Minggu, 24 Mei 2015

Taman Bacaan Impianku




Sumber gambar di sini

Membaca sudah mendarah daging bagiku walau aku sempat vakum untuk beberapa saat waktu anak-anak masih kecil-kecil. Kebiasaan membaca sudah ditanamkan oleh ibuku sejak aku kecil dan itu membuatku sangat suka sekali membaca, terutama fiksi. Aku bisa berjam-jam terbius dengan cerita yang ada dalam buku. Aku akan begitu asik dengan duniaku , membaca. Semua yang ada di sekelilingku terlupakan karean cerita yang bisa menghipnotis diriku. Dan kesukaan membaca aku terapkan juga pada anak-anakku. Sejak kecil mereka sudah aku biasakan memberinya buku cerita. Dan akhirnya merekapun turut senang membaca. Setiap bulan aku belikan buku-buku yang mereka inginkan, bahkan mereka mampu membelinya sendiri dengan uang jajan mereka kalau mereka ingin menambah bahan bacaan mereka. Sudah banyak buku yang terkumpul dari mereka yang aku simpan dalam rak. Walau ada beberapa yang sudah aku sumbangkan pada anak-anak yang gak mampu.

Kalau dilihat memang membaca itu bisa membuka jendela dunia. Banyak pengetahuan yang bisa didapat dengan membaca. Manfaatnya begitu banyak. Beberapa manfaat yang bisa didapat saat membaca buku

  • 1.      Memberikan memori yang kuat pada otak kita dan bisa mengembangkan kemampuan otak untuk berimajinasi , bahasa dan pembelajaran asosiatif.

  • 2.      Menjaga keremajaan otak , karena dengan membaca membuat otak lebih efisien mengubah struktur otak untuk terus berfungsi dengan baik .

  • 3.      Menghilangkan stres karena dapat menurunkan hormon  stres ,kortisol hingga 67%

  • 4.      Meningkatkan kosa kata. Walau kita sudah dewasa dimana perbendaharan kata sudah banyak tapi tetap saja akan menemukan kosa kata baru yang didapat dari membaca.

  • 5.      Meningkatkan rasa empati dimana saat membaca cerita turut membawa rasa hati kita untuk berempati pada orang lain ,memahami perasaan orang lain setelah membaca.

  • 6.      Mendorong tujuan hidup. Dengan membaca banyak kisah hidup orang yang sukses membuat kita termotivasi untuk bisa memenuhi tujuan hidup.

  • 7.      Mencerahkan hari. Membaca  memang bisa memberika kebahagian dan keceriaan di dalam hati dan memberikan semangat positif dalam diri kita dengan cara yang halus.


Sebagian koleksi bukuku




Ternyata manfaat membaca begitu banyak dan aku sudah membuktikannya. Buku-buku yang sudah menumpuk di rak buku rumah begitu banyak. Kadang aku terpikirkan. Untuk apa semua buku yang terpajang di rak bukuku???? Aku sudah membacanya. Begitu juga dengan buku-buku milik anak-anakku. Apalagi setiap bulan aku selalu membeli buku baru, belum lagi mendapat hadiah novel/buku  dari beberapa giveaway yang aku ikuti. Akhirnya aku terpikirkan ingin sekali membuka taman bacaan , tapi aku terkendala dengan tempat dan sarana lainnya untuk bisa membuka taman bacaan. Aku ingin sekali mengajak orang lain untuk gemar membaca. Ini salah satu aspirasi aku saat ini. Membuka taman bacaan. Walau belum terealisasi tapi aku masih mencari jalan untuk bisa membuka taman bacaan. Ada yang kadang tercetus dalam pikiranku saat membaca sebuah blog , dimana ada pemuda yang menggelar buku bacaan miliknya di selembar tikar di lapangan yang selalu ramai saat hari minggu/libur . Pemuda itu mengajak anak-anak yang ada di lapangan itu untuk membaca bukunya. Terlintas juga sih ide tersebut untuk aku lakukan apalagi sekarang banyak area pubilik saat hari libur seperti car free day , lapangan olahraga yang bisa aku manfaatkan untuk mengajak anak-anak suka membaca.

