Minggu, 04 Oktober 2015

Mimpi Yang Harus Diperjuangkan





 Gambar dari sini
Bu Muslimah mengajar dengan hati

Bagiku nonton sekedar untuk refreshing , untuk menghilangkan penat sesaat. Apalagi saat awal pernikahan aku mengikuti suami yang waktu itu ditempatkan di desa Cisantana kabupaten Kuningan. Desa yang berada di kaki gunung Ciremai. Kehidupan yang monoton di desa, apalagi saat itu aku belum bekerja membuat rasa bosan. Dan mau tahu aktivitas setiap hari minggu bagi aku dan suami. Nonton film seharian, di Kuningan Plaza (sekarang bangunan ini sudah tak ada lagi). Jadi di Kuningan plaza itu ada bioskop twenty one dengan 4 studio. Mulai dari jam sebelas siang kami nonton dari studio 1,2 dan 3.  Gila ya, benar-benar waktu itu hanya itulah satu-satunya hiburan untuk menyegarkan kembali mood. Tapi itu hanya bertahan sampai aku melahirkan anak pertamaku. Semenjak itu gak ada lagi acara nonton!!!!!

Gambar dari sini 
Belajar di alam memberikan suasana yang berbeda

Waktu anak-anak masih kecil, juga masih jarang nonton karena gak mungkin meninggalkan mereka sendirian di rumah. Nonton bersama juga tak bisa secara film anak-anak sangat jarang di bioskop. Sampai ada film laskar pelangi ditayangkan di bioskop. Waktu itu anak-anakku sudah cukup besar jadi sudah bisa mengerti apa yang mereka tonton.  Mengapa aku pilihkan film laskar pelangi???? Karena sebelumnya aku sudah membaca novel laskar pelangi terlebih dahulu sehingga aku tahu bagaimana cerita ini begitu sarat makna. Dari cerita seorang Ikal bersama teman-temannya yang bersekolah di SD Muhamadiyah yang sebenarnya hmpir saja tutup. Di sekolah itulah mimpi dimulai dari anak-anak yang punya banyak mimpi dengan segala kelebihan. Dan oleh gurunya mereka disebut dengan laskar pelangi karena kesukaan mereka akan pelangi . Lagi pula mereka punya karakter berbeda tapi bisa menjalin kebersamaan yang intens seperti pelangi.  Mulai dari Mahar yang punya daya imajinasi tinggi, Lintang anak yang cerdas walau dia berasal dari keluraga miskin. Sahara murid-murid satu-satunya perempuan, Harun yang punya keterbelakangan mental, A Kiong keturunan Tionghoa, Kucai, Borek dan Syahdan. Masing-masing dengan karakternya dan kelebihan dan kekurangannya. Cerita yang menampilkan begitu banyak sisi-sisi kemanusiaan , keberagaman dan hati nurani yang tinggi. Membayangkan begitu banyak cerita indah dalam novel ini, rasanya tak salah kalau ingin mengajak anak-anak nonoton filmnya. Mungkin dengan melihat filmnya apa yang aku bayangkan bisa terlihat nyata.

 Gambar dari sini
Mahar memimpin teman-temannya mengikuti lomba
 
Film yang sangat inspiratif ini membuat aku yakin anak-anakku juga bisa banyak belajar dari film ini. Walau ternyata apa yang ditulis kadang tak bisa semua divisualkan sehingga apa yang aku bayangkan saat membaca tak bisa sepenuhnya  ada di filmnya.Bagiku perjuangan anak-anak dalam segala hal itu benar-benar membuatku merasakan semangat anak-anak pada diriku. Menghargai banyak perbedaan diantara anak-anak itu juga luar biasa. Rasa empati yang tulus juga banyak hadir dalam keseharian anak-anak di sekolah maupun di lingkungan mereka tinggal. Paling berkesan saat kerjasama mereka diuji saat suatu acara dimana mereka harus tampil di pawai.Dan itu pertama kalinya sekolah Muhammadiyah ikut. Dengan dipimpin Mahar ternyata sukses besar. Walau tampak urakan Mahar bisa memimpin teman-temannya dengan ide yang cemerlang. Bu Musliamh guru mereka benar-benar guru yang mumpuni. Beliau bisa menularkan semangatnya kepada anak-anaknya sehingga murid-muridnya cenderung menjadi anak yang tak mudah putus asa. Beliau juga pandai bercerita . Sekalinya bercerita , murid-muridnya akan mendengar dengan seksama, karena dari ceritanya banyak petuah-petuah yang tersampaikan agar muridnya bisa mengambil hikmah dari ceritanya. 

