Kamis, 11 Agustus 2011

Daur Ulang Sampah



Pengolahan sampah sangat diperlukan saat ini karena jumlah penduduk semakin banyak sehingga sampah yang dihasilkan perharinya banyak. Perlu penanganan yang baik dan sistimatis dan perlu dilakukan dari tingkat pusat sampai daerah sehingga sampah tidak selalu menjadi kambing hitam bila ada bencana banjir.



Program reuse,reduce dan recycle perlu digalakan lagi dan disosialisasikan lagi kepada masyarakat agar pengurangan sampah bisa teratasi.
Reuse artinya menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakaln lagi untuk funsi yang sama atau berbeda.
Reduce artinya mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle artinya mengolah kembali sampah menjadi produk baru yang bermanfaat.
Memang tak mudah kita melaksanakannya tapi perlu ada kemauan dan tekad yang kuat.



Untuk lebih mengenalkan salah satu dari 3R ini yaitu recycle, di pesta Dominikus SMA Santa Maria 2 Cirebon diadakan lomba daur ulang antar kelas. Dari salah satu semangat dominikus yaitu mulai dari apa yang ada,siswa berlomba untuk berkreasi membuat barang dari bahan bekas yang ada di sekitarnya.
Lomba diadakan selama 2 jam dan dinilai dari segi estetika, kreativitas, tingkat daya guna dan kerapihan dan kebersihan.



Peserta dari setiap kelas membawa bahan yang berbeda dari bahan sedotan, pembungkus kopi, botol bekas, kulit kacang. Hasilnya sangat bervariasi.
Dari lomba ini diharapkan siswa lebih bisa mengerti perlunya kita merubah sampah yang tidak berguna menjadi barang yang punya nilai jual dan menumbuhkan pribadi yang kreatif, dan inovatif dan bisa membuka lapangan pekerjaan buat orang lain….


0 komentar:

Posting Komentar