Selasa, 18 Maret 2014

Dunia Gambar Bukan Hanya Di TK Saja





Foto bersama setelah selesai menggambar dan mempresentasikan


Menggambar bukan hal yang baru, dari kecil kita sudah banyak berhubungan dengan menggambar terutama anak TK dan SD.  Menggambar itu sendiri artinya adalah kegiatan berimajinasi dengan menggunakan banyak pilihan alat dan teknik. Dari menggambar sebetulnya sangat berguna bagi perkembangan anak karena salah satunya adalah untuk mengembangkan kreatifitas dan daya imajinasinya. Tapi , hal yang aneh terjadi ,malah sering kali anak selalu diajarkan bentuk gambar-gambar yang dari jaman ke jaman selalu sama , coba kalau anak buat gambar gunung pasti membuat bentuk kerucut terbalik dua buah dan di bawahnya diberi sawah atau membuat rumah pasti semua mempunyai bentuk yang sama. Padahal dengan menggambar anak harus diajarkan untuk berkreasi dan berimajinasi dan jangan pernah membatasinya. Juga termasuk warna, biarkan anak mewarnai dengan imajinasinya. Seringkali guru selalu menyuruh mewarnai daun dengan warna hijau, sehingga membatasi daya imajinasi anak. Biarkan anak berimajinasi liar yang masih positif tentunya.

Selain itu menggambar juga bisa meningkatkan kemampuan motorik anak dan koordinasi visual motorik, dan dengan membiarkan anak berkreasi dengan sebebasnya maka secara tidak sadar kita sudah menumbuhkan rasa percaya diri  sehingga anak punya rasa harga diri dan kebebasan berekspresi dan berkarya. Tapi manfaat pelajaran menggambar biasanya hanya sampai di tingkat sekolah dasar, kalaupun ada sampai SMP dan SMA itu hanya mengajarkan menggambar murni. Padahal menggambar juga bisa dikolaborasikan dengan mata pelajaran tertentu seperti yang saya lakukan di mata pelajaran kimia.

Saat anak-anak menggambar tentang funsgi larutan penyangga





Waktu masuk materi manfaat larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari, kalau hanya diterangkan di depan kelas , mungkin akan kurang menarik dan monoton dan tentunya membuat anak menjadi ngantuk. Akhirnya saya menyuruh anak-anak mencari sendiri manfaat larutan penyangga di internet dan saat di kelas , saya membagi mereka menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok harus menggambar yang menceritakan funsgi dari larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata dari hasil gambar mereka sangat bervariasi, ada yang menggambar pabrik dengan lingkungannya , ada rumah sakit dengan pernak-perniknya dan rumah tinggal dengan segala yang berhubunagn dengan larutan penyangga. Dari hasil gambar tersebut , anak-anak harus mempresentasikan hasil gambar dan menceritakan apa manfaat larutan penyangga yang ada di dalam gambar mereka.
Berfoto bersama hasil kerja mereka






Benar juga ternyata gambar yang mereka buat sangat bervariasi dan keluar dari imajinasi mereka dan saya membebaskan mereak untuk membuat jenis gambar seperti apa, menggunakan alat atau mewarnai dengan cat air, krayon atau pinsil warna itu semua terserah anak-anak. Dan hasilnya bisa  dilihat di foto-foto ini dan bisa dikolaborasikan dengan mata pelajaran apa saja kok dan manfaatnya banyak, mulai meningkatkan kreativitas, kerjasama yang baik, kegembiraan sehingga apa yang mereka pelajari dapat terserap dengan baik. Mau coba , silahkan dan menggambar juga bisa digunakan para ibu untuk merangsang anak-anak di rumah untuk meningkatkan imajinasi dan kreatifitas anak.

4 komentar:

Tanti Amelia mengatakan...

Benar mak, anak2 saya di rumah menggambar setiap hari malah :)

Ahmad Kurniawan mengatakan...

masalahnya ane kurang suka dengan pelajaran menggambar, karena gambaran ane kurang bagus gan,, hehehehe....

koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

Tira Soekardi mengatakan...

mak Tanti, betul sekali, diluar gambar anak bagus atau tidak membuat anak menjadi kreatif dan perkembangan motorik baik dan rasa percaya diri akan meningkat

Tira Soekardi mengatakan...

Ahmad , segala sesuatu jangan pernah dimulai dengan tidak suka padahal yg kita sukaipun belum tentu dikerjakan. Enak menjadi org yg suka mencoba apapun untuk pengalaman. Sy dulu gak bisa menulis tapi sekarang setelah dicoba ternyata sy bisa menerbitkab beberapa antologi cerpen maupun puisi. Dan sekarang sy lagi mencoba menggambar, mua tahu sy sdh usia 50 thn masih berani mencoba

Posting Komentar