Minggu, 22 April 2018

Ngobrol Asyik Bareng Anak-Anak




Komunikasi sangat penting antara orang tua dan anak. Tapi sangat berkendala saat orang tua kurang bisa mengkomunikasikan apa yang diinginkannya terhadap anak-anaknya. Begitu juga dengan anak-anak. Kadang seperti ada gap yang jauh sehingga komunikasi gak nyambung bahkan bisa saja terjadi konflik. Bahasa yang digunakan kadang juga menjadi kendala. Saling tak mengerti satu sama lainnya. Saat anak masih kecil, lebih banyak orang tua yang berkomunikasi dengan mereka. Menerapkan peraturan yang berlaku di rumah. Memberikan masukan dalam banyak hal seperti sikap dan kepribadian anak. Untuk menerapkan aturan dan disiplin itu susah susah gampang. Perlu kesabaran sampai anak-anak terbiasa dengan peraturan yang diberlakukan di rumah.

Saat anak- anak sudah menginjak usia SD, aku dan suami sering mengajak mereka makan di luar. Tadinya sih karena tujuan tertentu. Seperti saat ada yang ulang tahun , atau ada di antara kedua anakku punya prestasi tertentu. Makan di luar seperti memberikan hadiah atas apa yang telah mereka raih. Bukan prsetasi di sekolah saja, tapi saat anak-anak berkelakuan baik di rumah dan disiplin dengan aturan, kami juga  mengajak mereka makan di luar. Atau lain waktu kalau saat aku dan suami sedang suntruk dan perlu kesegaran agar bisa segar kembali bekerja, maka makan diluar adalah alternatifnya. Banyak manfaat yang bisa diambil saat makan bersama anak-anak di luar

  • 1.      Semakin mempererat hubungan anak dan orang tua. Dengan makan bersama sambil bercerita dan berkeluh kesah satu sama lain, akan mempererat hubungan satu sama yang lain.

  • 2.      Meningkatkan komunikasi antara anak dan orang tua. Saat makan bersama ini orang tua bisa memberi masukan atau nasehat tenatng apa saja yang perlu dilakukan anak-anak dalam hal pelajaran atau saat bersosialisasi dengan teman mereka
  • 3.      Meningkatkan keterbukaan di antara anggota keluarga. Agar anak mau terbuka pada orang tua. Dengan suasana yang santai dan makanan yang tak biasa dimakan sehari-hari membuat anak-anak lebih bisa terbuka kepada oarngtuanya.

  • 4.      Bisa melakukan pendekatan bila ada hambatan atau masalah yang anak hadapi.


Ternyata makan bersama ini semakin intens saat anak-anak sudah mulai merantau ke luar kota untuk kuliah dan akhirnya bekerja. Komunikasi yang hanya lewat ponsel kadang terlalu sempit dan tak memberikan ruang yang luas untuk berkomunikasi. Jadi saat bertemu dengan anak-anak yang mana selalu dijadwalkan tiap bulannya, menjadi ajang kangen-kangenan. Makan bukan saja sekedar makan dan berkomunikasi tapi untuk melepas rindu. Seringkali kita ngobrol lama sekali, makanya selalu memilih resto yang bisa makan di sana lama dan tak takut merasa tak enak karena betah berlama-lama di sana. Kadang sudah makan , karena masih asyik ngobrol, jadi pesan lagi minumannya. Resto yang dipilihpun bervariasi, biasanya aku dan suamiku selalu mengikuti selera anak-anak walau kadang akhirnya kurang suka dengan pilihan anak-anak. Pernah mencoba masakan korea yang dilidah rasanya aneh. Tapi lihat anak-anak sangat menikmatinya. Ada lagi menu yang dipiliha anak-anak malah jadi favorit suamiku. Makaanan rice bowl dan menu   yang ada di hoka bento. Padahal sebelumnya suamiku suka gak mau kalau diajak ke sana.

