Senin, 17 Februari 2014

YKS Ada Di Kelas Kimia





Pro kontra terhadap tayangan YKS di televisi marak di media sosial. Memang dalam segala hal selalu bisa kita lihat sisi positif dan negatifnya. Mungkin kalau kita bisa melihat dari sisi positif  YKS bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Kalau dilihat tayangan YKS , ada beberapa lagu yang menjadi populer, seperti lagu kereta malam ,oplasan, pokoe joged, dan kekuatan lagu tersebut menjadi magnet di acara tersebut. Coba hampir setiap orang hafal dengan lagu-lagu tersebut termasuk anak-anak kecil dan kalau kita mau coba gerakan yang dilakukan di acara YKS, tubuh kita semua bergerak dan cukup membuat keringat keluar. Dan ini bisa dijadikan sarana untuk berolahraga  dan hiburan. Terus terang kalau lagi jenuh ,nonton YKS merasa terhibur terutama dengan lagu dan gerakannya yang energik.

Kekuatan lagu dan tontonan di televisi begitu bisa mempengaruhi penonton , sebetulnya inilah yang saya pergunakan dalam pembelajaran kimia di kelas . Kekuatan lagu bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran agar siswa lebih mudah mengerti dan lebih mudah menghafal. Bisa dilihat anak-anak lebih mudah menghafal lagu daripada pelajaran , bahkan lagu dengan lrik yang sulit atau berbahasa asingpun , bisa  mereka hafalkan dengan mudahnya. Akhirnya untuk memudahkan siswa mengerti tentang pengertian larutan penyangga dan sifatnya saya menggunakan lagu kereta malam yang diubah liriknya dengan gerakan yang ada di YKS.

Lagu kereta malam diubah liriknya sesuai denagn materi yang  akan diajarkan dan dinyanyikan bersama dengan gerakan YKSnya.
            Suatu hari kupunya larutan
            Larutannya larutan bufer
            Asamnya lemah dengan garamnya
            Basanya lemah dengan garamnya

            Jus gesjusgesjus larutan bufer
            Jus gesjusgesjus ditambah asam
            Jus gesjusgesjus ditambah basa
            Jua gesjusgesjus pHnya tetap
 Lagu ini dinyanyikan dengan  gerakan –gerakan YKS, dan siswa harus melakukan dengan benar , yang salah dapat sanksi . Dengan menyanyikannya siswa mulai bisa mengingat larutan bufer itu terdiri dari apa saja dan  bagaimana sifatnya. Nah, setelah menyanyi saya menanyakan kembali sifat dan terdiri dari apa saja larutan bufer ternyata siswa akan menjawab tepat dan tak perlu berpikir lagi karena tadi sudah dinyanyikan bersama.
 Memasangkan pasangan larutan penyangga dengan permainan domino

Kemudian untuk memperlancar siswa agar bisa memasangkan pasangan larutan penyangga yang tepat  saya gunakan permainan domino . Kartu di bagi dua, bagian yang satu ditulis dengan asam lemahnya dan pasangan lainnya dengan garamnya dan ada yang ditulis dengan basa lemah dan garamnya. Siswa bermain seperti bermain domino dan harus bisa memasangkan pasangan larutan penyangga yang benar. Karena tadi siswa sudah tahu pasangan larutan penyangga terdiri dari apa saja dengan bernyanyi, kini siswa dapat mempraktekannya dalam bentuk permainan domino



Menyanyikan kereta malam dengan lirik yang diubah dengan  materi pasangan larutan penyangga dan sifatnya
 
Manfaat dari kegiatan yang saya lakukan , siswa lebih mudah menghafal materi yang akan saya ajarkan dan siswi menjadi sehat jasmaninya karena mereka semua bergerak dan tubuh berkeringat, berarti mereka sudah membakar kalori dalam jam pelajaran kimia. Inilah metode yang saya gunakan agar pelajaran di kelas tidak monoton dan sedikit menghibur tapi materi dapat diterima dengan  baik oleh siswa. Jadi gak masalah kan, acara YKS ada di kelas kimia.

9 komentar:

sofia zhanzabila mengatakan...

Wahhhh.....bener nih mak, meskipun tayangan YKS itu pro kontra, aku sendiri termasuk yg pro. Soalnya gak bisa bohong juga, mereka itu menghibur banget, ngilangin suntuk setelah seharian kuliah. Apalgi kalau dimanfaatkan buat ngajar, kan jadinya bermanfaat bukan membawa mudharat. Semua kembali pada pribadi masing2 bagaimana menilai suatu tayangan.

Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Asyik juga kalau kita bisa mengarahkan ke hal yang positiv ya Mba, Jadi terasa lebih enjoy dalam belajar.

Salam

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Sofia, memang suatu hiburan itu harus yg ringan yang tak membuat kening berkerut. shg bisa jadi sarana santai

Tira Soekardi mengatakan...

Nah, itulah Mas Indra , kekuatan lagu begitu kuat bagi anak2 dan itu bisa dipakai buat sarana belajar yang efektif. Segala hal harus kita arahkan ke yang positif

Hanny Wulandari Yasin mengatakan...

Yap yap, buffer itu ph nya nggak akan berubah meskipun ditambah asam, basa, maupun cairan atau larutan lain ;)

nh18 mengatakan...

Hahaah ...
Mbak Tira ini kreatif ...
Saya termasuk salah satu yang keberatan dengan acara YKS ..
Tapiiiii ....
Keberatan saya itu bukan di Lagu ... bukan di Lirik ....
Keberatan saya lebih ke ... perilaku sebagian pembawa acara yang bertindak diluar batas ... berlebihan ... mengolok-olok dan sebagainya ...
Dulu ada goyang yang sedikit agak "saru" ... (di lagu oplosan) ... tetapi sekarang goyangnya sudah Safe ...

Intinya ... goyang YKS itu ... anggap saja seperti goyang senam aerobik di Jum'at Pagi
Saya bisa membayangkan ... anak-anak pasti senang

Salam saya Mbak Tira
theordinarytrainer.wordpress.com

(18/2 : 12)

nh18 mengatakan...

maaf mestinya
(19/2 : 12)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Hanny, memang begitu sifat larutan bufer dan bila dinyanyikan lebih seru lagi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nh18, apapun pasti ada sisi positif dan negatifnya tinggal kita menggunakan sisi positif untuk hal yg berguna, dan memang seru sekali di kelas, apalgi mereka sdh belajar matematika dan fiiska sebelumnya, jadi agak fresh lagi setalh belajar kimia

Posting Komentar