Minggu, 27 Mei 2018

Dermaga Kirana Nan Elok



Di seberang lokasi Replika Sekolah Laskar Pelangi terdapat objek wisata juga yang dikenal dengan nama Dermaga Kirana atau Rumah Rotan atau juga dikenal dengan sebutan Rumah Keong. Lokasi tepatnya di desa Lenggang, kecamatan Gantong Kabupaten Belitung Timur. Rumah keong ini dibangun di atas danau yang dikenal dengan nama kolong oleh masarakat setempat. Kolong ini bekas penambangan timah. Saat datang di depan sudah disuguhi dengan bangunan yang terbuat dari rotan dan berbentuk seperti rumah keong. Ada lima buah gelembung besar seperti rumah keong. Warnanya coklat muda.Bentuknya sangat unik dan enak di pandang mata sehingga cocok untuk berfoto di sana.  Rumah keong ini dibangun satu meter di atas tanah dengan lantai yang terbuat dari kayu. Lantai kayu ini sebernarnya dermaga yang akan terlihat zig zag sampai tengah danau.





 

Nah diujung dermaga ada perahu yang ditambatkan di sana. Perahu ini bisa digunakan kalau wisatawan tertarik untuk menyusuri danau yang akan didampingi oleh karyawan di sana. Latar belakang air danau yang tenang dan pephonan di belakangnya sangat bagus untuk dijadikan latar untuk berfoto di ujung dermaga. Apalagi ada perahu-perahu yang ditambat di sana.  Masih banyak pembangunan di sana untuk menambah banyak fasilitas agar memberikan rasa nyaman bagi wisatawan. Dari ujung dermaga itu ke arah kanan akan diteruskan dan di sana sudah terlihat bangunan yang belum selesai dibangun. Bangunan itu akan digunakan untuk rumah makan dan tempat santai pengunjung kelak. Dan masih juga terlihat pembangunan jalan-jalan kayu di dekat bangunan buat rumah makan itu. Fasilitas ini ditambahkan untuk memberikan kenyamanan dan agar kunjungan wisatawan semakin banyak. Karena fasilitas dan prasarana yang baik akan memudahkan wisatawan dan akan berkunjung kembali tentunya.




Area yang tak begitu luas memang cocok untuk berfoto ria. Banyak sudut di rumah keong ini sangat cocok untuk dijadikan latar untuk berfoto. Belum lagi dermaga dengan danau yang airnya tenang itu juga bisa dijadikan objek foto yang bagus. Perahu yang tertambat dan air yang tenang memberikan kesjukan dan foto yang indah. Dan wisata ini juga bagus ditempatkan di depan replika sekolah Laskar Pelangi, karena setelah orang berkunjung ke replika sekolah yang memang sudah terkenal , wisatawan bisa mampir ke dermaga ini. Jadi dua wisata bsia dikunjungi dalam satu wilayah yang berdekatan. Jadi jangan lupa untuk mampir ke dermaga Kirana setelah mengunjungi Sekolah Laskar Pelangi.


54 komentar:

Retno Kusumawardani mengatakan...

Pemandangannya bikin betah ya bun..

Joseph Marijanto mengatakan...

Ke Belitung untuk travelingkah? Berapa rata-rata total biaya untuk jalan-jalan hemat ke Belitung?

dudukpalingdepan mengatakan...

Wah kalau di Jambi mirip dengan destinasi wisata Jambi Paradise, jangan-jangan pengusaha atau perusahaannya sama :D
Asyiknya berlibur bersama keluarga ya bun.

Ericka Abdullah mengatakan...

waah cantiknya ini mbak.. belum kesampean juga ke Belitong hu hu hu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak retno, asyiklah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas joseph, wah kurang tahu ya, gak dihitung

Tira Soekardi mengatakan...

dudukpalingdepan, wah jambi juga punya ya, bek ada rati temanku gak pernah jalan2 ya, katanya di jambi gak ada wisata yg bagus

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ericka, cantik memang

Ivonie Zahra mengatakan...

Rumah keong dan danaunya menarik ya bu. Asyik banget kalau wisata sekali jalan bisa dapat dua destinasi.

Anis Khoir mengatakan...

yang ingin wisata jadi bisa sekali jalan ketika ke sekolah Laskar Pelangi dermaganya sungguh indah pemandangannya

Nurul Sufitri mengatakan...

