Kamis, 22 September 2011

Membuat Mading Pembelajaran




Pembelajaran di kelas harus dibuat menarik agar siswa lebih interest terhadap pelajaran. dan perlu diberkan tugas tertentu untuk melihat apakah mereka sudah menguasai materi pelajaran yang diberikan. Tetapi tugas yang diberikan harus benar-benar bisa menjelaskan/memberi gambaran tentang kemampuan anak dan harus dibuat menarik. Hal ini disebabkan banyak siswa yang membuat tugas dengan asalan saja dan lagi mencari info dari internet dengan metode copy paste sehingga sama dengan menyontek.



Pada pembelajaran termokimia pada sub bab dampak pembakaran, siswa diberi tugas untuk menggambarkan dampak pembakaran bisa berupa hujan asam, pemanasan global atau asap kabut. Penggambaran ini harus dalam bentuk mading kreatif. Masing-masing kelompok harus dalam bentuk mading kreatif. Masing-masing kelompok harus dapat menggambarkan proses terjadinya, sebab dan akibat dari dampak kebakaran dan dampak pembakaran tersebut dalm bentuk tulisan dan gambar yang menarik.



Dari hasil mading tersebut dapat dilihat kemampuan siswa mengaplikasikan apa yang dia terima dalam bentuk tulisan dan gambar di mading. Dari tugas ini dapat diambil banyak manfaat yaitu siswa mampu menggambarkan apa yang ia pelajari, siswa menjadi lebih inovatif dan kreatif, kekompakan dan kerjasama tim akan terlihat pada masing-masing kelompok. Suatu pembelajaran multi dimensi yang bisa membuat siswa menjadi lebih baik. Tentunya dengan tugas kreatif bisa meningkatkan kemampuan siswa

0 komentar:

Posting Komentar