Minggu, 15 Juli 2018

Membuat Gambar Mozaik




Anak-anak Circle of Happiness sudah banyak membuat gambar dengan beberapa teknik. Kali ini anak-anak menggambar dengan teknik mozaik. Bahan yang dibutuhkan sederhana saja yang ada di sekeliling kita. Kegiatan ini diharapkan bisa merangsang anak-anak menjadi kreatif, meningkatkan kemampuan motorik halusnya dan menambah wawasan baru tentang teknik gambar yang sangat bervariasi banyaknya. Mozaik , kegiatan kali ini.


Mozaik sendiri adalah gambar yang dibuat dari potongan –potongan kecil yang disusun rapih dengean memperhatikan bentuk dan warnanya. Mozaik ini sendiri sudah lama ada sekitar 5000 tahun yang lalu. Terbukti dengan diketemukannya hiasan mozaik di negara Irak yang dibuat 3000 thaun sebelum masehi. Saat itu peradaban dunia sudah banyak menggunakan mozaik. Seperti di bangsa Romawi yang menyebutkan kepingan kecil ini dikenal dengan tesserae. Dalam bentuk manik-manik, batu kecil yang disusun membentuk gambar. Dulu mozaik dibuat dengan beberapa teknik, seperti teknik langsung dengan menempelkan kepingan itu pada media permukaan tiga dimensi. Dan teknik kedua dengan metode tak langsung yaitu dengan cara menempelkan dahulu kepingan di tempat lain. Stelah selesai baru di tempel di permukaan tiga dimensi. Metode yang terakhir sama dengan metode tak langsung tapi pengerjaannya dengan dua kali pengerjaan.


Fungsi gambar moszaik sendiri adalah

  • 1.      Fungsi praktis, fungsi pada benda sehari-hari daapt digunakan untuk sebagai bahan dasar dekorasi.

  • 2.      Fungsi edukatif dapat mengembangkan daya pikir, daya serap,emosi dan kreativitas.

  • 3.      Fungsi ekspresi  dengan menggunakan bahan dan tekstur dapat melejitkan ekspresi.

  • 4.      Fungsi psikologis dengan menuangkan ide, emosi dan kesenangan

  • 5.      Fungsi sosial dapat membuat lapangan kerja baru dengan memghasilkan karya.


Kali ini anak-anak membuta mozaik dengan menggunakan biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan adalah kacang hijau, kacang kedelai , kacang tolo. Sebelumnya anak-anak diberikan kertas tebal untuk gambar yang akan mereka buat di sana. Gambar yang dibuat bebas sesuai dengan kreasi mereka. Tentu gambar yang dibuat harus mempunyai ruang untuk tempat menempel biji-bijian tersebut. Anak-anak terbiasa menggambar kecil dan tak menyesuaikan dengan ruang gambarnya. Baru setelah selesai menggambarnya, anak-anak mulai menempelkan biji-bijian pada gambar mereka dengan lem fox. Perlu kesabaran dan konsentrasi penuh saat menempelkan biji-bijian tersebut. Biji-biji itu harus menempel rapat tak ada ruang ksong yang terlihat . Karena ketaksabaran seringkali biji-bijian tersebut kurang menempel dan sering terlepas lagi. Butuh kesabaran dan menempel satu persatu biji-bijian tersebut sehingga bisa menghasikan mozaik yang indah. Paduan warna bijian tersbut juga harus bisa dipadu padankan dengan baik. Untuk  memperjelas tepi dari gambar bisa diperjelas dengan menggunakan spidol hitam agar tampak lebih menarik dan bijian akan terlihat menonjol.


Dari kegiatan menggambar dengan teknik mozaik banyak manfaat yang bisa diambil anak-anak . Anak-anak dilatih untuk berkreasi dengan baik. Mencari gambar yang bisa dibuat di atas permukaan kertas.kemampuan motorik halus bertambah. Kesabaran dan konsetrasi . Memang masih ada anak yang selalu mengeluh gak bisa atau capai tapi biarlah mereka belajar untuk bisa melatih diri mereka dengan kesabaran, konsentrasi sehingga mereka akan menjadi anak yang punya karakter kuat. Kreasi yang perlu dibagikan , perlu diperlihatkan agar anak-anak yang lain juga punya semangat yang sama . Sunguh kegiatan yang bermanfaat dan menjadikan banyak pengalaman bagi anak-anak. Pengalaman baru yang bisa membuat mereka kaya dengan wawasan yang luas

30 komentar:

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aih kreatif. Nih kayaknya pas kalau mengisi liburan anak dengan aktifitas seperti ini ya mbaa

Kisah Foto mengatakan...

