Minggu, 08 Juli 2018

Berkunjung Ke Kampung Ahok




Salah satu yang aku ingin kunjungi saat ke Belitung adalah kampung Ahok. Pak Ahok salah satu yang membuat pariwisata di Belitung menjadi jaya selain film Laskar Pelangi. Mengapa pak Ahok begitu serius ingin meningkatkan wisata ke Belitung ? Ini tak luput dari asal usul pak Ahok. Pak Ahok yang mempunyai nama asli Basuki Tjahaja Purnama memang lahir di  Manggar, Belitung Timur. Karena Belitung banyak pantainya kulinernya juga banyak yang berbahan dasar ikan. Manggar adalah kota kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Belitung Timur.Kotanya juga tak begitu besar.




Pak Ahok semakin terkenal saat beliau menjabat jadi gubernur DKI dengan prinsip yang keras di jalan kejujruan terlepas banyak yang benci terhadap dirinya. Tapi banyak yang penasaran dengan asal usul pak Ahok . Jadi adik dari pak Ahok yaitu pak Basuri akhirnya mendirikan Kampung Ahok agar masarakat lebih mengenal Ahok dan keluarganya. Pak Basuri membuat tiruan rumah keluarga mereka dari tahun 1924. Dari depan saat datang sudah tampak jelas ruamh adat Belitung, rumah panggung berwarna coklat tua berbahan kayu. Memasuki rumah panggung tentunya kita akan menaiki anak tangga dan sampai di teras rumah yang terdapat kursi dan meja. Memasuki rumah layaknya rumah juga terdapat ruang tamu yang terdapat meja dan kursinya juga. Lemari-lemari dan dinding yang banyak foto pak Ahok. Foto pak Ahok dengan banyak pose dan karikatur pak Ahok. Juga terdapat beberapa quoate yang bagus isinya. Di sana juga dijual aneka ragam camilan dan masakan khas Belitung. Dan aneka sovenir baik kaos, gantungan kunci, tempelan kulkas dan lain sebagainya.




Selain itu di seberang rumah adat ini kita bisa masuk untuk melihat galeri batik. Untuk itu kita akan melewati rumah besar milik keluagra pak Ahok. Rumah besar dengan jendela yang terbuka lebar. Menurut ibunya pak Ahok, bu Buniarti Ningsih sudah mendiami rumah ini sejak menikah tahun 1965.Rumahnya sudah direnovasi sebanyak tiga kali dan yang terakhir tahun 2009 dengan arsitek yang lebih modern.Rumah pak Ahok ini mencolok dibandingkan rumah penduduk sekitarnya. Dan di kampung sana belum banyak tersentuh modernisasi. Masuk ke dalam lagi ada galeri tempat menjual aneka ragam sovenir dan batik khas Belitung yang punya warna cerah mirip batik pesisir dengan corak buah krementing, tarsius dan daun simpor. Batik ini juga menggunakan pewarna alami dari tanaman mangrove. Dan di belakang galeri terdapat peternakan kuda poni.




Sungguh senang bisa melihat kediaman pak Ahok yang menurut penduduk di sana sangat bersahaja dan selama menjadi bupati di sana sangat disukai oleh masarakat di sana walau pak Ahok dari keturunan Tionghoa. Bagi aku sih sosok pak Ahok itu sosok kuat yang berani melawan kecurangan di pemerintahan . Walau kekurangan pak Ahok dari mulutnya yang suka bicara ceplas ceplos yang kadang membuat sakit hati orang yang tak terbiasa dengan gaya bicaranya. Tak lupa mengisi buku tamu di pintu masuk rumah pak Ahok. Salam dari sahabat –sahabat dari kota Cirebon. Pulang dari kampung Ahok aku membalikan kembali tubuhku. Akhirnya aku bisa sampai di sana juga. Melihat kampung dimana pak Ahok tinggal bukan hanya melihat di televisi atau hanya membaca saja.


46 komentar:

Anisa Ae mengatakan...

Baru tau kalau Pak Ahok asalnya dari belitung hehe

Mega mengatakan...

Wah keren juga ada Kampung Ahok di Belitung

Alvy mengatakan...