Traveling asyik dan seru nih. Alami deh jadi melepaskan stres dan lelah cocok banget mampir ke sini bareng keluarga.

fenni bungsu mengatakan...

Asyiknya Mamah Tira jalan-jalan.
Lokasinya instagramable banget yah, spotnya cantik.

Imaniar Hanifa mengatakan...

Menarik yaa dermaga Kirana ini. Saya jadi nggak sabar ingin berkunjung ke Belitong :D

Kemarin saya masih belum bisa move on dari dermaga apung di Bawean, baru saja saya tulis di blog ^^

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbka ivonie

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak anis

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nurul, walau belum komplit sarananya tp sdh asyik

Tira Soekardi mengatakan...

mbak imaniar mudah2an sampai ke sana ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak fenni

Yuni Handono mengatakan...

Bikin takjub saat melihat pemandangannya ya mba....jadi pengen bisa berkunjung ke Belitong😍😍😍

Andrie Kristianto mengatakan...

wahhh belitong kota masa kecilku dari kecil sampai remaja, salam dari belitung mba :D

Izzah Annisa mengatakan...

Wah, bagus banget tempatnya ya, Mbak. Unik gitu. Semoga suatu hari bisa ke sana, aamiin... ^_^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yuni, belitung memang indah

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik ya mas andre sekarang belitung jd tujuan wisata

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa ke sana mbak izzah

Nunung Yuni mengatakan...

Waah unik banget ya rumah Keong. Jadi bisa foto foto deh disana kalau pas ke replika Laskar Pelangi ya

Krim Penghilang Jerawat Pasir mengatakan...

kayaknya asik tuh kalau traveling ke sana. Tmpatnya bagus banget

Amallia Sarah mengatakan...

Aku lebih suka wisata ke pemandangan seperti ini mbak daripada Pantai. Serasa lebih sejuk dan bisa menikmati suasana yang lebih tenang dan lebih asri

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nunung , dan keren

Tira Soekardi mengatakan...

krim penghilang jerawat pasir, betul sekali

Tira Soekardi mengatakan...

aku suka semua alam kecuali kalau hrs ke gua, suak sesek nafas walau penasaran dalamnya gua

kurnia amelia mengatakan...

Unik banget ya dermaganya..iInstagram banget.

Nia K. Haryanto mengatakan...

Wah iya, keren ya dermaganya. Kalo kata anak2 jaman now itu, instagrammable. cantik buat difoto. :)

himawan sant mengatakan...

Keren bentuk rumah keong, eh #' rumah rotannya ...
Unik buat foto-foto.

Sandra Hamidah mengatakan...

Subhanallah indah dan unik banget buπŸ€—πŸ˜Š

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nia, cantik

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas himawan, rumah keongnya antik

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sandra

Darwin mengatakan...

hmm, dermaga kirana memang elok, view-nya bagus-bagus

Tira Soekardi mengatakan...

sip ,mas darwin

Dita Arina mengatakan...

Wih kok jadi penasaran malah sama replika sekolahnya di laskar pelangi. bener2 mirip kah atau sdh terhitung bagus bangunannya?

Tira Soekardi mengatakan...

oh sekolah laskar pelangi ya mbak diat, bangunanya ya masih saam dg yang dibuat saat pembuatan filmnya

Ainun mengatakan...

wahhh banyak juga tempat adem kayak gini di sana ya, bisa buat nyegerin pikiran nih tempatnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya ini memang adem mbak ainun, bikin betah

Nurul Sufitri mengatakan...

Pengen masuk ke dlm gua tapi takut gelap hihihi Bagus banget pemandangannya. Yg kayak gini wisata natural.

Maschun mengatakan...

wah mantap keren, jadi pengen kesana juga

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Darmaganya unik banget, Mbak :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul

Tira Soekardi mengatakan...

maschun, semoga bisa ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak keke, rumah keongnya yang bikin unik

Amanda Ratih mengatakan...

Tempatnya Instagramable bngt bun, sayang blm ada kesempatan main ke Belitong πŸ˜“

Tira Soekardi mengatakan...

iya kece alamnya dan unik rumah keongnya

putueka jalanjalan mengatakan...

Wah bekas pertambangan bagus juga dialihfungsikan sebagai tempat wisata. Rumah rotannya juga unik

Tira Soekardi mengatakan...

betul putueka, unik bikin mau foto di sana

Posting Komentar