Kamis, 15 September 2011

Pengolahan Kulit Jagung untuk Kerajinan Tangan

Kulit jagung merupakan limbah pertanian dari tanaman jagung. Limbah kulit jagung yang sudah tak terpakai ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam manfaat seperti makanan ternak, kerajinan tangan sehingga limbah kulit jagung atau klobot jagung ini tidak menjadi sampah yang mencemari lingkungan.



Kulit jagung untuk dibuat kerajinan tangan perlu pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan agar lebih menarik. Kulit jagung yang digunakan adalah adalah yang bagian dalam karena lebih lunak agar mudah digunakan. Setelah kulit jagung dipisah-pisah lapisan-lapisannya kemudian dijemur sampai kering.. kemudian dilakukan pewarnaan agar mempunyai warna tertentu sesuai dengan kebutuhan . Untuk pewarnaan digunakan pewarna tekstil.



Pewarnaan dimulai dengan merebus air yang telah diberi pewarna tekstil dan kemudian dicelupkan kulit jagung pada air rebusan pewarna tadi diaduk terus sampai warna meresap ke dalam kulit jagung. Jika sudah dikeringkan dengan sinar matahari. Setelah kering agar permukaan rata disetrika sampai halus.



Kulit jagung yang sudah diwarnai siap untuk digunakan membuat kerajinan tangan.

6 komentar:

yanti elyn mengatakan...

sis mau beli yg belum di bentuk bisaa?

Tira Soekardi mengatakan...

maaf, kalau yang belum jadi saat ini belum bisa dibeli. Memang ada rencana mau menjual bahan yg belum jd bukan hanya klobot jagung saja , nantinya dikemas untuk dijual.

Puspita Yulianto mengatakan...

Mbak, apakah menerima bahan baku klobot mentah? saya bisa jadi pemasok, posisi di surabaya :)
jika tertarik bisa email ke puspitayulianto@gmail.com

ani setya mengatakan...

assalamualaikum
kak,izin save picture nya untuk tugas adik saya
terimakasih sebelumnya

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan selagi tak disalahgunakan untuk hal negatif

Unknown mengatakan...

Ini pewarna nya menggunakan pewarna apa ya sis... Anak sy disuruh buat kerajinan tangan dr kulit jagung.. Tolong infonya ya sist... Mksh

Posting Komentar