Selasa, 17 September 2013

Perjalanan Ke Bali-Tanah Lot nan Menawan


Setelah dari Bedugul, perjalanan dilanjutkan ke Tanah Lot. Tanah Lot adalah objek wisata yang terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Tanah Lot terdiri dari kata Tanah yang artinya karang dan Lot yang berarti laut.Hal ini disebabkan karena pura yang ada di Tanah Lot itu dikelilingi oleh air laut, bila daalm keadaan pasang.

Tanah Lot ini tempat yang sangat indah dan bisa memandang sunset, sehingga banyak dikunjungi pada saat sore hari. Dari kejauhan kita dapat memandang pemandangan matahari yang akan terbenam perlahan-lahan , akan turun kebawah dengan perpaduan warna yang semakin menjingga dan dilatarbelakangi dengan semakin gelapnya. Sungguh indah melihat perubahan suasana dari sore ke malam dengan degradasi warna dan angin yang menghembus kencang.


Pura di tanah Lot ini dibangun di dua tempat, yang satu di atas bongkahan batu besar dan yang lainnya di atas tebing yang menjorok ke arah laut dan tebing ini menghubungkan pura dengan daratan yang berbentuk melengkung. Pura ini digunakan untuk memuja dewa penjaga laut. Di bawahnya terdapat goa kecil yang berisi ular laut yang dipercaya sebagai jelmaan dari selendang pendiri pura yaitu Brahmana dari Jawa. Dan ular itu diutus untuk menjaga ular penjaga pura.

Selain itu bila air lagi surut dapat terlihat mata air tawar yang merupakan air suci yang biasa dipakai untuk menyucikan para wisatawan yang mau merasakan tradisi di Bali. Dimana pemberian air suci ini dilakukan oleh seorang pendeta dengan memberikan uang sekedarnya.
 
Pemandangan indah dan sunset yang eksotis membuat kawasan Tanah Lot banyak dikunjungi wisatawan asing maupun dalam negri. Selain itu disana juga terdapat toko-toko penjual kerajinan tangan.


0 komentar:

Posting Komentar