Minggu, 06 Mei 2018

Repilka Sekolah Laskar Pelangi




Kunjungan ke replika sekolah  Laskar Pelangi sangat aku tunggu. Hal ini karena efek nonton film Laskar Pelangi sehingga ingin sekali melihat sendiri bentuk dan wujud sekolah yang fenomenal itu. Akhirnya impian itu terwujud. Aku bisa berada di depan replika sekolah Laskar Pelangi. Memang Belitung jadi terkenal setelah adanya film Laskar Pelangi, itu tak bisa dipungkiri lagi. Semua orang penasaran dengan film yang inspiratif ini dan ingin melihat lokasi sekolahnya. Sekolah ini letaknya  di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Untuk keperluan film Laskar Pelangi maka dibangunlah replika sekolah SD Muhammadiyah karena bangunannya sudah usang dan tak ada lagi. Di dalam sekolah replika ini ada papan tulis dan satu lemari dan meja guru di bagian depan. Ada tiang penyangga agar bangunan tak roboh. Di atapnya banyak yang terlihat lubang-lubang. Benar-benar menggambarkan keprihatinan sekolah tersebut. Jadi saat melihat kondisi tersebut terbayang bagaimana mereka bersekolah dengan kondisi begini tapi mereka tetap semangat.Di belakang bangunan sekolah ini terlihat surau sederhana untuk belajar agama dan kamar mandi. Pasir putih yang mengelilingi sekolah ini berasal dari  sisa penambangan timah di sana.





Di sana juga terdapat danau dengan pepohonan yang rindang. Tempat yang memberikan sedikit kesegaran udara. Karena di sana teriknya matahari dan pasir putihnya yang membuat udara semakin panas. Danau ini membuat sedikit kesejukan di sana. Dengan sebuah pohon yang meranggas begitu indah terlihat.Sekolah dan danau ini menjadi kesatuan yang menarik. Halaman yang luas dan pintu pagar di bagian muka akan terlihat sekolah berdiri dengan tiang bendera di depan sekolah. Saat hendak berfoto di depan sekolah, ada beberapa anak-anak yang menggunakan kostum dengan  menggunakan daun di sekeliling pinggangnya dan tubuhnya dilumuri kaolin. Mereka mencontohkan saat anak SD Muhamadiyah ini mengikuti parade tarian yang membuat SD mereka menjadi terkenal.




Sekolah ini benar-benar mempresentasikan SD Muhamadiyah saat itu. Terbayang kembali film Laskar pelangi. Terbayang kembali saat anak-anak sedang mengobrol di bawah pohon besar dan ada ayunan di sana. Saat berada di bawah pohon besar bisa dibayangkan adegan-adegan saat anak-anak berkumpul di sini. Begitu juga saat berada di kelas membayangkan mereka belajar dengan penuh semangat walau harus beralaskan tanah. Dan betapa menginspirasinya mereka . Semagat yang luar baisa. Mimpi-mimpi yang suatu saat terwujud dan kemiskinan tak membuat mereka putus asa. Sungguh luar biasa. Inspirasi yang tak pernah hilang dari Belitung. Inspirasi yang telah mendunia. Patut diacungkan jempol, bisa menjadi penyemangat anak-anak sekarang untu terus bermimpi . Mimpi yang akan terwujud dengan semangat dan perjuangan yang tak pernah berhenti. Replika sekolah ini telah memperlihatkan kepada seluruh dunia, bahwa mimpi setinggi langit bisa terwujud dengan kondisi sekolah yang memprihatinkan. Pulang dengan banyak membawa kesan dan pesan untuk terus menyebarkan kisah inspiratif ini.





38 komentar:

dunia kecil indi mengatakan...

Wah, ada replikanya ternyata, baru tahu. Laskar Pelangi memang kisah penuh semangat yang menginspirasi ya 😊❤

farida mengatakan...

Ah, saya pingin ke belitung��

herva yulyanti mengatakan...

salah satu kepengen saya yg belum kesampean itu ke Belitung dan pengen liat sekolah ini xixixi laskar pelangi emang menginspirasi ya bu

bella agmia mengatakan...

