Minggu, 22 Juli 2018

Menata Ruang Makan Minimalis




Salah satu ruang dalam rumah adalah ruang makan. Ruang makan ini sendiri adalah suatu ruang yang berisi kegiatan makan dan orang yang sedang makan. Biasanya dilengkapi dengan meja dan kursi makan dan perabotan lainnya.Sebelum membahas ruang makan ada sedikit cerita tentang ruang makan . Aku sedari kecil selalu dibiasakan untuk makan di ruang makan dengan jadwal yang sudah pasti.  Begitu juga dengan suamiku. Saat berumah tangga saat pertama kali membeli barang-barang perabot untuk ruang makan juga dibeli, karena ya tujuannya untuk bisa makan .bersama. Tapi kenyataannya ternyata gak sama dengan harapan. Saat anak agak susah makan sering diajak makan di depan televisi sambil nonton. Akhirnya menjadi kebiasaan makan di depan televisi. Anak-anak mulai remaja , mereka makan di mana mereka mau, hanya waktu makan malam saja makan bersama karena bisa kumpul semua hanya pada malam hari. Tapi makannya bukan di ruang makan tapi di depan televisi . Akhirnya karena suatu hal, meja dan kursi ruang makan diberikan ke orang lain karena jarang digunakan. Menurutku menuhin ruang saja apalagi meja makannya cukup besar.


Setelah kini aku hanya berdua kembali dengan suami. Tercetus ide mau makan di meja makan lagi tapi gak mau meja makan yang besar tapi mau yang minimalis tapi elegan. Ruang makan ini penting sebagai bagian dari rumah makanya perlu diperhatikan desainnya, warna, konsep dan dekorasinya.. Rumahku bukan rumah yang luas makanya perlu trik tersendiri dan berapa hal agar ruang yang tak terlalu luas ini menjadi efesien.

  • 1.      Meja dan kursi. Karena aku tinggal berdua saja dengan suami, makanya mencari meja makan dengan dua kursi. Hampir setiap jalan-jalan di mall selalu melihat furniture yang dijual di sana. Melihat banyak model dan disesuaikan dengan ruang yang ada di rumah. Akhirnya menemukan meja makan minimalis. Berbentuk persegi dari kayu warna coklat tua. Penyangga meja terbuat dari stainless. Untuk menyeragamkannya, akhirnya didapat dua kursi dengan kaki yang terbuat dari stainless. Kursi warna putih sehingga kontras dengan warna mejanya.  Kursi juga tanpa sandaran tangan  untuk efisiensi tempat juga. Ruang makan menyatu dengan dapur kecil milikku. Jadi perlu penataan yang apik agar terliaht rapih dengan dapurnya.

  • 2.      Kabinet multifungsi. Untuk melengkapi ruang makan, perlu ada perabotan untuk menyimpan peralatan makan, dan baarng-barang lainnya. Kebetulan ada beberapa barang yang masih ditrauh di luar yang bikin berantakan. Makanya  membeli dua lemari kecil . Yang satu bentuknya biasa dengan dua pintu dan dua laci. Dan satunya lagi satu pintu dengan beberapa laci kecil. Lemari ini memang multifungsi. Lemari ini diletakan berseberangan mengapit kursi panjang. Tentunya lemarinya harus yang kecil agar mengimbangi dengan ruangnya.

  • 3.      Pencahayaan. Lampu sudah ada dari lampu yang berada di dekat dapur. Tentunya untuk di ruang makan perlu pencahayaan tersendiri agar lebih baik lagi. Lampu yang dibeli lampu hias bulat dengan ukuran yang berbeda digantung di bagian atas meja . warna lampu yang kuning akan terlihat romantis saat makan berdua dibanding lampu dari lampu LED.

  • 4.      Hiasan  di atas lemari dicari yang tak terlalu ramai. Dan di atas meja makan diletakan teko jaman dulu dengan cangkir kaleng . Dan di atas lemari diberi hiasan minimalis juga. Di atas lemari yang ada banyak raknya, ditaruh vas berisi bunga plastik. Sedang lemari satunya ditaruh satu kap lampu, vas dari akar-akaran dan hiasan dari kayu.

Tentunya saat memata ruang makan sangat diperlukan pemikiran yang jeli agar ruang tak nampak penuh . Kenyamanan juga perlu diperhatikan. Ruang makan minimalis perlu ditata sedemikian agar kesan minimlaisnya terlihat.Tujuan penataan ruang makan ini agar fungsinya optimal. Maka pemilihan perabot sangat penting agar tak menyesakan ruang.. Perlu hati-hati jangan sampai mengunakan ornamen atau hiasan yang bisa bikin ruang nampak semakin sempit. Juga kombinasi warna juga bisa membuat ruang menjadi luas.

Setelah ditata rapih, akhirnya punya ruang makan lagi walau ruang makan diselipkan dekat ruang dapur . Tapi tak apa kesannya malah tampak apik dengan ornamen yang minimalis juga. Tampak sederhana tapi manis dilihat.Sekarang kalau mau makan berdua suami , yang jelas pasti romantis karena lampu utama dimatikan dan yang dinyalakan adalah lampu di atas meja makan yang sinarnya kuning temaram. Romantis kan? Paling tidak suasana romantis ini bisa terwujud walau santapan makanannya tak mewah.


52 komentar:

Muna Sungkar mengatakan...

Lucu mbak, sederhana tp sesuai kebutuhannya. Jd pengen nata ruang makan juga

Anisa mengatakan...

