Minggu, 01 Juli 2018

Tips Membersihkan Dapur




Dapur merupakan bagian dari rumah yang sering kali terlupakan untuk dibersihkan. Padahal di area dapurlah yang justru perlu diperhatikan kebersihannya karena aktivitas memasak sering membuat dapur jadi kotor. Dapur tempat kita menyiapkan masakan untuk semua keluarga tentunya harus yakin akan kebersihannya dulu. Selain membersihakn dapur setelah memasak, kita juga perlu membersihakn secara rutin peralatan dapur , meja dapur sampai kompor gas. Mengapa? Karena area dapur banyak terdapat kuman dan ada yang berbahaya seperti salmonela dan E.coli. Bagian-bagian apa saja yang harus dibersihkan. Semua detail yang ada di dapur perlu dibersihkan.

Pertama kali aku menempati rumah yang sekarang dapur masih sempit, bawaan dari rumah aslinya. Akibatnya seringkali minyak menyiprat dari wajan ke dinding yang menyebabkan dinding jadi kotor. Makanya saat perluasan rumah dapur menjadi tujuan utama untuk diperbesar. Alhasil aku memilki dapur yang luas dan memudahkan untuk memasak.Secara rutin aku selalu membersihkan meja dapur dan kompor setelah memasak. Tapi itu saja tak cukup, masih perlu hal lain yang dibersihkan tapi tentunya tidak setiap kali habis memasak. Ada yang harus setiap kali memasak dibersihkan ada yang membersihkan secara berkala.

Tips membersihkan rutin yang dilakukan setelah meamsak

  • 1.      Membersihkan kompor Kompor dibersihkan dengan pembersih apa saja bisa. Dibersihkan bekas tadi kita memasak agar sisa-sisa bahan atau percikan minyak hilang. Sela-sela dekat perapiannya juga jangan terlewati untuk dibersihkan.
  • 2.      Membersihkan meja dapur. Di atas meja dapur ditaruh aneka bahan mentah untuk dimasak. Selain menaruh juga digunakan untuk memotong bahan , meracik sebelum dimasak sehingga meja dapur inilah yang paling banyak kuman. Sesudah memasak dibersihkan dengan lap bersih dan juga pembersih untuk membunuh kuman-kuman yang ada di bahan makanan .
  • 3.      Membersihakn lantai. Lantai dibersihakn setiap kali sesudah memasak karena cipratan minyak atau bahana makanan yang terjatuh pastilah membuat lantai jadi kotor..

Selain itu kita juga harus membersihkan beberapa hal yang ada di area dapur yang rutin dibersihkan walau tidak setiap kali kita memasak seperti,

  • 1.      Membersihkan kran dan westafel.Kedua bagian ini juga banyak terdapat kuman sehingga membersihaknnya juga perlu diperhatikan kebersihan .Tentunya gunakan pembersih.Pembersih yang ada anti kumannya.Dan pembersih untuk westafel dan kran dengan semprotan khusus berbahan dasar stainless steel yang bisa melindungi logam dan bisa menghilangkan noda bandel.
  • 2.      Membersihkan kulkas.Untuk bagian luar dibersihkann dari catatan-catatan yang tidak perlu lagi. Dan rutin harus dibersihkan agar tak bau. Keluarkan dulu makanan yang ada di dalam kulkas.. Baskom isi air panas dan dicampur dengan sabun pencucipiring dan mulai merendam rak dan laci. Kemudian membersihakn bagian dalamnya  .Untuk noda yang membandel bisa digunakan larutan soda kue dan air.
  • 3.      Membersihakn lap dapur. Lap dapur memang tidak setiap kali memasak dicuci tapi runtin kita harus mencucinya . Mencuci lap dapur tidak seperti mencuci baju karena di lap dapur banyak kuman karena banyak bersentuhan dengan kuman-kuman dari bahan masakan .Merendam lap di air panas yang sudah dicampurkan pemutih dan cairan pembersih. Sesudah bersih bisa dijemur .
  • 4.      Membersihkan tempat sampah. Sampah pastinya dibuang setiap hari tapi tempat sampahnya juga harus dibersihkan. Menuangkan air panas ke dalamnya bersama cairan pembersih. Diamkan sampai bau menghilang dan buang cairan pembersihnya dan dikeringkan.


Demikian hal yang perlu diperhatikan saat kita mau membersihkan dapur. Katanya sih dapur ini hak istimewa istri karena di sanalah kaum peremnpuan akan memasak masakan dengan penuh cinta untuk keluarga. Tentunya kebersihan mencerminkan siapa empunya dapur ya. Maknya jangan lupa  membersihkan dapur kita agar tetap kinclomg dan membuat kita  tetap nyaman untuk memasak buat keluarga tercinta kita.

46 komentar:

Inda Chakim mengatakan...

Bersih dapurnya mahtira. Jd maluk, dapurku banyak nodanya...haduuhhh

Anisa Ae mengatakan...

Wah dapurnya bersih banget, terimakasih tipsnya hehe

Tika mengatakan...

Kalau dapurnya bersih masak pun jadi tambah nyaman hehe

Mega mengatakan...

Setelah memasak memang wajib langsung dibersihkan ya

Alvy mengatakan...

