Minggu, 03 Juni 2018

Tips Membersihkan Halaman



Halaman rumah adalah bagian yang juga perlu perhatian khusus . Apalagi halaman depan rumah yang pastinya akan terlihat lebih dulu saat orang berkunjung ke rumah kita. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan halaman rumah karena banyak hal yang perlu dibersihkan . Kebetulan aku punya halaman baik di depan dan di belakang sehingga banyak yang perlu diperhatikan kebersihannya. Dan apa-apa yang patut diperhatikan saat membersihkan halaman adalah.

  • 1.      Tersedianya bak sampah. Kebetulan di rumah aku ada bak sampah di depan pagar. Ini paling digunakan untuk membuang sampah daun yang kering. Di halaman belakang aku punya bak sampah untuk sampah yang gak bisa dijual di bank sampah dan sampah yang bisa dijual di bank sampah. Jadi sampah sudah aku pilah-pilah.

  • 2.      Teras. Teras rumah ini karena dibagian depan, jadi seringkali berdebu baik lantai maupun kursi teras. Selain itu terasku sering dipakai kucing liar untuk bersantai. Jadinya harus ekstra keras untuk membersihkannya.

  • 3.      Taman. Memperhatikan dengan rumputnya , apakah sudah panjang apakah perlu dipotong. Atau ada tanaman yang harus dipotong daunnya yang lebat. Menyiangi rumput dan tanaman liar itu juga penting agar taman tampak bersih dan rapi.

  • 4.      Selokan. Di depan pagar terdapat selokan yang perlu dibersihakn dari rumput liar atau endapan lumpur/tanah agar air bisa mengalir bagus saat hujan tiba.


Jadi ada empat hal yang perlu diperhatikan saat kita mau membersihakn halaman rumah. Dulu saat anak-anak masih ada, suamiku yang bertugas membersihkan halaman selalu dibantu anak-anak. Sekarang setelah mereka tidak tinggal bersama kami , akhirnya aku juga turut membantunya. Rutin membersihkan halaman depan maupun belakang setiap sabtu dan minggu pagi. Karena dulu aku gak pernah membersihkan halaman rumah karena ada anak-anak, sekarang aku mulai merasakan membersihkan halaman rumah. Ternyata membersihkan halaman rumah gak bisa dianggap enteng, karena banyak yang harus dikerjakan. Sehingga harus dibagi menjadi dua tahap hari sabtu dan minggu. Kalau ada yang tak terselesaikan mau tak mau harus menunggu minggu depannya.

Hal-hal yang menjadi prioritas untuk dibersihkan di halaman depan dan belakang.

  • 1.      Untuk selokan dan tempat tumbuh pohon di depan selokan. Ini harus disiangi rumput dan tanaman liar yang ada dalam selokan dan tanah tempat pohon tumbuh. Dan saat mendekati musim hujan, selokan harus dikeruk tanah/lumpurnya agar air bisa mengalir. Ternyata aku sekarang sudah gak bsia lama-lama jongkok sehingga aku mengunakan tempat duduk kesil untuk menyiangi rumput di sekitar pohon dan jalan sedangkan suamiku di dalam gotnya.

  • 2.      Rumput. Rumput yang ada di halaman rumah depan dan belakang. Saat sudah panjang gak bisa sekaligus dipotong bersamaan. Satu bisa minggu ini dan satunya lagi minggu depan, Terutama yang berat adalah halaman belakang rumah yang cukup luas sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk motong rumput

  • 3.      Memotong daun-daun yang sudah lebat. Terutama daun anak nakal, daun pucuk merah, kemuning , ciremai jepang yang harus rutin dipangkas daunnya agar tak terlalu rimbun . Biasanya aku bagian memegangi tangga saat suamiku memotong daun yang letaknya tinggi.

  • 4.      Menyiangi tanaman liar. Ini yang cukup sulit karena banyak ada di sekitar rumput dan tanaman, Jadi harus mau jonkok dan meraih dengan tangan untuk mecabut tanaman liar.

  • 5.      Menyiram tanaman. Ini rutin dilakukan saat sore hari.

  • 6.      Membersihkan kolam ikan. Ini yang berat . Untuk menguras air dan menggosok dasar lantai kolam juga menghilangkan lumut yang menempel.


