Selasa, 12 Agustus 2014

Kejutan Terindah



Dalam hidup kita seringkali  mendapatkan suatu kejutan yang tak pernah diduga-duga dan benar-benar membuat kita terkejut. Kejutan bisa  dilakukan oleh teman-teman dekat, saudara ataupun pihak lain. Kebetulan aku suka banyak mendapat kejutan, dan semua kejutan yang pernah kudapat adalah kejutan yang begitu berkesan. Setiap kejutan punya kesan tersediri , kadang sampai sekarangpun sulit untuk dilupakan. Pernahkan mendapat kejutan, pasti pernah kan???? Menakjubkan , itulah yang perasaan yang kudapat setelah mendapat kejutan walau kadang kejutan itu sebetulnya menyebalkan tapi sungguh sesudahnya itu membuatku tersenyum dan bergembira bersama dengan meeka yang memberikan kejutan.




Foto ceria setelah ngerjain gurunya.
 
Kejutan di hari ulang tahun pernah kurasakan . Pagi-pagi aku sudah bersemangat untuk mengajar apalagi aku masuk ke kelas XII  IPA , aku suka karena mereka begitu serius dan punya semangat belajar. Apalagi hari itu ada pelajaran tambahan untuk mempersiapkan ujian nasional dan biasanya saat istirahat menunggu pelajaran tambahan aku dan murid-muridku selalu makan siang bersama, ada yang membawa bekal dari rumah,ada yang jajan di kantin dan kita saling menukar makanan, dan itu serunya , semua bisa merasakan makanan yang dibawa teman-temannya. Entah mengapa, hari itu saat sudah terdengar bel pulang, aku melihat kelas XII IPA kosong  satupun tak ada di kelas, aku pikir mereka sedang membeli makan. Sementara itu aku makan bekalku, tapi selang beberapa lama tak ada satu orangpun yang muncul. Waktu aku tanyakan ke kelas sebelah mereka juga tak tahu menahu. Aku bingung, sementara itu ada anak IPS, Hani  yang melapor padaku kalau anak IPA pada pulang semua , katanya malas untuk mengikuti pelajaran tambahan. Aku terkejut tidak pernah seperti ini anak-anak, biasanya mereka semangat, ada rasa tak percaya di hati, tapi Hani meyakinkanku kalau memang benar mereka kabur dari pelajaran tambahan. Saat itu kebetulan ada seorang guru yang kebetulan menjadi wali kelas XII IPA. Aku melaporkan kejadiannya  dan mengatakan mereka besok akan aku berikan sangsi dan entah mengapa pak Dani seperti membela anak-anak dan itu membuatku kesal dan agak marah padanya.Saking kesalnya, aku mulai memarahinya dan tiba-tiba dari balik tembok anak-anak keluar membawa kue tart dan menyanyikan lagu happy birthday dan pak Dani tertawa lebar. Ah, ternyata aku diberi kejutan yang bikin aku terkejut-kejut. Clara menyodorkan kue tart padaku dan kutiup lilinya dan hampir saja airmataku jatuh dari pelupuk mataku. Belum sempat memberikan sepatah kata, aku sudah dibalur oleh kue tart dan dibanjur air kolam. Sungguh perasaan dongkol sekali tapi aku tak bisa marah , hanya tersenyum melihat mereka tertawa bersama, begitu indah melihat keceriaan anak remaja . Walau kadang membuatku kesal saat mereka berulah tapi mereka ternyata sayang padaku. I love you, guys!!!!! Dan kejadian kejutan ini terus berlangsung  dan bodohnya aku selalu tertipu dengan kejutan yang setiap tahunnya berbeda. Dasar mak-mak yang gampang dikibulin!!!!!


