aku bisa memberikan kegembiraan bagi anak-anak selain itu juga pengetahuan tentang cara membuat kue ulang tahun dengan hiasannya. Pengalaman yang begitu membahagiakan di hari ulang tahunku. Semoga aku bisa banyak lagi memberikan kebahagiaan bagi anak-anak di komunitas Circle of Happiness. Doakan aku untuk diberikan kekuatan agar bisa memajukan komunitas ini menjadikan anak-anak mempunyai kegiatan yang bermanfaat dan memiliki karakter yang mumpuni. Semoga




24 komentar:

megasavithri mengatakan...

waah cantik kuenya, saya aja gak bisa buat kue, bisanya cuman beli dan makan hehehe :)..

Victor Martin mengatakan...

Seru bgt pemikirannya mba,, positif,, joss lah,, berbagi ketrampilan,, bahagianya pasti double yak?

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak mega untuk seukuran anak SD lumayanlah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas victor, berbahagia melihat mereka gembira

farida mengatakan...

wow, serunya bikin kue rame2. pasti rasanya enak sekali :)

Tira Soekardi mengatakan...

lumayan mbak farida untuk ukuran anak SD

Anindita Ayu mengatakan...

Selamat ulang tahun mbak, seru ya bisa berbagi kebahagiaan begini..

Misu Pinku mengatakan...

Yang penting bisa membuat kue dengan gembira bersama-sama.

Keriting mengatakan...

Salah satu yg menyentuh banget dari kue ulang tahun diatas adalah Kebahagiaan anak-anak, melihat anak-anak bahagia karena kita, itu jauh lebih mahal harganya.
Disatu sisi mereka mendapatkan pengalaman baru, pelajaran baru dan disatu sisi lagi batin kita merasa puas atas pelajaran kecil/ pengalaman yg kita berikan.

Rasa puas itu akan menambah semangat kita untuk terus berbuat baik, mungkin dilain kesempatan. Hehe

Bagus sekali, salam kenal yaaa...

Keke Naima mengatakan...

Selamat ulang tahun, Mbak. Semoga selalu bahagia. Aamiin

Tira Soekardi mengatakan...

terimakasih ucapannya mbak anindita

Tira Soekardi mengatakan...

betul misu

Tira Soekardi mengatakan...

makasih keriting

Tira Soekardi mengatakan...

makasih ucapannya mbak keke

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Anak-anak dilibatkan bareng dalam membuatnya begitu tentu sangat menyenangkan ya, Bu...

adi pradana mengatakan...

Hasil olahan kuenya bagus2. menyenangkan bisa berbagi kebahagiaan di hari ulang tahun.

Tira Soekardi mengatakan...

betul pak akhmad

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas adi

Lusi mengatakan...

Wah sepertinya mudah ya? Mau nyoba ah.

Tira Soekardi mengatakan...

gampang mbak lusi, ini cari yang paling mudah agar anak2 bisa

Sera Wicaksono mengatakan...

Ihh seru ya kayaknya, boleh nih ide nya buat acara di paguyuban kelas anakku hehe, makasih bunda tira idenya... Dan selamat ulang tahun juga ya bun meski telat, semoga segalanya menjadi barokah, aamiin

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mnecoba mbak sera, resepnya sederhana anak sd pasti bisa

yahya abdullah mengatakan...

Masih kecil udah di latihan kreaktif, subhanallah.


YUKK KUNJUNGIN LINK DI BAWAH INI SEKARANG...!!!!
Ton Nasa

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas yahya

Posting Komentar