Rabu, 20 Agustus 2014

Menyusuri Bibir Pantai Pangandaran.



Pantai Pangandaran merupakan objek wisata pantai primadona di Jawa Barat. Pantai Pangandaran ini terletak di desa Pananjung , kecamatan Pangandaran.  Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya beserta keluarga menyempatkan diri berlibur di pantai Pangandaran. Berangkat dari kota Cirebon menuju pantai Pangandaran ditempuh dengan mobil pribadi melewati kota Ciamis dan dari Ciamis sendiri sekitar 92 km menuju pantai Pangandaran. Sampai di pantai Pangandaran saya mencari hotel untuk menginap dan di sana sangatlah mudah untuk mencari penginapan, mulai dari yang murah sampai yang mahalpun ada  dan bisa disesuaikan dengan budget yang kita punya.

          Setelah makan siang, kami memutuskan untuk berjalan-jalan di tepi pantai sebelah barat Pangandaran , karena saat itu terik matahari begitu menyengat, makanya saya selalu menyediakan minuman Liangteh Cap Panda, meminumnya di udara yang panas akan terasa segar di kerongkongan dan dapat mengobati panas dalam . Liang teh Cap Panda  terdiri dari kombinasi bahan herbal yang alami.Selain untuk mengatasi panas dalam Liang teh Cap Panda ini bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Kalaupun persediaan di mobil habis, saya akan membelinya di toko atau warung terdekat di sana. Di sana banyak pemilik perahu menawarkan untuk mengelilingi pulau yang di dalamnya terdapat cagar alam Pananjung yang dilindungi. Setelah tawar menawar akhirnya kami memutuskan untuk mengelilingi pulau dan nanti akan turun di pantai timur untuk masuk ke cagar alamnya. Sebetulnya ada rasa takut untuk mengelilingi pulau dengan perahu yang kecil, tapi karena penasaran akhirnya kami mencobanya. Selama perjalanan  naik perahu kami diombang-ambing oleh ombak yang cukup besar, tapi sungguh di sana kami bisa melihat berbagai macam batuan yang mempunyai bentuk tersendiri, seperti batu kodok , batu kingkong dan batu yang menyerupai orang, anehnya saat terlihat dari jauh tampak seperti orang, tapi setelah dekat tidak nampak seperti orang dan setelah menjauh lagi akan tampak seperti orang kembali. Menurut cerita  batu yang menyerupai orang itu  punya legenda yang mirip seperti cerita malin kundang. Sesaat kemudian terdapat batu layar dan memang pemandangan di batu layar ini cukup indah untuk bisa di foto di sana. Setelah hampir lebih satu jam mengelilingi pulau sampailah di pantai sebelah timur dan kami memasuki cagar alam.



          Masuk cagar alam disambut oleh monyet-monyet penghuni cagar alam, entah mengapa monyet-monyet di sini agak beringas. Menurut pemandunya karena seringnya dipermainkan oleh pengunjung sehingga membuat mereka selalu menyerang . Oleh sebab itu untuk memasuki cagar alam , lebih baik kacamata, kalung, gelang dan jam lebih baik dimasukkan dalam tas dan jangan pernah membawa makanan di tangan karena akan dimabil oleh monyet. Memasuki cagar alam dengan pepohonan yang rapat, di sana dapat mengunjungi beberapa gua alam dan gua buatan yang dibuat tentara Jepang saat perang dulu. Hampir setiap gua memiliki staglamit dan staglatit yang begitu menakjubkan.  Jalan-jalan di cagar alam berakhir di pantai pasir putih dengan pasir yang putih dan ombak yang tenang, di pantai ini disediakan peralatan snorkling. Bersnorkling ini tergantung bulannya , pada saat kami kesana , ombak lagi tenang dan begitu menakjubkan melihat dunia bawah laut, mulai dari bulu babi, ikan-ikan kecil berwarna-warni indah.






          Untuk bersantap di sana banyak terdapat resto sepanjang pantai barat dan timur. Untuk sajian seafood kita dapat  memilih ingin menggunakan yang segar bisa mencari resto di pantai timur. Kita bisa memilih ikan, udang,cumi yang masih fresh dan langsung bisa dimasak dengan masakan yang kita pilih sendiri. Saat itu saya memilih udang dan cumi dan meminta untuk dimasak udang goreng tepung dan cumi asam manis pedas dan jangan lupa untuk minumannya Liang TehCap Panda. Sensasi seafood yang gurih dipadu dengan rasa segar dari Liang Teh. Mau jalan-jalan pagi, dapat dilakukan atau mau keliling area wisata bisa menggunakan sepeda tandem, motor ATV, atau hanya sekedar  berjalan kaki saja. Di sepanjang pantai banyak kios-kios yang menjual kaos-kaos, pernak-pernik asesoris dan lain sebagainya bahkan ada kios yang menawarkan untuk membuat tatto sementara dengan aneka bentuk. 





