Minggu, 27 September 2015

Piknik Bikin Kita Jadi Orang Bebas Dan Merdeka





 Gambar dari sini

 Ada ungkapan seperti ini yang pernah aku baca. “Rutinitas harian kita membuat mata kita buta dalam melihat keindahan hidup.Liburan sehari menyadarkan kita akan indahnya hidup
“ Benar juga sih apa yang ditulis dari ungkapan di atas. Saat kita sudah terbelit rutinitas yang monoton kita menganggap hidup kita itu membosankan dan menyebalkan. Apalagi mobilitas di pekerjaan yang begitu tinggi atau pekerjaan rumah tangga yang bikin ribet yang membuat stres. Maka perlulah liburan atau piknik yang ternyata akan mengubah pandangan kita terhadap hidup ini. Menyadarkan kalau hidup itu indah kalau kita bisa menikmatinya dengan cara yang benar.

Liburan atau piknik ternyata juga banyak manfaat selain bisa menyadarkan hidup kita itu indah seperti yang diungkapkan di atas tapi juga bermanfaat untuk


  • 1.      Meningkatkan kesehatan sistim pernafasan dan paru-paru saat berpiknik di alam terbuka. Udara yang segar dan bersih, pemandangan yang asri dan hijau membuat tubuh menjadi segar.

  • 2.      Ikatan kebersamaan akan meningkat. Banyak kesibukan yang kadang menjauhkan ikatan persaudaraan , tapi saat piknik bersama keterikatan kekeluargaan akan terjalin  Bersama melakukan kegiatan piknik akan mempererat tali kasih sayang yang erat.

  • 3.      Melancarkan komunikasi. Komunikasi yang tersendat saat hari-hari biasa yang sibuk dapat terjalin kembali. Bil ada kesalahpahaman atau ada sedikit pertengkaran dapat dipecahkan saat liburan bersama.

  • 4.      Memperbaiki nuansa rasa karena piknik adalah mood booster yang baik sekali. Alam yang indah , kesegaran dan ketenangan membuat ada kembali semangat menjalani kehidupan setelah piknik.

  • 5.      Menurunkan stres. Ketegangan di tempat kerja atau di rumah akan berkurang saat pikiran kita menjadi jernih saat piknik. Kegembiraan dan kebersamaan akan menghilangkan semua stres yang ada.

Mungkin masih banyak lagi manfaat yang bisa kita petik dari piknik ini. Dan memang ini terbukti menjadikan kita menikmati hidup dengan baik. Piknik bagi keluargaku adalah hal yang sering dilakukan. Piknik bagi keluaragku tidak selalu harus keluar kota . Di dalam kotapun bisa saja, asalkan kebersamaan bisa terjalin . Bagiku bersama keluarga lebih memberikan nuansa lain walau hanya berpiknik ria di taman kota. Tapi ada piknik yang berkesan saat kami sekeluraga bisa piknik ke Palembang dan Bali.  Nuansa daerah di luar pulau Jawa banyak memberi kesan tersendiri bagi kami. Apalagi ada anakku yang kuliah di luar kota sehingga kepergian ke Palembang dan Bali itu sangat berkesan dan bisa melepas rindu setelah sekian lama tak bertemu. Melihat keanekaragam hayati, budaya, seni dan alam yang mempesona di kedua tempat itu membuat suasana hati gembira dan canda tawa selalu mengiringi langkah kami . Apalagi saat menikmati kuliner di daerah itu . Kuliner dapat menjadikan  lidah kita juga menikmati rasa yang lezat sehingga bisa membawa kegembiraan tersendiri . Rasa yang lezat dan mencoba kuliner yang belum pernah dicoba membuat sensasi tersendiri. Benar-benar menjadi orang bebas dan merdeka,bisa melakukan apa saja yang kita suka. Pulang dari sana, ada semangat baru dan kebersamaan yang terjalin indah . Dan berjanji suatu waktu ingin kembali mengulang kebersamaan dengan piknik ke tempat yang lain lagi.

 Di stadion Sriwijaya Palembang

Pulau Kemaro Palembang

Danau Batur Bali

Pura Tirta Empul Bali

Kalau liburan ke Bogor??? Ah, aku suka sekali karena aku ingin kembali merajut banyak kenangan aku dan suamiku. Sama-sama berkuliah di IPB, sama-saam sering menikmati panjangnya jalan kota Bogor. Menikmati bemo yang dulu jadi andalan transportasi di Bogor. Tentunya aku akan banyak bercerita pada anak-anakku, bagaimana jalan-jalan di kota Bogor ini penuh dengan kenangan manis pahitnya perjalanan cinta orang tuanya. Kebun raya, pasar gembrong di malam hari, asinan dan taman kencana yang penuh dengan kenangan. Mungkin sekarang kota Bogor sudah banyak berubah. Dari beberapa teman aku mendengar sepanjang jalan Pajajaran sudah banyak dibangun hotel, kafe dan pernak-pernik kota yang semakin berkembang. Sedikit penasaran juga ingin kembali mengenang nostalgia di Bogor tapi kadang takut dengan kemacetan yang sering terjadi di kota Bogor. Mungkin di lain waktu aku dan keluargaku bisa mampir ke kota Bogor yang penuh kenangan indah yang tak mungkin 
terlupakan.