Wah kreatif juga adiknya Pak Ahok bisa terfikir ide membuat kampung Ahok

Sasa mengatakan...

Wah karikaturnya keren-keren, sovenirnya juga macem-macem.

Diana mengatakan...

Suka sama rumah Ibunda PAk Ahoh, design nya simpel dan enak dipandang hehe

Edwina mengatakan...

Terima kasih sharing-nya, bu Tira. Saya jadi tahu di Belitung ada rumah semi memorabilia Pak Ahok.

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Wahhh dari dulu aku pgn bgt ke kampung Ahok tp belum kesampean, penasaran bgt soalnya biasanya cuma liat di tipi doang hehehhe

Endah Kurnia Wirawati mengatakan...

saya suka nih kampung ahok. salah satu program pemberdayaan masyarakat sekitarnya sekaligus mengenal ahok.

Victor Martin mengatakan...

Boleh juga idenya.. paling tidak ada nilai positif yg bisa ditiru

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa, di bliitung makanya banhak yang akhirnya ke sana ingin melihat kampung beliau

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak mega

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi dengan demikian pariwisata makin maju

Tira Soekardi mengatakan...

iya yang bagus ya sovenir mbak sasa buat kenang2an

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak diana, tp luas banget

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak edwina

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa ke sana mbak ursula

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak endah, pak ahok memperkenalkan batik dan akhirnya masarakat bisa bikin batik dengan motif lokal

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas victor

putueka jalanjalan mengatakan...

Kampung Ahok ternyata menarik untuk kita kunjungin. Masukin ke wish list ah

FirstLombokTour mengatakan...

Waw... unik juga ya!

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Waaah, boleh juga nih kalau suatu saat ke Belitung...

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan pak akhmad, mampir ke sana

Reyne Raea mengatakan...

Keren ya, bisa nambah tujuan wisata di sana juga :)

Ilham Sadli mengatakan...

jadi kayak punya museum khusus ya, hebat memang pak Ahok. ingat belitung ingat Laskar Pelangi aku

aryanto herbal mengatakan...

Semoga suatu saat saya bisa berkunjung ke kampung ahok ini. Amin

Tira Soekardi mengatakan...

betul putueka

Tira Soekardi mengatakan...

betul firstlomboktour

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak reyne

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas ilham, belitung mengingatkan kita sama laskar pelangi dan pak ahok

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas aryanto

Liyoskin mengatakan...

Semoga liburan sekarang bisa ke kasa hhheheh

Tira Soekardi mengatakan...

amin, liyoskin

bundaeni mengatakan...

wah,jadi penasaran banget setelah baca cerita mbak tira

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa ke sana ya bundaeni

zaenudins mengatakan...

saya tertarik sama karikaturnya pak ahok sih mba, maunya lihat langsung sih

Lusi mengatakan...

Belum pernah ke belitung. Belitung jadi terkenal banget berkat orang2nya, mulai dari Andrea Hirata smp Ahok.

Nurul Sufitri mengatakan...

ternyata di Belitung itu banayk kulinernya juga ikna2 ya mb Tira? Wah asik banget bisa main2 ke Belitung ya jadi ingat film laskar Pelangi dan ada rumah pak Ahok juga di sana.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas zaenudins, banyak dengan berbagai pose dan mimik

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lusi, dan masih sepi sehingga benar2 kiat bisa menikmati gak crowded

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul

Dita Arina mengatakan...

rupanya di Belitung kirain kampung Ahok ini di jakarta dah. Bagus juga malah bisa jadi tempat wisata kan meningkatkan pendapatan masyarakat disana

Sabda Awal's Blog mengatakan...

wah ternyata dari daerah asalnya Pak Ahok sangat dihargai ya, sebagai bentuknya dibuat kampung ahok

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak dita

Tira Soekardi mengatakan...

betul ams sabda, pak ahok juga mempopulerkan batik sempor

Kisah Foto mengatakan...

Mantap, di daerah asalnya Pak Ahok dibuatkan tempat wisata ya... Keren. Saya jadi pengen mampir ke sana hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

betul kisah foto, mantap dan keren

Posting Komentar