Selasa, 22 Maret 2011

Praktek Kimia di KUD Sapi Perah Saluyu Cigugur




Ujian praktek kimia kali ini dilakukan di KUD Sapi Perah saluyu di Cigugur Kuningan. Kaimi diterima oleh Bapak Antonius Aman dan Bapak Jojo yang akan membantu siswa-siswa untuk melakukan uji kualitas susu.

Sampel susu di laboratorium berasal dari 400 peternak yang tergabung di KUD tersebut. Setiap sampel akan diuji baik fisik maupun kimia dengan tujuan untuk mengetahui kualitas susu baik atau tidak. Hal ini diperlukan karena pabrik susu yang menerima susu mempunyai standar tertentu dalam hal penerimaan susu yang berasal dari peternak. Hal ini diperlukan agar produk susu yang dihasilkan pabrik susu tersebut berkualitas baik juga.



Sampel susu sebelum diuji di laboratorium, yang pertama dilakukan adalah apakah susu tersebut pecah atau tidak dengan mempergunakan uji alcohol. Bila tidak pecah maka susu bisa diterima dan sampelnya akan diuji secara lengkap agar bisa diketahui kualitas susu tersebut. Untuk kadar lemak biasanya menggunakan metode Genher , tapi sekarang sudah ada alat digital yang bisa langsung terlihat nilai dari kadar lemaknya.



Setiap kelompok terdiri dari 2 siswa untuk melakukan uji kualitas susu dan hasil kerja mereka harus diberi laporan secara lengkap.. dari sampel-sampel diatas dapat terlihat gambaran kualitas susu yang ada di KUD tersebut. Tentunya jika tidak sesuai dengan standar perlu pembinaan pada peternak, karena hal ini bisa terjadi karena factor pakannya, atau sapi dalam keadaan sakit.

Setelah selesai praktek tak lupa kami berfoto bersama penguji dari KUD Saluyu ini dan tidak lupa kami membawa susu segar pulang…….

1 komentar:

Nurul Sufitri mengatakan...

Dari 400 peternak ya untuk uji lab di sini...kualitas susu di KUD ini mesti memerhatikan faktor pakan dan kesehatan sapi..biar hasilnya bagus.

Posting Komentar