Sebagian koleksi bukuku





Itulah aspirasi yang segera ingin aku wujudkan. Sederhana saja. Aku mengharapkan dengan membuka taman bacaan kecil-kecilan bisa mengerakkan minat membaca bagi anak-anak dan remaja yang ada di sekitarku. Mudah-mudahan saja ini bisa terwujud dalam waktu dekat ini , amin



26 komentar:

Timur Matahari mengatakan...

Semoga mimpinya terwujud. Idenya boleh juga, secara tidak langsung ide ini bisa juga menarik perhatian orang-orang sekitar, khususnya yang masih dalam kategori buta aksara.

HM Zwan mengatakan...

aamiin....
kalau udah ketemu bacaan yang asik rasanya seneng banget

Tira Soekardi mengatakan...

makasi mas Timur, kalau perlu buka lapak di lapangan juga deh kalau belum bisa beli rak2 atau nyewa tempat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Hana, kalau sudah abac lupa waktu, makanya aku sempat berhenti baca lagi anak2 masih kecil

Hendra Alfarisi mengatakan...

Saya share lewat G+ mba. Mudah-mudahan impiannya terwujud yaa... Salam kenal dari blog mas hendra

Tira Soekardi mengatakan...

makasih suport dan doanya

bunda raka-alya mengatakan...

Saya senang membaca juga mbak..tapi sekarang sering nggak smpat juga krn punya anak kecil. Klo pun ke toko buku, yang dibeli buku anak2 dulu....semoga mimpinya segera terwujud ya mbak...

Ratna sari mengatakan...

amiiiiiiiin, semoga impiannya terwujud :)

Tira Soekardi mengatakan...

meamng bunda Raka, waktu anak2ku masih kecil, aku juga berhenti sementara waktu , sekarang dilanjut lagi

Tira Soekardi mengatakan...

makasih suportnya mbak Ratna

Santi Dewi mengatakan...

aspirasinya keren. Semoga impiannya bisa terwujud ya mba...

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Santi daripada buku-bukunya gak ada yang baca

Haya Nufus mengatakan...

Aminnnnn.... Semoga terwujud ya mbak. Saya juga suka baca fiksi dan itu memang bikin lupa waktu dan sekitar ^^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Haya, kalau sudah baca fiksi lupa segalanya

Susi - 3SRD Beauty Series mengatakan...

novel2 di rak bukunya hampir sama dengan punya saya mba :)
Semoga impiannya terwujud ya mba..aamiin..

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak Susi juga pengemar fiksi ya. Membacanya alam pikiran kita bisa melanglang buana masuk dalam cerita

Obat Tradisional Luka Bakar mengatakan...

Semoga bisa jadi juara mba dilomba GA'a :))

Tira Soekardi mengatakan...

obat tradisional , makasih suportnya

helni prabowo mengatakan...

klo aku sukanya baca komik (gak bermutu hahaha) dulu pas sma ada mobil keliling yang suka menyewakan komik.. isinya hampir semua udah kubaca sampe masnya bingung nyariin komik buatku hehe...

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Helni sekarang komik sudah bagus dg gambar yang apik, apalagi jepang punya

liannyhendrawati mengatakan...

Amin. Semoga taman bacaannya segera terwujud ya mbak.

nani djabar mengatakan...

Smg tmn bacaannya segera terwujud ya mbak.... baca adlh jendela ilmu.... setuju mbak...mari kita trs membaca

Tira Soekardi mengatakan...

makasih suportnya mbak Lianny

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Nani, membaca itu kadang membuat kita asik masuk ke dalam cerita

angkisland mengatakan...

waaahhh surga dunia bagi para blogger is peprusa mamah tiraa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Angki, doakan aku ya

Posting Komentar