Senin, 14 Juni 2010

Songs For Study

Media pembelajaran sangatlah banyak yang bisa diaplikasikan kepada siswa-siswa. Salah satunya adalah melalui lagu. Kenapa? Kalau kita lihat siswa lebih bisa


menghafal lagu apalagi lagu yang sedang populer pada saat itu atau lagu yang sudah biasa didengarnya. Mereka terbiasa mendengarkan lagu akibatnya terekam dalam memori otaknya sehingga liriknya akan keluar begitu lancar dari mulutnya.

Dari situ saya pikir lagu bisa dijadikan sarana belajar, dengan lagu yang populer dimana liriknya digantikan dengan materi yang akan dipelajari. Dengan demikian mereka akan lebih bisa menghafal dengan bantuan lagu yang mereka sukai.

Materi tentang atom, dimana di dalam atom terdapat inti, elektron, proton dan netron dan bagaimana cara menghitung jumlah nerton, proton dan elektron , bisa digunakan lagu cucakrawa yang dinyanyikan inul, seperti

Atom punya elektron
Atom juga punya proton
Atom juga punya netron
Ayo, kita belajar atom

Jumlah proton sama nomer atom
Ayo kita menghitung proton
Jumlah netron masa kurang atom
Ayo kita menghitung netron


Materi kesetimbangan kimia yang dipengaruhi oleh volume, konsentrasi dan suhu bisa menggunakan lagu bujangan dari Koes Plus

Begini dia kesetimbangan
Kemana-mana akan bergeser
Tiada yang bisa menahan
Volume dan suhu dan konsentrasi oh...
Semua itu akan mempengaruhinya.


Materi tentang larutan elektrolit dan non elektrolit yang bisa kita bedakan dari kemampuan menghantarkan listrik bisa menggunakan lagu tari topeng

Aku ini elektrolit
Aku bisa hantar listrik
Karena aku terurai jadi ion-ionnya
Aku ini elektrolit

Aku bukan elektrolit
Tidak bisa hantar listrik
Karena tidak terurai jadi ion-ionnya
Aku bukan elektrolit.


Materi laju reaksi yang dipengaruhi oleh suhu, katalis , konsentrasi dan luas permukaan bisa menggunakan lagu dangdut yaitu sms

Bang sms siapa ini bang
Bang nampaknya ada katalis
Bang lihatlah suhu mulai naik
Bang lajunya bertambah cepat

Kalau ada tumbukan
pasti ada reaksi
konsentrasi jadi naik


Nah, untuk belajar nama senyawa hidrokarbon dengan jumalah atom Cnya bisa pakai lagu Satu-satu aku sayang ibu

Satu-satu sayang metana
Dua-dua sayang etana
Tiga-tiga sayang propana
!,2,3 sayang semuanya

Empat-empat sayang butana
Lima-lima sayang pentana
Enam-enam sayang heksana
1,2,3 sayang semuanya

Tujuh-tujuh sayang heptana
Dlapan-dlapan sayang oktana
sembilan-smbilan sayang nonana
7,8,9 tinggal dekana


Nah, masih banyak lagi yang bisa kita gali dari lagu-lagu yang ada, ternyata siswa lebih bisa mengingat karena sudah dinyanyikan berulang kali. Ini sangaat membantu. Mau coba, boleh loh sapa tau pengalaman saya bisa bermanfaat bagi teman-teman yang perlu penyegaran dalam proses belajar mengajar. Try it!!!!!