Jumat, 06 September 2013

Perjalanan ke Bali - Taman Ayun


Perjalanan kami yang pertama setelah sampai di bandara Ngurah Rai adalah ke Tamun Ayun. Pada saat samapi di sana terlihat taman yang dikelilingi oleh kolam besar yang katanya dipakai sebagai benteng pertahanan. Pura Taman Ayun ini terletak di desa Mengwi Badung. Taman Ayun artinya adalah taman yang indah , memang terlihat keindahan dan keasrian dimana pohon-pohon, puranya tersusun rapih.

Pura ini dibangun oleh kerajaan Mengwi  dan pura Taman Ayun ini adalah pura Ibu(Paibon) bagi kerajaan Mengwi. Setiap enam bulan sekali tepatnya setiap Selasa kliwon medangsia seluruh masarakat Mengwi merayakan piodalan selama beberapa hari memuja Tuhan dengan segala manifestasinya.

Pura ini terdiri dari atas 4 halaman yang berbeda  yang satu lebih tinggi dari yang lainnya. halaman pertama disebut dengan Jaba yang bisa dicapai hanya dengan melewati satu-satunya jembatan yang berada disisi kolam dan pintu gerbang. Waktu masuk pertama ada tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan yang digunakan untuk diadakan sabung ayam saat ada upacara..Tempat ini  terdapat patung yang menggambarkan orang yang sedang melakukan sabung ayam. Selain itu terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin.

Halaman kedua posisinya lebih tinggi dari halaman pertama dan melewati pintu gerbang kedua. Disana terdapat bangunan Aling-aling Bale Pengubengan yang dihiasi dengan relief-relief. Halaman terakhir adalah yang tertinggi dan yang paling suci. Di sini terdapat beberapa meru menjulang tinggi dengan dunia, dari yang paling bawah adalah tempat/dunianya manusia, ketingkat yang lebih suci yaitu tempat bersemayannya para dewata, serta yang terakhir melambangkan surga tempat berstananya Tuhan Yang Maha Esa.

Taman Ayun ini begitu indah dan tersusun arpi, bersih dan indah. dari kejauhan tampak hijau dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Juga terdapat pohon-pohon kamboja yang berjejer dan banyak yang meranggas, tapi justru pohon kamboja itu terlihat eksotis . Perjalanan pertama yang mengagumkan . Dan yang patut diacungkan jempol adalah kebersihannya. Setiap sudut dari Tamun Ayun tak terlihat sampah sedikitpun. Itulah yang membuat saya kagum terhadap kebersihan yang selalu dijaga.

Perjalanan pertama yang mengasikan dan membuat ingin datang kembali. Selamat tinggal Taman Ayun dengan pesonamu yang asri

2 komentar:

yozidahfilputra mengatakan...

interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings from yozidahfilputra.blogspot.com

Tira Soekardi mengatakan...

thank , my freind

Posting Komentar