Lelah setelah memasak bukan jadi alasan untuk malas membersihkan dapur ya hehe

Diana mengatakan...

Kebersihan dapur memang harus senantiasa di jaga

Sasa mengatakan...

Selain makanan yang lezat, kebersihan dapur adalah hal yang harus perhatikan bu ibuu hehe

Astrid Prasetya mengatakan...

Bener dari dapur kan dihasilkan makanan yang akan dimakan keluarga kita. Kalau dapur ngga bersih, ntar bisa sakit deh sekeluarga.

mutia ohorella mengatakan...

Bikin semangat kerja ya kalau dapur bersih. Apalagi kalau banyak udara masuk.
Yang bikin ilfill kalau suami/anak habis masak sesuatu lalu nggak dilap dinding dan kompor setelahnya. Hampuun! *Jadi curcol :)

Bunda Sugi mengatakan...

kalau saya kadang rajin .. habis masak langsung dibersihkan. Tapii ... kadang nggak sempat, *halah alesan, hehe ....

Tira Soekardi mengatakan...

mbak inda, ini bersih dapurku, nah kl sdh ada anak2 masak, hadeuh mulut aku ngomel terus karena gak pada mau bersihkan habis masak

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak tika

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak mega, hrs setelah masak langsung dibersihkan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak alvy

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak diana

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sasa, apalagi dapur kekuasaan mutlak para ibu

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbaka strid

Tira Soekardi mengatakan...

nah betul mbak mutia, kalau anak2 sudah pada masak mereka mah gak mau bersihkan dapur, jadi deh aku banyak ngomel

Tira Soekardi mengatakan...

ha, ha bunda sugi, memang kalau keluar malasnya suka begitu ya

Afifah Nurul Haq mengatakan...

dapur bersih, makanan sehat terjamin :)

Muyassaroh mengatakan...

Saya masih kurang suka urusan membersihkan dapur..hehe, tapi dapur bersih adalah tempat paling nyaman buat saya baking :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak afifah

Tira Soekardi mengatakan...

memnag sih mbak muyassaroh, bebersih itu butuh semangat dan niat yang kuat

Amanda Ratih mengatakan...

Katanya kalau mau lihat orang itu bersih apa nggak, lihat aja dapurnya 😅

Tira Soekardi mengatakan...

iya aku juag pernah dengar spt itu mbak ratih

Nunung Yuni mengatakan...

Seringnya lupa membersihkan area cooker hood abis masak. KAdang ingatnya sudah 3 hari dan minyak sudah pada nempel. Thanks sudah diingetin mamah Tira

Riza Alhusna mengatakan...

Kalo emak-emak mah rajin yah. Bapak-bapak mah ngeliatin doang, hahaha

Reyne Raea mengatakan...

Bersih banget dapurnya mak :)
Sama sih, saya juga tiap hari bersihin kompor, dinding seputaran dapur dan lantai.
Menurut saya, kebersihan yang paling penting itu dapur dan kamar mandi.

Jijay aja mau makan kalau dapurnya amit-amit.
Meskipun acara bersih-bersih bikin waktu di dapur makin lama hehehe

Sera Wicaksono mengatakan...

Haha iya, ini PR saya dr dlu. Kalo pas rajin sih ya kinclong terus, abis itu ya acakadut lagi hahaha jadi malu

Tugu mengatakan...

Tips yang bagus. Biasanya yang diperhatikan hanya kompornya...

Lisdha mengatakan...

Perapian kompor nih yang jarang saya cek. Padahal itu kan berpengaruh juga pada kemampuan kompor ya.. trimakasih sharenya mb tira

NiaNastiti mengatakan...

Wah baru tau tips mencuci lap dapur sama tempat sampahnya. Biasanya cuci berkali kali. Ternyata tinggal pakai air panas ya :D

Tira Soekardi mengatakan...

mbak riza, bapak2 mah kalau lagi masak indomie gak pernah dibersihin lagi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nunung

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak reyne, dapur kalau gak dibersihkan banyak meninggalkan noda

Tira Soekardi mengatakan...

ha, ha begitu ya mas sera

Tira Soekardi mengatakan...

iya ya mas tugu, semua harus diperhatikan dalam pembersihannya

Tira Soekardi mengatakan...

nah benar mbak lisdha

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nia

Diah mengatakan...

Lap dapur itu mah yang paling susah dibersihkan. Kalau saya biasanya pakai sabun pencuci piring baru dicuci lagi atau dibilas. Pakai air hangat atau direndam air panas juga kadang kalau bandel bekas minyaknya.

Tira Soekardi mengatakan...

iya betul mbak diah lap dapur memang paling susah dibersihkan, memang sebaiknya direndam dulu

Sandra Hamidah mengatakan...

Bener bangettt

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak sandra

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Bener mba..dapur bagian yang paling menguras energi klo bersih2. Banyak yang mesti dibersihin... Biasanya aku sambil nunggu masakan matang..nyicil bersih2..

Tira Soekardi mengatakan...

iya bunda raka, kl aku juga tertib, masak langsung bersihkan , yg gak tertib itu anak2, kl masak mana mau bersihkan

Posting Komentar