Minggu, 17 Mei 2015

Tokoh Inspiratif Ala Bocil





Inspirasi punya arti ilham. Menginspirasi artinya mengilhami. Orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk mengilhami banyak orang dari semua kegiatan dan prilakunya sering disebut dengan tokoh inspiratif. Banyak sekali sekarang tokoh-tokoh inspiratif yang bermunculan. Baik perempuan, laki-laki, tua, muda. Tak ada pandang bulu, semua bisa menjadi tokoh inspiartif. Biasanya mereka diakui oleh banyak orang sehingga mereka disebut dengan tokoh inspiratif. Banyak dari kita kagum dengan tokoh-tokoh tersebut dan mengilhami dirinya untuk bisa seperti tokoh yang diidolakannya. Tentunya hal ini sangat berguna karena akan memacu semangat untuk maju. Adalah semangat untuk maju bukan dengan menjiplak semua kegiatannya tapi spirit atau semangatnya apapun kegiatan kita. Karena kalau kita hanya menjiplak saja, tentu tak membuat kita lebih baik , malah cenderung kita dianggap sebagai peniru. Semangat dari tokoh-tokoh itulah yang harus kita tiru.


Di kegiatan bocah cilik (bocil) di Yayasan Al Kahfi Cirebon, saya ingin mengajak bocil untuk melihat tokoh-tokoh inspiratif yang bisa menjadi pembakar semangat bocil untuk maju. Untuk itu aku mengajarkan membuat hiasan gantung dari botol bekas dengan digantung tokoh inspiratif yang ada di benak bocil.



Alat-alat yang digunakan :


  • 1.      Botol plastik bekas yang masih ada tutupnya

  • 2.      Benang kasur

  • 3.      Paku tajam

  • 4.      Kertas jeruk

  • 5.      Payet

  • 6.      Pinsil warna

Cara membuatnya

  • 1.      Potong botol plastik di bagian atas yang ada tutup botolnya kira-kira 5 cm dari tutup botol atau sesuai selera. Sehingga ada tutup botol dan sebagian botol. Bagian bawahnya diratakan atau bisa dibentuk biku-biku atau gelombang sesuai selera. Dan bagian sisinya dihiasi dengan payet-payet

  • 2.      Tutup botol di bagian tengah lubangi dengan paku yang tajam

  • 3.      Dari kertas jeruk dipotong sesuai selera, bisa bentuk segitiga, bentuk hati, persegi. Di atas kertas jeruk dilubangi dengan alat pembolong kertas.

  • 4.      Di kertas jeruk itu ditulis tokoh inspiratif bocil dengan alasannya mengapa dia memilih tokoh tersebut dan diberi warna dan hiasan

  • 5.      Kemudain kertas jeruk yang sudah ada nama tokoh inspiratif tersebut diberi tali kasur dan  tali kasur itu dimasukkan ke dalam lubang di tutup botol yang telah dibuat dan dibagian bawah tutup botol di buat tali mati agar tali tak melorot.

  • 6.      Tara begini jadinya....




Hiasan-hiasan gantung dari botol sudah jadi dengan tokoh inspiratif bocil .Kegiaatn ini diharapkan agar tokoh inspiratif yang mereka miliki bisa menjadi pemacu semangat mereka untuk maju. Semoga saja!! Semangat bocil!!!!


21 komentar:

Kania Ningsih mengatakan...

kreatif, mudah2an sang tokoh bisa menginspirasi anak2 ini untuk lebih giat belajar dan jadi manusia bermanfaat:)

Teuku Ahmad Andika mengatakan...

memang kreatif anak anak Indonesia ini ya gan :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Kania, ada dua hal di kegiatan ini , meningkatakn kreatifitas dan agar anak2 punya semangat seperti tokoh yang dia idolakan

Tira Soekardi mengatakan...

ya, tentunya mas Ahmad, dan kita yang lebih tua harus mendorong mereka untuk kreatif

Nurul Rahmawati mengatakan...

Aaaaak, sungguh super duper kreatiiiif!

**jempooolll!!

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mak Nurul

momtraveler mengatakan...

Waahh lucu banget. Kapan2 mp nyoba bikin ma nadia ah :)

momtraveler mengatakan...

Waaahh lucu banget. Kapan2 mo buat juga ah bareng nadia

angkisland mengatakan...

wah kalo udah liat semangatnya adek" gini jadi muda lagi mah mantap euyy....

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Muna dicoba dengan hiasan yang berbeda

Tira Soekardi mengatakan...

ayuk, bukannya mas Angki juga suka ngajarin anak-anak???

Jogja Ready mengatakan...

Kreatif banget, semoga anak2 menjadi lebih semangat belajar...

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Adi biar anak2 makin semangat dan tetap sekolah

Dewi Rieka mengatakan...

asik deh bikin kegiatan kreatif begini untuk anak-anak mba...

Ipah Kholipah mengatakan...

kalo aku membuat kerajinan kaya gitu dari cangkang telur mba hehe

helni prabowo mengatakan...

kreatif.. yang dibutuhkan skrng adalah jiwa2 kreatif sperti ini.. biar gak tergerus zaman.. mantap :)

Tira Soekardi mengatakan...

yup mbak Dewi, walau harus super sabar

Tira Soekardi mengatakan...

wah itu sih kreatif banget mbak Ipah, lebih sulit

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Helni, anak dididik untuk kreatif sejak dini

Nindya Prayastika mengatakan...

waah jadi pengen deh, coba bikin bareng adek, pasti pada seneng nih :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya boleh dicoba dan dikreasikan sendiri mbak Nindya

Posting Komentar