Senin, 26 Desember 2011

Presentasi Kreatif

Presentasi adalah kegiatan berbicara di hadapan publik menyajikan sesuatu untuk mengkomunikasikan ide secara langsung kepada pendengar. Tujuan Presentasi adalah untuk memberikan informasi, untuk menyalurkan pendapat tertentu atau untuk membujuk sehingga pendengar akan lebih jelas tentang apa yang kita punya dan untuk menambah wawasan berpikir.



Pada pembelajaran kimia di kelas XI IPA masing-masing siswa harus mempresentasikan salah satu materi pelajaran yaitu faktor yang memepengaruhi laju reaksi. Setiap siswa mempunyai materi yang sama jadi mereka harus bisa melakukan presentasi yang berbeda denagn yang lain agar audiencenya tidak bosan karena materi yang sama.

Disinilah siswa ditantang untuk berkreasi sedemikian rupa sehingga presentasi mereka tidak membosankan. Bisa dengan lagu, puisi atau games. Siswa dilatih untuk kreatif agar presentasi mereka dapat perhatian dari teman-temannya. Bisa dilihat mereka membuat prsentasi dengan games yang berbeda-beda satu sama lain, bahkan ada games yang asli kreasi mereka bukan modifikasi dari games yang sudah ada. Ternyata banyak yang menarik dari hasil presentasi mereka. Apalagi dalam games ada bonus dan sanksi dimana yang dapat menjawab pertanyaan dapat bonus berupa nilai plus dan hadiah makanan ringan yang unik-unik sedang yang tidak bisa jawab diberi nilai negatif dan hukuman yang lucu-lucu.



Dari presentasi kreatif pada mata pelajaran kimia ini diharapkan siswa berani berbicara di depan umum, punya rasa percaya diri, memupuk kreatifitas, meningkatakan wawasan berpikir . Mudah-mudahan tujuan presentasi kreatif ini bisa jadi bekal siswa kelak agar mereka benar-benar bisa jadi manusia kraetif , punya wawasan luas dan dapat menemukan ide/pendapat di hadapan publik dengan rasa percaya diri.

0 komentar:

Posting Komentar