       



   Saat sore hari, jangan lupa untuk melihat sunset yang selalu membuat rasa kagum akan perubahan warna dari langit . Mulai dari terang dan mulai menjingga dengan sedikit pancaran kuning dari sinar mentari dan awan putih, kemudian perlahan mulai menghitam dengan awan yang mulai menggelap dan matahari tak tampak lagi diufuk sebelah barat. Suasana sunset selalu membuat suasana romantis. Jalan-jalan saat malampun begitu menggoda saat angin malam begitu kencang menerpa wajah , dan kaki yang menginjak pasir yang lembut dan sebuah kelapa muda siap untuk diseruput dan sensasi tepi pantai mulai terasa.




Begitu banyak yang bisa dilihat di objek wisata pantai Pangandaran, dengan segala fasilitas yang cukup lengkap, bahkan yang suka dengan olahraga air di sana juga disediakan permainan banana boat , jetski yang bisa disewa. Jadi, ingin berwisata ke pantai, jangan lupa kunjungi pantai Pangandaran , tempat wisata yang nyaman , jangan lupa membawa Liang Teh Cap Panda sebagai teman dalam perjalanan.





24 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

dimabil oleh monyet. (koreksi: diambil). Ok Mah ! Sip...

Tira Soekardi mengatakan...

makasih koreksinya, mak2 matanya sudah lamur

angkisland mengatakan...

Wah seruuunya jalan-jalan sama keluarganya mbak mamatira kereeenn ^-^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Angki, sebentar lagi jalan2 berdua saja, waktu ke Banjarmasin juga hanya berdua krn anak2 sdh besar dan punya acara sendiri

Adhy Suryadi mengatakan...

Terima kasih sudah main ke Pangandaran? :) Saya juga di Pangandaran di Pasar Wisata pasnya.

bukanbocahbiasa mengatakan...

Pangandaran cantiiiik.... Indonesia memang kaya pantai ya mak. Bahagia deh bisa gegoleran di pantai

Hariyanto Wijoyo mengatakan...

hmmm ada batu kodok dan batu kingkong serta batu yang menyerupai orang ya......saya sering mendengar pantai pangandaran ini dari teman2 sesama blogger.....jadi penasaran ingin ke sana.....selamat berlomba ya..semoga menjadi salah satu yang terbaik....keep happy blogging always....salam dari makassar :-)

arifah wulansari mengatakan...

Aku sering denger cerita dr tmn..pantai pangandaran emang indah bgt ya mak. Sayang blum pernah kesana. Goodluck buat kontesnya ya mak:)

Rita Asmaraningsih mengatakan...

met ngontes Mbak...good luck..semoga sukses ya...

Titik Asa mengatakan...

Jadi ingin berkunjung ke Pangandaran nih lihat foto-fotonya di posting Mbak ini.
Sudah beberapa kali nge-plan untuk main kesini, selalu gagal. Moga ada saat yg pas bagi saya untuk berkunjung kesana.

Salam,

Tira Soekardi mengatakan...

Mas Adhy, nanti kalau main lagi ke Pangandaran aku mampir ke pasar wisata deh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Rita, terimakasih suportnya, lagi banyak waktu senggang, jadi untuk nulis

Tira Soekardi mengatakan...

Pak Titi Asa, silahkan mampir ke Pangandaran tidak rugi ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

Iya mas Hariyanto , bentuk batu yg berbentuk hewan patut untuk dilihat tapi butuh keberanian untuk naik perahunya karena ombaknya besar.

Tira Soekardi mengatakan...

Iya mak Arifah, pantai selalu menakjubkan apalagi saat senja, aku paling suka

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak, pantai Indonesia selalu ampak indah dan patut dipelihara keindahannay dg menjaga kebersihan pantai, mak bukanbocahbiasa

Fariz Chamim mengatakan...

Pernah kesini 1x waktu liburan sama kantor jaman kerja di jakarta

sesama peserta, mampir ya http://mlgcoffee.com/2014/08/10/malang-destinasi-pantai-eksotis-yang-perawan/

Dede Ruslan mengatakan...

eh aku baru tau dipangandaran bisa snorkling, coba aah nanti :D

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mas Dede snorkling di sana juga menarik kok

Tira Soekardi mengatakan...

ok mas Fariz tkp

Eka Fikriyah mengatakan...

Wah, saya sudah lama gak ke Pangadaran mbak.. melihat gambar-gambar di blog ini, jadi kangen kesana...Banyak kapal2 nelayan ya... Asyik tuh jalan2 bersama keluarga, hehhee. Salam kenal Mbak Tira...

mohamad rivai mengatakan...

whaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....
menyenangkan banget.
plan selanjutnya adalah liburan

Tira Soekardi mengatakan...

iya memang Pangandaran cukup cantik untuk dikunjungi , salam kenal lagi mbak Eka

Tira Soekardi mengatakan...

Ayo mas Rivai liburan ke apntai Pangandaran tidak akan rugi

Posting Komentar