Aiiihh jalan jalan terus nih bunda tira 😂 Terakhir BW lg jln2 juga 😂
Wah penasaran ya bayanganku jadi ingin anak kesini atau bawa anak2 murid kesini biar tau rasanya ketekunan dan kesusesan itu dr diri sendiri. Kadang ada tuh anak yg pgn sekolahnya bagus biar dianggap Keren tapi kasian orgtuanya blm mampu. 😢

yahya abdullah mengatakan...

Subhanallah perjuanya sungguh sunguh prehatin, semoga di beri pahala yang melimpah Amiiin.


YUKK KUNJUNGIN LINK DI BAWAH INI SEKARANG...!!!!
Ton Nasa

Ayasso mengatakan...

salah fokus sama pantainya, putih beneeer hehehe

dudukpalingdepan mengatakan...

Wahh saya juga pernah kesini tahun 2015 bun, masih sama tempatnya seperti yang saya datangi dulu. Belitung sama kayak Jogja, ngangenin :D

Anisa AE mengatakan...

Ah dari dulu pingin banget berkunjung ke sini. Sayang jauh banget.

Sandra Hamidah mengatakan...

Subhanallah jadi inget novelnya yang spektakuler❤️

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak indi sangat meninspirasi

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak farida

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak herva, dan di sana sampai membayangkan anak-anak sekolah dg kondisi sekolah spt itu

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak bella, dengan kondisi sekolah spt ini, bisa hasilkan anak hebat

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas yahya

Tira Soekardi mengatakan...

hah, pantai mbak ayasso, ini replika sekolah

Tira Soekardi mengatakan...

dudukpalingdepan, betul sepi tempatnay bikin betah

Tira Soekardi mengatakan...

kalau naik pesawat gak jauh mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sandra, makanya krn novel jadilah replika ini

ramadani idaham mengatakan...

Waduh, mirip banget lagi hehe, laskar pelangi keren banget hehe

Sabda Awal's Blog mengatakan...

bahkan batnag kayu yang menyanggah dinding sampingnya tetap ada ya mba,,,

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ramadani

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas sabda dibuat mirip dg aslinya

fillyawie mengatakan...

Dari dulu saya pengen banget pergi ke sini, tapi terlaksana juga. Salfok sama tanahnya yang ternyata pasir yaa :)

LunarV2 Share mengatakan...

Kalo dari bandara ke sekolah laskar pelangi jauh gak mbak ? Terus naik apa kalo kesananya ?

Tira Soekardi mengatakan...

iya pasir putih mbak fillyawie

Tira Soekardi mengatakan...

cukup jauh , naik rental mobil tapi jarak jauh di sana sih tetap dekat krn di sana jalanan masih sepi shg bisa jalan ngebut

Krim Penghilang Jerawat Pasir mengatakan...

aku baru tahu loh ternyata ada replika sekolah laskar pelangi. Tempatnya bagus sekali tuh.. jadi ingin kesana dh ..

Kopiah Putih mengatakan...

Wah.. Keren! Jadi pengen menikmati keindahannya juga. Jadi meski bukan sekolah beneran, tapi mantab.

Tira Soekardi mengatakan...

krim penghilang jerawat pasir, ada dong sbg property film laskar pelangi tadinya

Tira Soekardi mengatakan...

iya hanya replika tp membayangkan dulu ada anak yang sekolah di tempat ini, begitu mas kopiah putih

Muyassaroh mengatakan...

Pertama membaca novelnya saat masih SMA dan di pesantren, kebayang deh cerita2nya yang sangat luar biasa. Lihat replika sekolahnya jadi ingat saat membaca novelnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak muyassaroh, aku juga di sana membayangkan apa yang diceritakan di novel

Afifah Nurul Haq mengatakan...

akhir tahun aku pengen banget ke Belitung dan mengunjungi tempat ini, disana ada tempat sewa motor ga ya?

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa sampai ke sana ya mbak afifah

Ainun mengatakan...

film ini sangat sangat keren, menginspirasi. nnton berkali2 pun nggak bosen,

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ainun

Triani Retno mengatakan...

Waaah....senangnya bisa ke sana. Masih mimpi nih buat bisa liburan ke Belitung sama anak-anak.

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa ke sana ya mbak triana

Posting Komentar