Minggu, 13 Agustus 2023

Anak Circle of Happiness Membuat Nasi Bento

 


Kali ini kegiatan anak Circle of Happiness adalah membuat nasi bento. Tujuannya agar anak-anak punya wawasan kuliner tentang bento Dan apa saja tentang bento akan diceritakan di sini, mulai dari arti bento, sejarahnya sampai bagaimana membuat secara sederhana disesuaikan dengan anak-anak yang mengerjakannya. Yang pasti ada keseruan di kegiatan kali ini.

 


Bento adalah makanan khas Jepang yang dikenal dengan arti bekal. Dimana penyajiannya sangat unik yang terdiri dari nasi dan lauk pauk dengan bahan tambahan lainnya. Bisa diguanakan untuk bekal makan siang atau utuk berpiknik. Bento ini biasa disajikan untuk satu orang saja walau ada yang membuat untuk beberapa orang atau satu keluarga. Jadi di Jepang bento ini sudah terkenal sejak lama yaitu sejak jaman kamakuran. Dulu pada jaman itu dikenal dengan nama Hoshi-li yang dibawa dengan tas kecil. Pada zaman Azuzhi dikemas dalam kotak kayu . Nah pada zaman Edo mulailah bento dikenal nasi bento ini, yang terdiri dari onigiri yang dibungkus daun bambu atau nasi yang dibungkus dalam kemasan. Jaman sekarang nasi bento banyak yang diperjualbelikan di Jepang bahkan sudah meluas ke luar Jepang termasuk di Indonesia.

 


Di Indonesai banyak yang menjual nasi bento dengan banyak modifikaasi dan bahkan banyak para ibu mahir membuat bento untuk bekal suami dan anak-anaknya. Hiasan di bento dan bentuk yang unik membuat anak suka dan mau makan bekalnya. Makanya diadakan kegiatan membuat bento dengan tujuan anak-anak mengenal cara membuat bento sesuai dengan keinginannya. Juga kelak bisa membuat bekal sendiri . Jadi anak-anak diterangkan cara membuat bentonya dan mengerjakan sendiri dengan hiasan sesuai dengan imajinasinya dari bahan yang ada

 


 

Alat dan bahan

Nasi (nasi dibuat dengan mencampur agar-agar plain dengan perbandingan 1:1) Ini agar mudah dibentuk

Wortel

Mentimun

Mie goreng

Jagung rebus

Cabai merah

Selada

Tempat palstik buat bento

Pisau

Gunting

Pinset

 

Cara membuatnya

  • 1        Nasi dibentuk sesuai keingingan. Bisa bentuk orang, bunga, hewan dan banyak lagi
  • 2        Kemudian diberi tambahan maat, telinga atau hiasan lain dari bahan-bahan yang ada.
  • 3        Setelahnya kotak plastiknya bisa ditutup dan siap dibawa buat bekal.

 


Nah, anak-anak mulai bervariasi membuatnya, ada kepala orang, kepala hewan dan ada bunga. Kemudian menambahkan mata , hidung dan rambut atau apapun yang sesaui dengan apa yang mereka buat dengan bahan hiasan yang sudah disediakan. Dan hasilnya anak-anak sangat menyukainya.

Kegiatan ini sangat bermanfaat buat anak seperti

Meningkatkan kemampuan motorik

Meningkatkan kreatifitas dan imajinasi

Mampu membuat bekal untuk diri sendiri

Menambah wawasan tentang bento

 

Begitulah kegiatan anak-anak kali ini dan anak-anak sangat senang dengan hasilnya . Apalagi bisa dibawa pulang  dan dimakan sebagai makan siang dengan bentuk yang lucu dan imut. Siapa tahu para orangtua dan guru bisa memperkenalkan nasi bento bersama tentu akan menyenangkan dan kelak anak bisa mandiri membuat bekalnya masing-masing. Selain itu anak-anak juga belajar tentang banyak hal dari nasi bento ini. Gak salah untuk mulai mengajarkan anak-anak bikin nasi bento.

 

6 komentar:

Hilman Ubaydillah mengatakan...

Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman dan follow blog sampean :)

mashilman,blogspot,com

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

enak kelihatannya..... yummy

Tira Soekardi mengatakan...

Salam kenal kembali

Tira Soekardi mengatakan...

Yes

kartika mengatakan...

wah saya baru tau, kalau bikin nasi untuk bento dicampur agar-agar ya. Ilmu baru nih. Jadi penasaran, kayak apa ya hasilnya, belum pernah bikin bento soalnya

Tira Soekardi mengatakan...

Krn ada agar kaya serat jadi makan sedikit sudah kenyang

Posting Komentar