Minggu, 26 Desember 2010

Berpose di Depan Gedung Merdeka




Bila ke Bandung dan melewati jalan Asia Afrika ada sebuah gedung yang diberi nama gedung Merdeka. Berpose sebentar di depannya sungguh eksotis di latarbelakangi lalu lintas yang lalu lalang dan sangat ramai itu.

Dulu ternyata gedung ini punya nama tersendiri yaitu gedung Sociteit Concordia yang dibangun oleh arsitek Belanda yang bernama Van Galenlast dan C.O Walt Shoomaker yang kental banget dengan nuansa art deco dengan berlantaikan marmer dari Italia. Dipakai orang belanda untuk tempat rekreasi dan bersantai. Pada waktu Jepang yang menjajah Indonesia gedung ini diubah namanya jadi Dai Toa Karian yang digunakan sebagai pusat kebudayaan. Setelah kemerdekaan pemuda memakai sebagai markas untuk menghadapi jepang dan ketika pemerintahan sudah terbentuk gedung ini digunakan sebagai gedung petemuan. Dan menjadi terkenal setelah digunakan untuk konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Pada saat memperingati konferensi Asia Afrika yang ke 25 tahun 1980 gedung ini diresmikan sebagai museum Asia Afrika yang mempunyai ruang pameran utama yang berisi koleksi benda-benda 3 dimensi dan foto dokumentasi peristiwa , pertemuan Tugu, konferensi Kolombo,konferensi Bogor dan konferensi Asia afrika. Selain itu dilengkapi dengan perpustakaan yang berisi buku-buku mengenai sejarah, social politik, budaya Negara-negara peserta konferensi asia afrika. Juga terdapat audio visual yang menayangkan film documenter mengenai kondisi dunia sampai pada tahun 1950an sampai pada konferensi asia afrika.

Kalau teringat gedung Merdeka ini pada saat peringatan konferensi Asia Afrika yang ke 25 saya turut ambil bagian dalam ceremony tersebut yang begitu meriah yang dihadiri oleh kepala Negara Negara-negara yang ikut konferensi Asia Afrika yang tak pernah kulupakan. Setelah 30 tahun berlalu ketika aku berdiri di depan gedung Merdeka dapat terbayang kemeriahan peringatan tersebut…..Dan memang gedung ini menyimpan peristiwa besar bagi Negara Asia Afrika termasuk Indonesia yang harus memperjuangkan kemerdekaannya di segala bidang kehidupan…. Mudah-mudahan dengan melihat gedung ini kita sebagai bangsa yang besar selalu bisa mempertahankan kemerdekaan di segala bidang bagi diri kita sendiri dan Negara tentunya……..


0 komentar:

Posting Komentar