Ternyata membersihkan halaman rumah bersama suami menyenangkan juga. Sambil membersihkan kita bisa saling bercerita atau diam tapi saling memandang penuh makna. Jadi kedekatan emosional bisa terjalin saat membersihkan halaman rumah. Dan aku juga jadi tahu kalau membersihkan halaman rumah bukan perkara mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dan butuh tenaga ekstra.

30 komentar:

Victor Martin mengatakan...

selokan oh selokan jadi tantangan terberatku apalagi klo berair

turiscantik.com mengatakan...

paling males bersihin halaman kalau daun pohon mangga depan rumah lagi rontok daunnya, duh capek banget sapunya. makasih mbak sharingnya saya kebetulan hoby berkebun.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas viktor selokan itu yang menjijikan apalagi kl basah dan banyakm endapan bhn makanan

Tira Soekardi mengatakan...

turiscantik, buat lubang sekeliling pohon dan daunya dipendam di sana dan bakal jd pupuk alami

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Motong/nyabutin rumput adalah hal yang paling menyebalkan buat aku, nguras tenaga banget hehehhe

Lia Lathifa mengatakan...

di rumahku akhirnya bikin bak sampah dari batako dan semen, lebih awet dan kuat kalau bakar daun. Soalnya sering banget kalau pakai kaleng atau drum, hilang dibawa tukang loak :D

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya ya Mba bisa dibilang halaman itu y..bagian terdepan rumah. Dimana bisa menarik org bertamu atau justru menjauh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ursula kalau halama kecil mau gak mau potong rumput manual ya pakai gunting rumput tp kalau halaman luas bisa pakai alat potong rumput yg praktis

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lia , kalau aku sampah sdh aku pilah2 yg organik aku taruh di lubang yang aku buat di halaman belakang rumah yg lain aku tabung di bank sampah, jd sampah yg dibuang sedikit

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak siti

Eri Udiyawati mengatakan...

Kalau bersih-bersih halaman bareng-bareng emang menyenangkan, Mbak. Tapi, ya ampun, paling males itu membersihkan selokan, apalagi pas musim hujan, selokannya berair ikss..

herva yulyanti mengatakan...

rumput depan rumah cepet panjangnya dan bikin males hehehe baca ini jadi kepikiran bu belum bersih2 hahah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri apalagi kalau ada endapan sisa makanan , hadeuh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak herva,apalalgi kalau musim hujan cepet panjangnya

Amelia Pratami mengatakan...

Kalau membersihkan halaman jd ingat Almh Mbah ku yang rajin "ngoret" alias nyabutin rumput2 liar di halaman rumahnya.

Edwina mengatakan...

Saya nggak apik banget mengurus halaman, mbak. Tanaman dan rumput sering mati kering. Jadinya lebih suka minta tolong orang buat bersihkan halaman dari rumput liar.

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu ya mbak amelia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk edwina, aku juga agak maals suami yang lebih telaten , akhirnya aku hanya bantu2 saja

Ria Nugros mengatakan...

Aku paling jarang beresin teras rumah hehehe biasanya mertua atau suami yg beberes.

farida mengatakan...

Wah, asli kerja keras memang membersihkan halaman depan itu ��

Darwin mengatakan...

dan harus kontinyu jg ya mas, gk cuma setahun sekali hehe

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbaka ria butuh kesabaran dan ketelatenan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak farida butuh tenaga ekstra makanya paling enak pagi hari kerjanya

Tira Soekardi mengatakan...

harus mas darwin , namanya rumput kan tumbuh terus

Eni Rahayu mengatakan...

ciecie... walau diam saling memandang. Tips romantis dengan pasangan nih, bertanam hehehe.

Martin Setiawan mengatakan...

Teras itu bagian rumah yang setiap pagi wajib aku bersihkan, soalnya yang paling kelihatan dari luar. Padahal dalam rumah berantakan kayak kapal pecah :P

Affan Ibnu Rahmadi mengatakan...

asal jangan datang malasnya bunda.. :)
kalo sudah malas, biar rumput tinggi pun tidak akan dipegang.. ehehe

Lena Viyantimala mengatakan...

Menjelang Idul Fitri nih, bersih2 rumah dan halaman jadi wajib hukumnya. Hehe!

himawan sant mengatakan...

Setiap pagi kami sekeluarga dari kecil pasti (diwajibkan ) untuk bersihin rumah.
Capek sih tapi ngga apa-apa, itung-itung buat olahraga 😁

Arif Chasan mengatakan...

belom punya halaman :3

Posting Komentar