Nah, lucunya anak bungsuku bekerja sebagai guru bahasa inggris di sebuah kursus terkenal di kota Bandung dimana tempat kursusunya ada di sebuah mall. Jadi saat berkunjung ke Bandung, kami akan datang ke mall tersebut menunggu dia pulang ngajar sambil makan camilan di cafe. Setelah anakku pulang, akan jalan-jalan dulu sebelum dilanjut dengan makan malam..  Kegiatan makan bersama ini semakin menyenangkan dan selalu dirindukan . Menunggu waktu berkunjung kembali ke Bandung itu seperti menunggu kekasih hati. Rindu bersama makan lagi, rindu bercengkerama lagi dan rindu bercerita tentang banyak hal.

48 komentar:

Dani Maulana mengatakan...

Dalam keluarga saya pun menerapkah hal ini. Memang komunikasi sangat penting

Enny Law mengatakan...

Anakku masih kecil2, kebanyang kalau mereka udah pada sibuk urusan sendiri2, kangen pastinya

Mugniar mengatakan...

APalagi di jaman now perlu ya Mbak sesekali ngobrol kayak begini, tanpa HP di antaranya.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas dani

Tira Soekardi mengatakan...

mbak enny selalgi kecil mulai diajak bercerita apa yg mereka rasakan shg mereka terbiasa, shg saat besar kmunikasi akan lancar

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar, tanpa hp, kita jd lebih dekat satu sama lain dan bisa melihat ekspresi wajah mereka

Ikrom Zayn mengatakan...

penting sekali ya bu jalin komnuikasi dengan buah hati

Cream Wajah Tanpa Pengeluasan mengatakan...

betul bnget kka menjalin komunikasi antara anak dan orang tua itu sangat penting sekali..

Edwina mengatakan...

Meskipun tidak tinggal serumah, saya rutin berkomunikasi dengan Mama setiap malam, via telepon atau WA. Rasanya ngga bisa bener-bener lepas dari orang tua.

ugi ugly mengatakan...

"Semakin mempererat hubungan anak dan orang tua. Dengan makan bersama sambil bercerita dan berkeluh kesah satu sama lain, akan mempererat hubungan satu sama yang lain".
Saya cukup deket sama emak saya, tapi gak pernah tega kalau mau berkeluh kesah. Makanya selalu nutup-nutupi kalau ada masalah. Gak pernah pengen kliatan punya masalah di depan emak. 😂😂

Wian mengatakan...

Makan diluar bersama keluarga akan menjadi sesuatu yang sangat berharga ketika anak2 dewasa ya mba.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas ikrom

Tira Soekardi mengatakan...

cream wajah, betul

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak edwina, seperti ada ikatan batin ya

Tira Soekardi mengatakan...

justru mbak ugi aku mengharapkan anak- ceriat sama aku shg aku paling tidak bisa membantu kesulitan mereka paling tidak dg doa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak wian

Sulis mengatakan...

Klo udah gede2..cara komunikasinya juga beda ya mba. Anakku yang SD ini malah sekarang agak susah klo diajakin pergi keluar e mba.. kadang milih di rumah, trus main sama tmn2 e. Klo yang TK masih ngikut kmn ibu/ayahnya pergi..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sulis cara berkomunikasinya berbeda sesuai usia ya, aku selalu membiasakan diri untuk keluar bersama keluarga , dan ini jd kebiasaan .

Lia Lathifa mengatakan...

Bahagia terus ya bu, akrab sama anak-anak meskipun mereka sudah besar dan punya kesibukan masing-masing

dudukpalingdepan mengatakan...

Mantap bun, jadi ilmu buat saya kelak kalau anak sudah beranjak remaja. Pengen banget nanti bisa jadi sahabat untuk anak tempat dia berbagi cerita suka dan duka.

Firda Winandini mengatakan...

di keluarga saya, saya anak bungsu Mbak. Dan ternyata emang penting banget komunikasi dalam hubungan keluarga. Saya aja sampe umur segini masih sering cerita ini itu sama mama, rasanya kurang kalo belum ada momen bercerita hehe

Djangkaru Bumi mengatakan...

