Minggu, 05 Agustus 2018

Merindu Pantai Tanjung Kelayang




Pulau Belitung pulau yang dikelilingi laut. Jelas saja pantai yang akan banyak di sana. Jadi jangan heran kalau ke Belitung banyak sekali wisata pantai yang bisa dikunjungi. Baik yang sudah dikelola dengan baik ataupun belum. Tapi beberapa pantai mempunyai keunikan sendiri yang tak ada di pantai lain di daerah lain. Pantai Tanjung Kelayang ini letaknya di kecamatan Sijuk. Begitu juga pantai Tanjung Kelayang ini mempunyia keunikan tersendiri.Pantai ini memiliki luas 324,4 Ha dengan hamparan pasir sepanjang 1.5 km.Pantai dengan pasir putih ini memiliki keindahan tersendiri dan ada kaitannya dengan sejarah yang ada di Belitung.Dan termasuk 10 pantai yang prioritas harus dikunjungi.

Nama pantai Tanjung Kelayang ini sendiri terinspirasi dari adanya batu granit yang menyerupai kepaa burung. ini diyakini sedang berendam dengan posisi yang selalu sama yaitu menghadap ke arah kiblat atau barat. Dan pantai ini mempunyai cerita legenda yang dipercaya turun temurun. Batuan granit yang ada pada zaman megalitikum ini dipercaya mempunyai kekuatan magic. Begitu juga sejarawan dan arkeolog meyakini batuan ini ada kekuatannya.Selain itu nama Kelayang juga karena di sana memang banyak burung Kelayang


Airnya jernih dengan hamparan pasir putih, Dan banyak kumpulan kapal nelayan yang bikin pemandangan jadi menarik.Mau yang lebih indah sebaiknya datang pagi hari saat matahari terbit. Suasana pagi akan indah dengan warna langit yang berangsur terang dan burung kelayang yang terbang dan suara debuarn ombak membuat suasana menjadi romantis. Asyik kalau bisa berjalan di tepian pantai sambil bergandengan tangan dan menikmati lembutnya pasir putihnya.


Memasuki lokasi pantai sudah terlihat tulisan welcome to Belitung dan juga tulisan tanjung kelayang. Arena luas pertama masuk terhampar sebelum kaki menyentuh pasir yang ada di sana. Batu berbentuk kepala garuda sehingga daerah ini dikenal dengan batu garude. Dari pantai ini kita bisa menyeberang menuju pulau Lengkuas. Makanya perahu nelayan yang banyak di sana bisa disewa untuk pergi ke pulau Lengkuas. Jadi bisa dilihat keunikan dari pantai ini sehingga perlu dikunjungi adalah adanya semenanjung baru granit dengan pulau di sekitarnya,adanya pelabuhan untuk island hopping . Banyak pulau di sekitar sana  dan batuan granit yang eksotis yang menambah daya tarik wisatawan.Pantai ini ada sisi timur dan sisi barat. Di sisi  timur sangat baik untuk berenang karena air tenang dan jernih  dan untuk bermain di pantai juga baik karena permukaan pantai yang luas.Hanya ada pasir putih tanpa batuan granit , tepat pintu masuk pantai. Pantai barat tak sepanjang pantai timur tapi mempunyai pemandangan yang berbeda. Banyak batuan granit yang tersebar di air sehingga pemandangannya lebih menarik apalagi saat menjelang sore.


Sayang jika ke Belitung tak mampir pantai Tanjung Kelayang. Keindahan batuannya dan air yang jernih dan tenang. Ditambah dengan perahu nelayan yang tersebar di laut membuat pemandangan yang tak terlupakan. Apalagi kalau berniat ke pulau Lengkuas sangatlah mudah untuk menyewa kapal dari nelayan. Akan diantarkan pulang pergi melihat mercu suar yang terdapat di pulau Lengkuas. Asyik bukan. Pesona pantai ini memang menakjubkan.  Pantai membuat hati merindu untuk bisa mengulang kembali menikmati pantai di sana . Tentunya dengan orang-orang yang kita sayangi.

36 komentar:

Anisa mengatakan...

Di pantainya ada batu granit zaman megalitikum, berarti sudah lama banget ya...

