Jumat, 16 Oktober 2015

Bermain Di Alam Itu Menyenangkan






Masa kecilku ternyata lebih berwarna. Jaman aku kecil belum banyak kemajuan teknologi sehingga aku lebih tertarik mengeksplore dunia di luar rumah. Kebetulan rumahku di perumahan , masih banyak sawah, kebon kelapa dan ada jurang yang mengarah ke sungai Cikapundung. Banyak pengalaman yang luar biasa di luar sana. Sungguh masa kecil yang sangat membahagiakan.

Sungai Cikapundung di bawah jurang di samping perumahan itu membuat aku dan teman-temanku tertarik untuk turun ke sana. Walau sudah di wanti-wanti  orang tua untuk tidak turun ke sana tapi rasa ingin tahu anak-anak menyebabkan aku dan teman-teman memutuskan turun . Walau jalannya terjal tapi masih tetap bisa turun dan terpampanglah sungai Cikapundung yang airnya sedikit deras. Dan iseng mencelupkan kaki ke dalam sungai , akhirnya tergelitik masuk ke dalam air dan akhirnya semua bermain air. Tak terasa baju basah kuyup. Pulang dengan baju basah kuyup. Karena aku takut dimarahi ibuku, aku masuk dari pintu belakang. Dan cepat masuk ke dalam kamar mandi untuk membersihkan badanku. Keluar dari kamar mandi, aku bernafas lega. Untung gak ketahuan. Waktu makan malam ibuku hanya bilang, enak ya sudah basah-basahan, pasti main di sungai. Aku terkejut mengapa ibuku sampai tahu ya?????? Lain waktu aku dan teman-temanku kembali lagi ke sungai. Tapi karena aku kurang hati-hati aku terpeleset dan berguling-guling di jurang sampai kebawah. Untung ada pohon yang menahanku ,kalau tidak mungkin aku jatuh ke dalam sungai. Seluruh badanku sakit semua, belum luka yang ada dalam tubuhku. Semua teman-teman tegang melihatku. Semua ketakuran karena bagaimanapun mereka akan kena marah juga. Tapi waktu aku pulang diantar teman-teman , ibuku tak marah hanya bilang, sudah kapok belum ke sungai??? Aku  hanya bisa tersenyum kecut!!!!!

Ada satu lagi hobiku adalah naik ke pohon. Di depan rumahku ada pohon kelengkeng. Dari pohon inilah aku belajar memanjat pohon. Akhirnya aku ketagihan manjat pohon. Mulai dari pohon jambu tetangga aku panjat, pohon alpukat. Nah alpukat ini punya ulat yang warnanya indah. Ada warna hijau dan oranye yang berpadu membuat ulatnya eskotis. Nah, sudahlah akhirnya semua pohon dijajal untuk dipanjat. Apalagi kalau ada pohon yang ada buahnya. Rejeki nomplok. Satu hal yang belum bisa aku naiki adalah pohon kelapa. Dekat rumahku ada kebun kelapa, aku sering bermain di sana. Saat teman-teman yang lain menantang untuk naik ke pohon kelapa, aku ikut mencobanya. Tapi sangat sulit sekali. Baru beberapa langkah sudah melorot kembali. Begitu seterusnya. Berkali-kali dicoba tapi usahaku sia-sia. Ternyata tak ada satupun yang berhasil sampai di atas.

Mungkin dalam hal manjat pohon aku bisa bersaing dengan anak laki-laki. Nah, itu bisa bikin anak laki-laki kesal juga. Mereka bilang ada satu lomba yang aku gak akan pernah bisa menang. Aku mengernyitkan dahiku tak mengerti. Ternyata mereka bilang aku pasti kalah kalau lomba pak jauh-jauh kencing. Ya jelas saja aku kalah, anak laki-laki kan pipisnya berdiri dan mereka  bisa membuang air kencing jauh-jauh dari tubuhnya, sedangkan aku kan perempuan , kalau pipis  harus duduk bagaimana bisa lebih jauh dari mereka. Sial, kali ini aku kalah dengan mereka. Senang kan masa kecilku?????

46 komentar:

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Ha...ha. Tapi nggak lomba kencing beneran kan mbak...? Pngalaman masa kecil mmng seru...!

Ramuan Tradisional mengatakan...

pengalaman masa kecil itu seru :)

Reza Bagus Yustriawan mengatakan...

Hahaha... ternyata mbak menguasai jurus panjat memanjat juga ya...

harjanti dede mengatakan...

Benar sekali mbak Tira.. masa kecil sebelum ada gadget dkk bikin kita lebih bisa mengeksplor dan jadi kreatif. Saya kenal gadget juga sudah kuliah (tahun 2000an). Hehe.. Oh ya, saya senyum sendiri baca yang ibu mbak Tira kok bisa tahu kalau putrinya main di sungai. Itu persis dengan bapak saya, ternyata saya ketahuan beli es jus di warung padahal itu dilarang keras sama beliau. Hah, kok tahu sih??? Hahaha

harjanti dede mengatakan...