Keren Mbak, meja makan nya minimalis tapi masih terlihat elegan ...

Mega mengatakan...

Bisa diterapkan dirumah nih ...

Alvi mengatakan...

Ide nya bagus buat yang punya ruang makan sempit ...

Sasa mengatakan...

Tidak perlu ruang makan yang mewah.Asalkan nyaman saja sudah cukup:)

Diana mengatakan...

Terkadang yang bikin ruang makan sempit itu, biasanya ornamen yang terlalu ramai ...

Sulis mengatakan...

Tempatku kursi makannya juga jarang dipakai... Ambil nasi+sayur di dapur..maemnya di depan TV juga.. jadi mejanya aja yang kepake.

Nggak tau besok klo anak2 udah gede..

kekitaan kita mengatakan...

Salam Mbak Bro
Wow, kursi dan meja bisa jadi penentu juga ya.
Bisa jadi catatan nih
Mauliate
Terimakasih

Dian Restu Agustina mengatakan...

Wah praktis meja makannya Mbak..
Kalau saya karena rumah kecil tapi dua lantai, meja makan di lantai bawah, TV di lantai atas. Jadi waktu makan anak-anak ,ya tetap di meja makan, karena mungkin capek naik turun ke atas kwkwk

Sandra Nova mengatakan...

TFS mba, bisa jadi ide buat rumahku yg imut2 :)

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak muna, memang sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dg spacenya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa, dari pertama lihat aku sudah suka

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak mega

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sasa

Tira Soekardi mengatakan...

ya itu mbak diana, ornamen juga harus dipilih yg simpel

Tira Soekardi mengatakan...

iya saya juga dulu begitu mbak sulis

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama kekitaan kita

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dian itu juga nyelip di dapur tp ada untungnya mudah ambil masakannya

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama mbak sandra

himawan sant mengatakan...

Desain interior aku juga suka desain minimalis,kak.
Ruangan kelihatan jadi lebih luas dan kesannya jadi lebih clean.

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Aku juga setuju bgt dgn adanya kabinet multifungsi. Bisa muat byk barang & perabotan jd lebih rapi & ruangan terlihat lebih lega hehehe

Keke Naima mengatakan...

Kami sekeluarga juga masih suka makan sambil nonton tv. Solusinya, ruang makan dan ruang keluarga dibuat tanpa sekat. Jadi tetap bisa nonton tv meskipun duduk di meja makan :D

Muyassaroh mengatakan...

Wah, keren..di rumah makannya juga masih di ruang tengah. Nggak sambil nonton sih cuma semua suka lesehan di karpet..hehe..

Bunda Biya mengatakan...

bagus mba. less is more ya :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas himawan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ursula, y dimanfaatkannya bang multifungsi itu lebih enak krn manfaatnya banyak

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak keke, betul juga ya, lebih enak juga

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu mbak muyassaroh

Tira Soekardi mengatakan...

makasih bunda biya

Reyne Raea mengatakan...

Keren nih mba, bisa jadi ide buat menata ruang makan lagi, biar anak gak bosan diajak makan di meja makan hehehe

Sea mengatakan...

Penataannya bagus ya. Memang perlu ide lebih bila ingin cantik seperti itu.
Salam kenal, mbak

Ainun mengatakan...

aku pun berhayal seandainya punya rumah sendiri, pinginnya di desain minimalis juga

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak reyne

Tira Soekardi mengatakan...

salam kenal kembali mbak sea

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ainun kesannya lebih manis ya

farida mengatakan...

wah ide bagus nih. terimakasih sudah berbagi inspirasi :)

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak farida

Tian Chou mengatakan...

Saya juga lebih suka yang minimalis mba, sayangnya belum punya rumah sendiri. hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

mbak tian memang yang minimlasi terlihat sederhana tp elegan ya

Novi Ardiani mengatakan...

Wah, cocok nih buat kami yg simpel dan rumah juga ga besar. Yg penting fungsional dan nyaman.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak novi

Adi Pradana mengatakan...

Asik nih bisa makan berdua dengan romantis, dihiasi lampu kuning temaram... :)

Mugniar mengatakan...

Minimalis yang enak dilihat, bikin betah, Mbak.

no la mengatakan...

saya juga suka banget dengan interior rumah yang minimalis.. kesannya lebih elegan dan nggak makan banyak space mba.. :)

jagbir mengatakan...

Usually, I've never commented on blogs but your article is so convincing that I've never stopped myself to say something about it. You're doing a great job Man. Best article I have ever read

Keep it up! from http://halloweendayusa2018.com/

Tira Soekardi mengatakan...

nah asyiknya itu makan berdua ya mas adi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak no la, lebh elegan

Tira Soekardi mengatakan...

thank you jagbir

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku jug demen model meja makan minimalis. Bikin ruangan telihat lebih luas ya :) Zaman sekarang sih pilih apa2 yg simple dan praktis aja. Kalau bisa meja n kursinya dilipat hihihi jd pas bebenah ngepel dll bersihnya super :D

Bunda Erysha (yenisovia.com) mengatakan...

Bunda, melihat mendengar cerita bunda kalau bunda hanya berdua saja dengan suami. Membuat hati saya bergetar suatu hari nanti saya akan merasakan seperti bunda rasakan. Merasakan anak-anak sudah besar dan tak lagi bersama-sama kita. Doakan saya dan suami ya Bun bisa dksh waktu dan kesempatan untuk menua bersama sampak ke syurganya nanti

Posting Komentar