Kamis, 05 Januari 2012

Nyekar

Sekar artinya bunga. Nyekar adalah adat menabur bunga di atas kuburan para kerabat yang telah meninggal. Atau juga disebut ziarah. Biasanya bunganya berupa melati,mawar, kamboja yang punya aroma harum. Memang nyekar hanyalah sebuah tradisi saja dengan waktu yang tidak punya patokan tertentu.

Dari dulu saya selelu dibiasakan setiap ke kota tempat eyang selalu diajak ibuku nyekar kuburan eyang. Ibuku selalu bilang doakan eyang biar diampuni dosa-dosanya dan mendapat tempat yang baik disisi Nya.

Dan memang buatku nyekar bukan suatu keharusan/kewajiban yang harus dilakukan, tetapi setiap ada waktu/kesempatan nyekar di makam keluarga yang telah wafat selalu dilakukan.
bagiku nyekar yang penting mendoakan agar yang wafat diamouni dosa-dosanya dan diterima disisi Allah dan buat intropeksi diri untuk selalu memperbaiki sikap karena kitapun cepat atau lambat akan wafat juga.

Pernah aku nyekar ke makaam adik iparku di Ciamis gara-gara suamiku sering bermimpi tentang adiknya, apa ini pertanda disuruh nyekar kali. Akhirnya diputuskan untuk nyekar kubawa bunga melati di kebunku yang memang sedang bermekaran. Waktu nyekar aku taburkan bunga melati dan harumnya memenuhi udara di makamnya, ya mudah-mudahan adikku senang disana.

kalau bapakku walau punya keyakinan yang berbeda denganku tidak menghalangi aku dan anak-anakku untuk nyekar di makamnya. Setiap ada kesempatan kami nyekar dan mendoakan bapakku dan membersihkan makamnya.

Menurutku sudah seharusnya kita nyekar ke keluarga yang sudah meninggal untuk mendoakan mereka juga sebagai intropeksi diri kita untuk selalu bersiap-siap dari awal sehingga ketika kita dipanggilNya kita selalu siap......

0 komentar:

Posting Komentar