Mega mengatakan...

keren tuh pantainya, tapi gak bisa berenang ya? heheh

Alvi mengatakan...

Bisa jadi jujukan kalau ke Belitung ...

Tira Soekardi mengatakan...

itu ciri pantai2 di belitung mbak anisa, batu granit

Tira Soekardi mengatakan...

wah pantai bisa hanya dilihat keindahanya dan jalan di tepi pantai gak usah berenang mbak mega

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Wahhh kayaknya aku harus segerakan travelling ke belitung nih hehhehe

www.ursula-meta.com

Nur Rochma mengatakan...

Wah, ada pasir putihnya. Anakku senang ke pantai sambil bermain pasir.

Reyne Raea mengatakan...

Aaahhh wishlist banget pengen ke pulau Belitung, cantik banget.
Semoga diberi kesempatan untuk keliling Indonesia yang kaya akan pemandangan alamnya :)

Dian Restu Agustina mengatakan...

Belitung dan granitnya...bikin saya merindu juga, kapan bisa ke sana?
Makasih ceritanya Mbak..

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ursula

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak nur, pasir yang halus itu bikin anak suka main pasir

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak reyne

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dian, gfanitnya bikin pantai jadi indah

elisabeth murni mengatakan...

Selama ini orang banyakan main ke Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang cuma jadi tempat transit sebelum island hopping dan naik kapal ke pulau lengkuas. Padahal aslinya pantai ini nggak kalah cantik dengan pantai belitung lainnya, ya mbak.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak elisabeth dan banyak perahu di sana bikin tampak eksotis

Chaycya O Simanjuntak mengatakan...

Itu granitnya yang gede kaya mirip burung bertengger ya mba? oh jadi itu kenapa disebut pantai Tanjung Kelayang? kerennnn..Saya belum pernah ke Belitung btw. hiks

Bella agmia mengatakan...

Mamah Tira setiap aku berkunjung ke blog nya tulisannya ttg jalan jalan Mulu atau kekompakan bareng suaminya. ih yang ini juga bikin mupeng saolnya saya kurang piknik hehe..
Jadi ngebayangin berada disana

Darwin mengatakan...

tempat yang indah untuk dikunjungi, terimakasih :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak chaycya, spt burung garuda shg suka disebut pantai burung garuda

Tira Soekardi mengatakan...

ya mbak bella, itu memang direncanakan dan hrs nabung dulu biar bisa jalan2

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas darwin

Nurul Sufitri mengatakan...

Jadi ingat penulis Andrea Hirata nih kalu nama Belitung. Ada rumah Ahok juga kan di sana? Wah jadi destinasi wisata yg patur kita kunjungi nih. Pasti masih banyak tempat menarik lainnya ya mb Tira.

Tira Soekardi mengatakan...

ada mbak nurul, asyiknya di sini masih sepi jadi enak gak terlalu banyak orang lebih bisa menikmati

farida mengatakan...

senangnya jalan2 terus :)

Lia Lathifa mengatakan...

Beberapa kali liat teman yg berwisata ke pantai di Belitong ini, memang luar biasa indahnya ya mbak

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak faridan refreshing

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lia, dan cenderung masih sepi sehingga serasa pantai sendiri bebas bereksplore

Edwina mengatakan...

Senangnya dekat tempat tinggal bu Tira banyak pantai bagus dan ngga terlalu ramai pengunjung.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak edwina

Maseko Sakazawa mengatakan...

piknik ke pantai merupakan favorit saya.. entah kenapa aroma pantai lebih menarik daripada pemandangan di alam pegunungan..

Tira Soekardi mengatakan...

begitu ya mbak maseko, kalau aku suka dua2nya

Kisah Foto mengatakan...

Zaman megalitikum? Wah udah sangat tua ya... Nanti kalau ada kesempatan mampir ke pantai ini deh :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya kisah foto, sudah lama banget

Nurul Sufitri mengatakan...

Temenku ke Belitung pakai paket 3 hari 2 mlm dapat guide, hotel, makan dll full katanya. AKu mau cari tau ah biar jadi kpn2 ke Belitung.

Tira Soekardi mengatakan...

aku sih gak pakai paketan mbak cari sendiri dan lebih murah jadinya, rental mobil di sana juga enak

Posting Komentar