Selasa, 01 Juni 2010

Yuuk...sarapan pagi, yuuk!!!!

Di foto-foto ini terlihat keluarga besar saya sedang menanti untuk sarapan pagi bersama ketika berlibur di Cipanas. Lihat sarapan di teras rumah , pakai tikar, makanan tidak perlu ditaruh di piring, wajanpun jadi. Ternyata sarapan bersama keluarga lebih terasa nikmat dan dapat menjalin kebersamaan.


Kalau dengar kata sarapan pasti kita akan tahu bahwa sarapan adalah makan pagi sebelum kita beraktivitas di pagi hari.Ternyata banyak loh dari kita yang gak pernah sarapan di pagi hari dengan berbagai alasan seperti, bangun sudah kesiangan , ortu/istri gak nyiapin sarapan, gak enak perutnya kalau sarapan pagi dan lain sebagainya alasan yang dicari-cari.

Padahal kalau kita lihat ternyata sarapan banyak manfaat yang bisa kita ambil , salah satunya uang kita akan lebih irit karena di tempat kita kerja atau sekolah tidak perlu membeli makanan lagi untuk mengganjal perut yang kosong.

Ternyata kalau kita sarapan juga jangan sembarang sarapan tentunya karena sarapan yang sehat adalah sarapan yang mengandung kalori cukup dan tidak berlebihan. Makanan harus berupa karbohidrat, karena karbohidrat akan merangsang pembentukan glukosa dan mikronutrient di dalam darah dan otak terutama karbohidrat kompleks yaitu karbohidrat yang banyak mengandung serat dan vitamin yang bisa diserap dan dicerna secara perlahan-lahan. Akibatnya kadar gula di dalam darah juga akan meningkat secara signifikan. Selain karbohidrat juga dilengkapi dengan lauk- pauk atau bisa juga dengan makanan kudapan . Jumlah sarapan adalah 1/3 dari makanan sehari.

Manfaat yang jelas dapat kita ambil dari sarapan adalah mencukupi gizi, memelihara ketahanan tubuh dan membantu memusatkan pikiran, konsentrasi dalam belajar atau bekrja. Dan satu lagi, hasil penelitian bahwa orang yang sarapan pagi karena sudah ada gizi yang masuk makanya pada siang hari menu makan siangnya jadi tidak banyak lagi dan berakibat badannya menjadi lebih langsing dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan yang akan makan siang dengan porsi yang lebih banyak.Kan enak kan badan jadi bisa langsing terus!!!!!


Nah, lebih enak lagi kalau sarapan pagi bisa dilakukan bersama keluarga, selain dapat manfaat seperti yang disebutkan diatas juga bisa memupuk kebersamaan dalam keluarga dan memperat tali kasih antar anggota keluarga. So sweet......., makanya mulai sekarang kita sarapan yuuuuK...... bersama keluarga lebih yummy......tentunya.

0 komentar:

Posting Komentar