Minggu, 22 Desember 2013

Drama Buat Anak-Anak




Mungkin dari kita semua sudah pernah meilhat drama baik di televisi atau di gedung-gedung pertunjukan. Arti drama sendiri adalah suatu aksi atau perbuatan sedang dramtik adalah jenis tulisan yang dipertunjukkan dalam tingkah laku, mimik dan perbuatan. Drama juga mempunyai banyak macamnya seperti drama komedi yang berisi drama lucu yang mengelitik penontonnya atau drama tragedi yang berisi cerita sedih. Dan yang lebih dikenal dan populer saat ini adalah opera dimana drama yang di dalamnya disertai dengan musik dan nyanyian.



Ternyata drama bagi anak-anak banyak mempunyai manfaat bagi perkembangan karakter anak Dengan drama  bisa memupuk kerjasama antar anak, meningkatakan rasa percaya diri, mengembangkan kreatifitas dan apresiasai diri dan menghargai pendapat dan pikiran yang baik.


 Waktu peringatan satu Muharam lalu saya diminta bantuan oleh Yayasan Al Kahfi Cirebon untuk melatih drama anak-anak di sana. Kebetulan saya disuruh melatih anak-anak yang masih duduk di kelas satu sampai tiga SD. Mungkin kalau drama terlalu berat , apalagi menyuruh mereka diam sesaat saja akan sulit karena anak seumuran mereka masih tidak bisa serius. Akhirnya diputuskan untuk membuat opera kecil-kecilan dengan beberapa lagu yang sudah dikenal anak-anak. Saya mengambil tema lingkungan hidup. Ini sebetulnya pengalaman pertama saya melatih anak kecil, biasanya sih anak SMA. Memang cukup kesulitan untuk mengatur mereka tapi akhirnya mereka bisa melakukannya walau pertama banyak yang kurang rasa percaya diri, tapi akhirnya mereka mau tampil sesuai dengan skenario yang saya buat walau dengan iming-iming diberi lolipop.

Sedang anak yang lebih besar mereka sudah bisa mencari cerita dan dialog sendiri. Rasa percaya diri mereka lebih baik dari anak yang masih kecil. Ternyata di hari perayaan 1 Muharam ini setiap kelompok mampu memperlihatkan kebolehan mereka berakting dalam drama . Memang masih belum sempurna tapi ini merupakan pengalaman berharga bagi anak untuk membentuk karakter mereka. Jadi tidak salah untuk melatih anak untuk bermain drama  dengan tema tertentu yang punya pesan moral yang baik.


2 komentar:

angkisland mengatakan...

wah keseruan ini pasti seru banget ya mah dramanya mantap mamah tira....

Tira Soekardi mengatakan...

lucu mas Angki , banyak lucunya, kesalahan kecil yang membuatnya menjadi lucu dan itu memang khasnya anak-anak

Posting Komentar