Senin, 04 Agustus 2014

Meniti Usia Dengan Bahagia



Usia memang di tangan Allah, Dialah yang maha Kuasa yang menentukan usia setiap manusia, dan kapan Allah akan memanggil kita, itu rahasia Allah yang tak akan pernah kita ketahui. Tetapi bukan berarti kita sebagai manusia diam saja tak pernah berusaha agar hidup kita kelak dengan seijin Allah bisa mendapatkan usia yang panjang. Tentu tak mudah untuk bisa mencapai usia panjang, karena perlu usaha yang maskimal dari diri sendiri. Dengan kita mendapatkan bonus usia yang panjang , bukan berarti hal yang mudah untuk dilalui dan kalau bisa walau usia sudah panjang tetap masih bisa bermanfaat bagi orang  banyak. Wah, kalau bisa seperti itu, sungguh luar biasa, bisa mencapai usia panjang dan dalam kehidupannya mempunyai banyak manfaat bagi orang lain.

Saya banyak belajar dari ibu saya, terus terang saya kagum dengan cara  hidup my mom, dia diberi usia yang panjang oleh Allah , juga berkat usahanya dan walau usianya sudah senja (81 tahun) my mom masih bermanfaat bagi orang lain. Dari beliau saya banyak belajar, dan saya ingin meniru pola hidupnya yang sangat menginspirasi saya dan adik-adik saya. Walau usia sudah senja di wajahnya masih terpancar semangat hidup, kesederhanaan  dan semangat berbagi buat orang banyak.

Senyum

Saat kita tersenyum semua otot wajah berkontraksi sehingga membuat otot wajah lentur, jadi seperti olahraga, selain itu secara psikologis senyum itu bisa memberikan rasa bahagia pada seseorang saat dia memperlihatkan senyumnya. Senyum ini juga bisa berarti seringnya kita bersilahturahmi dengan teman-teman, saudara atau orang lain. Saat kita bertemu dan menyapa orang, perlihatkan senyum yang termanis yang bisa kita buat untuk orang lain dan sensasinya akan terasa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi jiwa kita.





Pola makan sehat.

Pola makan sehat sangat diperlukan agar usia kita bisa panjang, terutama banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Karena sayur dan buah-buahan banyak mengadung antioksidan, untuk mencegah penuaan dini, vitamin dan mineral untuk membantu metabolsime tubuh. Selain itu serat yang tinggi bisa mencegah penyakit kanker, tekanan darah tinggi dan storke dan mengurangi makanan yang berlemak. Selain itu aktifitas fisik juga diperlukan seperti olahraga yang rutin dilakukan setiap harinya. Semenjak kecil, saya dibiasakan makan sayur dan buah dan kebiasaan itu juga saya terapkan pada keluarga kecilku. 






Membaca

Ternyata membaca sangat bermanfaat karena dengan membaca sel-sel otak akan selalu bekerja dan aktif mengingat sehingga mengurangi kepikunan . Membaca selain bisa membuat pikiran  rileks dan dunia luar akan terbentang luas melalui buku yang kita baca. Kegemaran my mom membaca buku juga menular pada saya. Saya juga berusaha semenjak anak-anak masih kecil selalu membiasakan memberikan bacaan buku untuk dibaca dan alhamdulilah anak-anakku juga gemar membaca seperti ibunya.



Berbagi

Dengan berbagi pada orang lain , bukan hanya materi saja tetapi bisa ilmu, kegembiraan, membuat hati kita akan selalu bahagia. Dua keuntungan yang didapat, adalah  membahagiakan orang lain dan diri sendiri. Pengalaman saya saat bisa berbagi ilmu dengan sahabat remajaku dan anak-anak di panti , membuat aku lebih bahagia dan lebih bersyukur atas hidup yang diberikan Allah pada saya.



Bersyukur dan Berdoa

Bersyukur akan anugerah yang telah diberikan Allah pada hidup kita , mulai dari hal yang kecil Seringkali kita kurang bersyukur atas hidup kita karena kita selalu merasa kurang padahal sudah banyak Allah memberikan pada hidup kita, karena anugerah Allah bukan hanya diukur dengan  materi saja, bisa berupa kesehatan, anak-anak yang soleh dan keluarga yang saling menyayangi. Dengan bersyukur hidup kita akan lebih bahagia .Aku akan usahakan selalu bersyukur atas anugerah Allah sekecil apapun dalam doa setiap solat , karena saya yakin kalau kita pandai bersyukur Allah akan melimpahkan anugerah yang lebih besar lagi.

Ternyata yang membuat kita bisa  mencapai umur yang panjang selain karena karunia Allah adalah kebahagiaan batin yang bisa diperoleh dengan banyak cara , seperti senyum, banyak membaca, pola makan sehat, bersyukur dan berbagi buat orang lain.Kebahagiaan yang kita dapat inilah yang dapat memperpanjang usia kita. Sungguh aku meyakini semau hal diatas , dan sudah terbukti yang kulihat dalam diri my mom.
Jadi tunggu apa lagi, meniti usia panjang dengan kebahagian bathin, maka carilah kebahagian bathinmu melalui banyak cara!!!!!!



 
 

10 komentar:

Abdul Cholik mengatakan...

Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Road to 64 di BlogCamp
Segera didaftar sebagai peserta
Salam hangat dari Surabaya

HM Zwan mengatakan...

cheerrsssss...senyum ah biar makin awet muda hehe
makasih tipsnya mak :)

Tira Soekardi mengatakan...

mak Hana , senyum itu sebetulnya mudah tapi justru kita sering susah senyum apalagi kalau lagi kesel ya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih pakde, ditunggu kabar gembiranya dari Cirebon

Indah Sulistyowati mengatakan...

Berbagi bisa membuat kita lebih bahagia dari yang di bagi ya Mak ;)

Titik Asa mengatakan...

Banyak baca tulisan blog tentang jelang usia 64 thn ini.
Beberapa point disini, saya catat, mbak, karena juli kemarin saya tepat 50 thn...

Salam,

Tira Soekardi mengatakan...

baik mak Titi, memang banyak cara untuk bisa mencapai usia panjang, tips di atas sy banyak belajar dai my mom, usia beliau 81 thn tapi hidupnya masih berkualitas

Tira Soekardi mengatakan...

mak Indah, sy sdh mengalami saat berbagi dg orang lain , melihat mereka senang, rasa senang kita jauh lebih besar dari rasa senang mereka dan kita jadi lebih mudah bersyukur

Adi Pradana mengatakan...

Indahnya berbagi...

Tira Soekardi mengatakan...

menjadi lebih bahagia dg berbagi mas Adi dan itu membuat umur kita lbh panjang, kebahagiaan hati

Posting Komentar