Jadi inget jaman saya SD dulu suruh bikin beginian hehehe... Asik kayaknya, tapi waktu itu ibu saya yang bikinin hahaha

Dian Restu Agustina mengatakan...

anak saya juga kalau ada tugas bikin mozaik, ambil bahan dari dapur saja...
Ternyata banyak manfaatnya bikin kerajinan tangan seperti ini ya Mbak..

Bella agmia mengatakan...

Wah ini kerajinan tangan waktu aku tk dan SD mom, ternyata namanya mozaik ya hehe.. namun sekarang sepertinya makin jarang ya di praktekan di sekolah2. Lebih ke Montessori yang alat peraga ya beraneka ragam dan menurutku penemuan metode baru2 gitu. But, mozaik ini lebih mudah didapat bahan2nya, murah pula ya

Lusi mengatakan...

Aku dulu juga bikin ginian di sekolah tapi cuma pakai kacang hijau. Gurunya kurang kreatif. Heheheee

Keke Naima mengatakan...

Kreatif banget, Mbak. Dari biji-bijian bisa jadi karya yang cantik

Bimo Aji Widyantoro mengatakan...

Ini persis tugas waktu sd dulu, disuruh buat ginian juga dari biji-bijian sampe serbuk kayu.

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Anakku kelas 4 kayaknya..disuruh mbikin mozaik juga dr kacang2an.. tp dasarnya anak cowok..kurang tlaten. Padahal klo tlaten, aku lihat punya tmnnya bagus banget.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alida

Tira Soekardi mengatakan...

kisah foto , wah pelajaran sd masih dikenang dan ingat ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak dian

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak bella, banyak manfaatnya, bukan hanya dengan kacang2an saja tp bisa dengan potongan yang lain

Tira Soekardi mengatakan...

hii mbak lusi krn kurang terpikirkan kacang yang lain, kl kacang hijau saja variasi warnanya gak ada ya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak keke

Tira Soekardi mengatakan...

wah mas bimo, serbujk gergaji ya, bagus tuh

Tira Soekardi mengatakan...

biasa bunda raka, anak cowok memang begitu

Cream Wajah Tanpa Pengelupasan mengatakan...

Dulu pas waktu aku SD juga sama pas di tugaskn untuk bikin kerajinan aku bikin yang ginian bahan nya juga dari kacang ijo...

Tira Soekardi mengatakan...

cream wajah , memang ini sering ya di tingkat sd

Eri Udiyawati mengatakan...

Kalau dulu pas saya SD dari kertas-kertas digabung-gabung gitu, dilem. Ehh, ini masih ada dan lebih bagus hasilnya karena menggunakan biji-bijian.

Keluarga Biru mengatakan...

Ternyata nggak sekedar menyusun biji-bijian ya Mbak, ada banyak manfaat dibaliknya.

Tira Soekardi mengatakan...

bisa juga mbak ery yang pentingan potongan dijadikan satu jd gambar, malah kemarin lihat di tv mozaiknya dari potongan kain

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas ihwan

Edwina mengatakan...

Bu Tira, saya jadi inget waktu masih SD pernah bikin prakarya dengan biji-bijian bahkan sampai dibingkai supaya awet.

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Banyak manfaatnya buat anak ya mah... pulang2 mama senang dibawain pajangan hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

wah mabk edwina sampai dibingkai artinya kerjaannya bagus ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak dewi

Ainun mengatakan...

kalo sekarang disuruh bikin gituan, kayaknya udah ga "sekreatif" ketika masih anak-anak

Tira Soekardi mengatakan...

wah jangan salah loh, ada handmade yang diuat ibu2 mozaik pakai potongan kain jadi lukisan indah mbak ainun

Reyne Raea mengatakan...

Kalau kata anak saya, ini namanya kolase hehehe.
Seru banget ya, sayang saya jarang bisa nemanin anak bermain kayak gini di rumah.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak reyne, mozaik , dan kolsae utu berbeda . Kalau mozaik itu potongan kecil kalau kolase itu potongan yang sudah dalam bentuk gambar utuh

Posting Komentar