Minggu, 27 Agustus 2023

Keindahan Dan Kebersihan Di Desa Wisata Cibuntu

 


Kali ini jalan-jalan di destinasi unggulan kabupaten Kuningan. Kenapa dikenal dengan destinasi unggulan karena sejak tahun 2016 desa wisata ini menjadi peringkat 5 besar homestay se Asean dan tahun 2017 mendapatkan penghargaan desa wisata terbaik. Jadi ke sana untuk melihat keindahan dan kebersihan di sana . Desa wisata Cibuntu ini memang terletak di kaki gunung Ciremai makanya udaranya sejuk di sana. Dulunya daerah Cibuntu ini merupakan galian batu atau pasir yang kemudain direklamasi menjadi sesuatu yang baik. Ini karena ide  kreatif dari penduduk setempat dan didukung oleh dinas pariwisata Kuningan. Pembangunan dan pengembangan desa wisata ini dimulai dari tahun 2012 dan masarakat setempat juga ikut serta dalam pengembangan ini. Mereka ikut pelatihan, pembinaan agar bisa membangun desa wisata yang dikelola dengan manajemn yang baik.

 



 

Apa sih yang bisa dilakukan di desa wisata Cibuntu ini? Banyak yang bisa dilakukan di sini seperti

Jalan Pagi sambil menghirup udara segar

Saat masuk ke wisata ini akan disuguhi alam yang indah dengan latar belakang gunung yang gagah berdiri tegak, gunung Ciremai . Dengan udara segar aktivitas jalan pagi sangat nyaman apalagi banyak pepohonan yang asri yang membuat aktvitas jalan kaki tak terasa lelah. Selain itu menghirup udara segar membuat paru-paru menjadi sehat dan bebas polusi.

Menikmati air terjun Gongseng

Dengan ketinggian 20-25 meter air terjun ini akan jatuh pada kolam kecil yang airnya sangat bening. Kesegaran air yang muncrat dari air terjun akan menambah kesegaran. Walau untuk ke air terjun harus melewati tangga yang banyak. Tapi ada beberapa gazebo untuk beristirahat agar tak lelah. 


 


Terdapat situs bersejarah

Ada peninggalan purbakala berupa  peti kubur Batu yang ditemukan tahun 1967 dan terdapat kapak genggam.

Taman bunga dan pepohonan

Ke arah yang berlawanan dari air terjun terdapat lapangan rumput yang luas dengan banayk pohon pinus. Juga taman- taman bunga dikelilingi oleh banyak gazebo. Ada kolam ikan dan suara genericik dari air yang mengalir ke kolam. Begitu juga ada kolam terapi ikan. Di daerah sini bisa bersantai ria sambil menikmati alam yang indah .

Area kemping

Di sana juga terdapat lahan yang bisa digunakan untuk kemping. Bisa bawa tenda sendiri atau bisa menyewa tenda di sana . Bisa juga masak sendiri atau bisa pesan untuk dibuatkan makanan .

 


 


Jadi dengan fasiliats yang lengkap ini tentunya bisa menjadi pilihan untuk berwisata di desa wisata Cibuntu ini. Sangat bersih dan terpelihara dengan baik. Hal ini karena warga dan pemerintah desa setempat bersama-sama merawat wisata ini agar tetap indah dan bisa menjadi tujan wisata warga di Kuninagn maupun dari luar Kuningan.  Dan juga ada homestay di rumah warga jika mau menginap dan mendapatkan sensasi menginap di rumah warga dan berbaur dengan warga di sana. Penasaran? Bisa dicoba main ke sini bersama teman ataupun keluarga.

7 komentar:

Anisa mengatakan...

Wah bagus banget nih, Kak tempat yang sudah dikunjungi tersebut

Tira Soekardi mengatakan...

Iya, desa wisata terbaik

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

asiik.... ada air terjunnya....
ya, ersih dan asri ... manap

Tira Soekardi mengatakan...

Yuk, main ke sini

dianovits mengatakan...

Desa wisata sekarang ini makin berkembang ya bu.. Desa Panglipur Bali juga begitu sekarang.

Dulu mungkin hanya lokasi wisata yang terkenal, sekarang di desa, dengan sedikit pembinaan dan diberikan sentuhan seni sudah menjadi desa wisata yang diminati banyak orang bahkan hingga menarik banyak pengujung untuk mampir. Salam kenal bu.

Tira Soekardi mengatakan...

Salam kenal kembali

fanny_dcatqueen mengatakan...

Ah sayaaang banget pas aku trakhir ke Kuningan, belum tahu ttg wisata ini. Jadi ga mampir. Malah ke tempat lain mainnya. 😅. Kapan2 kalo ke Kuningan lagi deh mba. Aku suka tuh kotanya, agak sejuk dibanding Cirebon. Makanya waktu itu LBH milih nginep di Kuningan drpd Cirebon.

Posting Komentar