36 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

dgn liburan, otak jadi fresh ya mba... :)

Ruli Retno Mawarni mengatakan...

Duhh kapan aku bisa ke palembang yaaa...pgn bgt ke sumatra

Obat Tradisional Kanker Lambung mengatakan...

saya pengen ke taman kencana nya , hmm kapan ya bisa ke palembang :(

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Santi sbg mood booster

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Ruli , banyak yang indah di Sumatera

Tira Soekardi mengatakan...

obat tradisional kanker lambung, taman kencana , dulu belum sebagus di foto di atas tapi nyaman untuk duduk-duduk sore hari. Sambil makan burjo

taupik wida mengatakan...

Bener banget Liburan bikin kita bisa memandang dunia lain yang menyenangkan selain berkutat dirutinitas yang seringnya menjemukan

Timur Matahari mengatakan...

Liburan.... Kayanya seru kalau bisa liburan kaya Mbak Tira. Gara-gara kurang refresh, pikiran saya jadi banyak bad moodnya nih.

Tira Soekardi mengatakan...

sip mas Taupik

Tira Soekardi mengatakan...

mas Arif, piknik itu gak perlu jauh2, pergilah ke taman kota. kalau ada pantai, pantai itu enak juga loh apalagi melihat perubahan langit saaat senja dan apgi hari

dweedy ananta mengatakan...

Mau banget piknik di Kebun Raya >.< liat tanaman-tanaman yang menyejukkan mata ^^

Tira Soekardi mengatakan...

ayuk mbak ananta, kebun raya itu bisa seharian di sana masih belum bisa eksplore semuanya

Christanty Putriarty mengatakan...

Scene liburannya kecee banget ya mbaak...jadi pengin kesana, tapi kapan ya *akkh mupeng nih mbak Tira :) sukses untuk ngontesnya ya

Cilembu thea mengatakan...

sebab itulah disarankan oleh para ahli terapi dan para dokter sejak jaman dahulu kala bahwa piknik adalah salah satu obat untuk menghilangkan kepenatan dan keruwetan hidup.
makanya mari kita piknik

Ayu Citraningtias mengatakan...

liburan sekali kali penting biar gak jenuh kan yaaa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Christanty, maunya kece seterusnya

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mang Lembu pikmik

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Ayu

Jiah Al Jafara mengatakan...

Kapan terakhir saya liburan??? Haha lupa. Tp emang liburan itu menyenangkan

Tira Soekardi mengatakan...

yup mbak Jiah Al Jafari

evrinasp mengatakan...

pengen ke Bogor tah mbak? tapi jangan kaget kalau lebih macet dan lebih sumpek, arah ke dramaga sekarang lebih macet karena ada dua supermarket di sana

Bai Ruindra mengatakan...

Asik banget liburannya Mbak. Smg suatu saat bisa ke sana ya 😊

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Evrina, tadinya minggu lalu mau ke bogor ada reunian angkatan aku, sudah aku niatin mau naik kereta ke jakarta terus naik KRL ke bogor. Eh taunya suami ngajak nengok mertua jadi gak jadi.

Tira Soekardi mengatakan...

yup mas Bai, mudah2an bisa berlibur ria

sutopo mengatakan...

mau tidak mau memang harus piknik :3 biar lebih fresh saat menulis artikel di blog .btw thanks mbak tulisanya...

Tira Soekardi mengatakan...

wah betul juga mas Sutopo ,piknik bikin ide baru muncul saat piknik, apa yg dilihat dan dirasa bisa ajdi cerita

Vindy Putri mengatakan...

Jadi sering piknik dengan keluarga ya? Aku termasuk jarang. Yang sering hanya makan malam saja. :D
Jarang hampir nggak pernah kalau ke luar kota. Kudu nunggu liburan dari kantor ke tempat wisata hufft...
Paling-paling ya masih di dalam kota.

Nindya Prayastika mengatakan...

Bener banget mbak piknik bisa menghilangkan stres dan menyehatkan pernafasan. Tapi pikniknya e alam yang asri yaa, bukan ke mall :DDD

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Vindy , liburan kan gak harus ke luar kota, taman kota atau wisata dalam kota , asal dg orang ygd ekat dg kita pasti mengasyikan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Nindya, ke alam lebih asyik, lebih segar

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Liburan ke Kebun raya memang asyik..

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Nunung, selain indah adem

Murtiyarini mengatakan...

Ceritanya seru. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam lomba. Maaf, pengumuman ditunda tgl 20 Oktober 2015. Goodluck.

angkisland mengatakan...

wah bener banget mah merdeka hehehe....

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama mbak Murtiyani

Tira Soekardi mengatakan...

wah mas Angki mah memang suka berlibur terus ya

Posting Komentar