 
Bocil main drama


Ada kejutan yang baru kualami saat bulan Ramadhan kemarin. Kebetulan aku mulai mengajar ketrampilan buat bocah cilik (bocil) di Yayasan Al Kahfi Cirebon. Aku mulai menyukai dunia anak-anak setelah aku memenangkan lomba membuat cerita anak dan mulai mendongeng buat bocil dan terakhir aku sudah membuat kumpulan dongeng anak. Ternyata bocil-bocil sangat menyukai cerita-cerita yang ada dalam buku kumpulan dongengku. Aku bersyukur kalau karyaku ada yang menyukainya. Bulan ramadhan kali ini aku memberikan takjil untuk bocil untuk berbuka puasa, saat aku mengantarkan takjil ke sana, aku melihat suasana di sana agak berbeda . Anak-anak berkostum , ada yang jadi badut, ada yang jadi beberapa hewan, ada yang jadi pohon. Mereka tertawa menyambutku, aku masih belum mengerti. Tapi mbak Rini menyuruhku duduk manis . Tak lama kemudian ada bocill yang membacakan narasi, dan ternyata mereka menampilkan drama anak-anak untukku. Aku terhenyak sebentar dan beberapa saat aku mulai tahu jalan ceritanya berasal dari salah satu cerita yang ada di kumpulan dongeng anak karanganku. Duh , rasanya campur aduk di dalam hatiku dan menurut mbak Rini mereka berlatih tiap hari untuk tampil di hadapanku. Sungguh aku terharu sekali, begitu perhatiannya bocil terhadap cerita-ceritaku sampai-sampai mereka mau membuatkan drama yang bagus untukku. Luar biasa, air mataku mulai tergenang di pelupuk mataku, aku mulai mengerjapkan mataku untuk menahan agar air mataku tak jatuh. Bocil tertawa lebar padaku, aku merasakan kebahagiaan bersama bocil, ternyata aku begitu diterima dengan baik di rumah kecil ini yang penuh dengan bocil-bocil yang lucu-lucu. Sungguh-sungguh kejutan yang tak akan pernah aku lupakan. Memang kejutan suka bikin kita terkejut-kejut!!!!! Bocilku , I Love you.....


18 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

Surpriiiiiize.... *nongol di depan pintu

Tira Soekardi mengatakan...

aduh bikin kejutannya bawa hadiah dong, biar tambah terkejut2

angkisland mengatakan...

waaaa surprize yang berkesan...selamat ya mamah tira buat umur baru dan hari lahirnya semoga sukses buat dunia dan akhiratnya aamiin...selamat ^-^ bagi" tartnya ke Jogja boleh loh hehe

Indah Sulistyowati mengatakan...

Hiks, jadi ikutan terharu melihat How they love you very much mamahtira...

Ivan mengatakan...

Pertama aku suka ama desain template blognya yg keren. Tapi sayang tulisan agak kecil2 dan warna tulisannya kurang kontras jadi bacanya agak capek huehehe...

Wah senangnya dapet kejutan dari para murid... Pasti senang sekali ya...

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Ivan, mau ganti template , aku suka banget dengan templatenya, mungkin tulisan dibesarkan atau diberi warna bukan hitam kali ya

Tira Soekardi mengatakan...

Iya, mak Indah, aku begitu disayangi oleh muridku,betapa aku juga sayang dengan mereka

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas Angki, kuenya sudah dimakan dg murid2ku yg rakus2

Fiu S mengatakan...

sy juga suka kejutan ...hehe

Salam SM dari brebes .... :D

Tira Soekardi mengatakan...

kejutan yg pastinya membahagiakan ya mas, wah brebes kan dekat dg cirebon tempat tinggalku

Abdul Jabbar Fathoni mengatakan...

Wah... asik kali ya yang bagian ngerjain guru :D
eh, blog udah difollow, follback ya :)

Tira Soekardi mengatakan...

kalau ngerjain guru memang paling asik

dhona chandra mengatakan...

Samak kita Mak...alhamdulillah, mahasiswa saya juga suka ngasih kejutan kalo pas milad.....seneng ya rasanya, mereka perduli pada goru-gurunya...semoga itu tanda bahwa mereka mempunyai karakter yang baik, Amiin.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mak Dhona, sangat senang dengan perhatian2 kecil buat kita

Muhammad Khoirudin mengatakan...

kalau ngerjain kepala sekolah lebih asyikan mana manambak? ayo jawab jujur ya hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

tergantung kepala sekolahnya pak, dulu waktu saya masih SMA pernah ngerjain kepala sekolah, seru juga , ha, ha loh mas Muhammad Khoirudin

mutia ohorella mengatakan...

Bacanya gerimiisss Mbaak...:( Mungkin karna saya guru juga ya. Mereka nggak mungkin kayak gt kalau bukan sayang tulus. Saya liat putri saya yg SMA, gimana sibuknya dia dg teman2 untuk buat kejutan gurunya yg ultah. Ihlas itu mengahrukan !

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin juga mak Mutia, tapi kenangan itu selalu tersimpan dalam hati

Posting Komentar