 Gambar dari sini

Itulah sebabnya aku menyukai film laskar Pelangi ini, karean  sarat makna di dalam rangkaian adegan-adegan yang menggambarkan peristiwa yang benar-benar terjadi. Sampai punya keinginan untuk bisa berkunjung ke Belitung. Walau belum kesampaian sampai saat ini. Membayangkan saat itu anak-anak laskar pelangi bermain di pantai , bersekolah di sekolah yang kondisinya memperihatinkan. Dan andai saja aku bisa ke sana, mungkin bayang-bayang semua tokoh di Laskar Pelangi akan terpampang jelas di dalam bayang-bayang anganku. Semua cerita yang terbingkai indah akan terulang kembali dalam memori yang akan ada dalam hati dan pikiran. Tak pernah terlupakan cerita laskar pelangi ini. Menurutku novel dan film ini adalah buku dan film yang wajib dibaca dan ditonton oleh banyak anak-anak Indonesia . Agar mereka banyak belajar dari anak-anak laskar pelangi yang begitu gigih dalam memperjuangkan cita-cita, setia kawan, punya empati yang tinggi, rasa persaudaraan yang tinggi dan saling meghargai banyak perbedaan.



30 komentar:

Vhoy Syazwana mengatakan...

Saya juga suka sama novel dan film ini Mamah Tira. Bener2 inspiratif dan memotivasi kita buat meraih mimpi apapun keadaanya.

Bai Ruindra mengatakan...

Saya juga suka film ini Mbak Tira :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Vhoy ,seharusnya novel laskar pelangi itu jadi bacaan wajib pelajar

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Bai sangat sarat makna

Apri KuLL mengatakan...

salam kenal mamh tira... tampilan blognya menarik? bikinan sendirikah?

oh iya saya jg suka banget laskar pelangi,, filmnya inpiratif

sari widiarti mengatakan...

aku jadi pengin pergi ke lokasi syutingnya laskar pelangi :')

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Aku masih simpen file laskar pelangi di kompi....bagus ceritanya mb, setting alamnya juga keren... Pas untuk tontonan keluarga. Sukses untuk GAnya mb..

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Apri yg bikin muridku. betul ya, sarat makna

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Sri aku juga pingin ke Belitung tapi belum kesampaian

Tira Soekardi mengatakan...

bunda raka, memang bagus untuk tontonan keluarga

Inda Chakim mengatakan...

sama mah tira, daku jg suka bgd film ini

Tira Soekardi mengatakan...

yup , mbak Inda, memang keren nih film

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Laskar Pelangi emang film favorit semua orang ya mbak :D

Ramuan Tradisional mengatakan...

laskar pelangi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Hidayah, film rujukan yg harus ditonton pelajar

Tira Soekardi mengatakan...

ramuan tradisional, laskar pelagi is the best

Irwin Andriyanto mengatakan...

Film yang terbit dari sebuah buku memang mengandung arti tersendiri apalagi kalo sudah baca bukunya dan nonton filmnya :)

W I G N Y A mengatakan...

Bagiku : PERAHU KERTAS. Sederhana, tapi menyentuh.

Tira Soekardi mengatakan...

yup mas Irwin

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Wignya, cerita yg sederhana tapi penuh makna

Dewi Rieka mengatakan...

aku juga sukaa banget film ini, lucu, inspiratif dan pemandangannya baguus....

Tira Soekardi mengatakan...

iya , pantainya itu yang bikin mupeng ke sana ya mbak Dewi

angkisland mengatakan...

laskar pelangi emang mantap mah hehe

Tira Soekardi mengatakan...

halo mas Angki, kabarmu baik kan????

irmasenja mengatakan...

Salah satu film favorite, menginspirasi bgt ya mba.... sarat makna, bikin kita merasa di pecut untuk terus meraih impian :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak irma

Mugniar Marakarma mengatakan...

Memang novel dan filmnya keren, Mbak. Saya juga suka :)

Tira Soekardi mengatakan...

ternyata banyak yg suka dg film ini ya mbak Niar

evrinasp mengatakan...

aku juga suka banget mbak sama laskar pelangi soalnya selain bermakna juga natural banget, makasih ya mbak atas partisipasinya

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama mbak Evrina

Posting Komentar