Manfaat makan anak diluar, pada intinya adalah untuk mempererat komunikasi, biar ada saling keterbukaan. Tidak ada rasa kaku, Beda jika makan dirumah, kurang bisa bercanda gurau.

Nia Janiar mengatakan...

Kalau di film Hollywood, biasanya ada adegan makan bareng di meja makan, terus orang tuanya nanya "Bagaimana harimu hari ini?" Terus jadi kepikiran, makan di meja makan kayaknya belum jadi budaya orang Indonesia. Kebanyakan makan di ruang tv, di kamar, dll, jadinya jarang ngobrol. Hehe. Jadi kepikiran kalau anak sudah besar, mau dibiasakan makan bareng di meja makan :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak lia, semoga selalu begitu

Tira Soekardi mengatakan...

dudukpalingdepan, iya biar sejak dini anak mau bercerita sama kita drpd sama orang lain

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak firda aku sejak dini membiasakan anak2 bercerita denagn aku drpd sama orang lain

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas djangkaru , makan di luar juga sambil refreshing

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nia harus dibiasakan makan bareng dan momen ini sekalian buat menceritakan apa yang dialami anak2 hariitu

liyaalicia 98 mengatakan...

seru ya

D J Channel mengatakan...

Keluarga yang harmonis itu komunikasinya pasti harmonis hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak liya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih DJchannel

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Pergi makan bareng diluar emang bikin kita cerita banyak sesama anggota keluarga, kadang klo dirumah malah ga sempat, sibuk masing2

Amallia Sarah mengatakan...

Alhamdulillah dengan begini menjalin keharmonisan keluarga ya mbak... Aku pengen banget deh bisa kumpul sm kakak dan adikku untuk sekilas ngbrol tentang masa kecil dulu. Karena skrg sudah berkeluarga, agak sulit buat kumpul bareng lagi

ramadani idaham mengatakan...

Gua dan Alm.bokap lebih banyak main dari pada hubungan formal ayah dan anak, terkadang saling membully dsb hehe, itu semua membuat gua dekat dengan bokap hehe

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi disempatkan selalu

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin saat lebaran ya mbak amalia, dimana hampir semua orang kerja diberi libur. kalau aku dg naka2 sebulan sekali, ketemuan di bandung di ortuku

Tira Soekardi mengatakan...

banyak cara untuk berkomunikasi dg ortu ya mbak ramadani

farida mengatakan...

memang paling asyik tuh ngobrol sama keluarga sambil makan ya. monumental banget :)

tri mei lestari mengatakan...

Aktivitas Makan bersama memang bisa menyatukan ya bun...
Kalau perut kenyang, ngobrolpun nyaman.. heheh

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak farida

Tira Soekardi mengatakan...

sip, betul mbak mei

Nurul Sufitri mengatakan...

Pas banget makan2 diselingi obrolan keluarga. Anak2 kalo udah abege agak susah ngumpul bareng ya, maunya besama teman2nya. Nah, mama Tira langsung bikin moment seru sekeluarga biar komunikasi lancar terus ya, keren!

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul, paling tidak sebulan sekali bisa kumpul sama anak2

yahya abdullah mengatakan...

Itu yang sulit saya alami selamini soalnya hidup q di pondok terus sampai sekarang.

YUKK KUNJUNGIN LINK DI BAWAH INI SEKARANG...!!!!
Ton Nasa

Tira Soekardi mengatakan...

keeratan antar anggota keluarga itu perlu sekali mas yahya

Bella mengatakan...

Aku jd ngebayangin kalo anakku udah gede nanti �� cerita mamah tira inspiratif semua Maklum mamah senior aku mah mamah baru hehe. Tks sharingnya

Tira Soekardi mengatakan...

mbak bella, nanti akan mengalaminya sendiri

Posting Komentar