Benar sekali mbak Tira.. masa kecil sebelum ada gadget dkk bikin kita lebih bisa mengeksplor dan jadi kreatif. Saya kenal gadget juga sudah kuliah (tahun 2000an). Hehe.. Oh ya, saya senyum sendiri baca yang ibu mbak Tira kok bisa tahu kalau putrinya main di sungai. Itu persis dengan bapak saya, ternyata saya ketahuan beli es jus di warung padahal itu dilarang keras sama beliau. Hah, kok tahu sih??? Hahaha

Timur Matahari mengatakan...

Hahaha... ide lomba terakhir itu benar-benar bikin ngakak. Masa kecil memang penuh banyak cerita dan kenangan.

Tira Soekardi mengatakan...

bunda Raka, gaklah itu kan akal2an anak laki2, lagipula percuma pasti kalah

Tira Soekardi mengatakan...

Ramuan tradisonal, betul sekali

Tira Soekardi mengatakan...

yup mas Reza, paling suka kalau manjat pohon itu sensasinya yahud

Tira Soekardi mengatakan...

nah itulah yg aneh ya mbak Harjanti kok bisa tahu, sepertinya punya mata batin

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Timur, lucu kalau dipikir2 dulu itu serba spontan!!!

Christanty Putriarty mengatakan...

wah tomboi juga nih mbak Tira, kayak aku juga jaman kecil...main bola, layangan, panjat pohon :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Chrsitanty, doyan banget manjat pohon jadi seperti hobi

damarojat mengatakan...

ga takut ulat mah? kl saya naik pohon sambil tengak-tengok. haha...

Inda Chakim mengatakan...

wow, seru euy masa kecilnya mah tira ternyata yak, ada manjat pohonnya juga, hihihi

listya mengatakan...

Kangeen juga sm permainan yg lapangan banget, belum tersentuh teknologi kyk sekarnag :)

Fahmi (catperku.com) mengatakan...

kalau anak jaman sekarang, lebih suka bermain dengan gadget ya :|

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Dwi, kalau ulatnya gak berbulu aku gak takut, kalau yg berbulu baru takut. Ulat alpukat kan gak berbulu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Inda, doyan manjat pokoknya, dan ada untungnya sekarang kalau ada genteng bocor bisa manjat rumah buat betulin

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lystia, dan sekarang juga jarang ada lapangan untuk bermain , lahan sudah sempit shg banyak anak2 bermain layangan jadi di jalan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Fahmi, jadi kurang gerak

Vanda Arie mengatakan...

Masa kecil zaman dulu anak-anak lebih bebas berekspresi ya mbak , orang tua juga nggak takut kita main jauh, nggak takut diculik nggak khawatir anaknya kesasar, dunia masih aman :))

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Vanda, kalau ortu sekarang serba ngomong, jangan lari2 nanti jatuh, jangan main tanah nanti kotor. Wah, anehnya aku manjat pohon tuh kagak dilarang

kornelius ginting mengatakan...

hahhahhaaha.... ceritanya unik... ibu ini dulunya emang sudah tomboy ya... :)

Kania Ningsih mengatakan...

masa dulu saya juga mainnya manjat pohon, ke sawah, anak sekarang banyakan gadget...

Tira Soekardi mengatakan...

nah, mas Kornelius , ada untungnya dulu suka manjat, sekarang kalau ada genteng bocor bisa manjat atap rumah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Kania, paling senang main di sawah, naik kerbau

Agung Aritanto mengatakan...

karena saya laki laki saya bisa dong mengikuti lomba jauh jauhan kencing

Nathalia DP mengatakan...

asyik bgt masa kecilnya... saya mah anak rumahan yg takut sama air dan geli sama ulat bulu di pohon :D

Aprijanti Aprie mengatakan...

Saya juga seneng, dulu kecil, manjat pohon ceri dan belimbing. :D

Tira Soekardi mengatakan...

boleh mas Agung perlu tenaga ekstra loh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Nathalia , saking sukanya main di luar saat harus tidur siang suka loncat jendela biar bisa terus main

Tira Soekardi mengatakan...

kalau gitu hobi kita sama mbak Aprijanti

Obat Tradisional Luka Bakar mengatakan...

Hobi kita sama juga mba :D

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik kan kalau manjat???

Nindya Prayastika mengatakan...

Hobi kita sama loh mbak :DD

Tira Soekardi mengatakan...

cukup tomboy ya mbak Nindya

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Walah mba Tira super aktif juga ya ampe berani main ke sungai. Seru-seru.
Terima kasih sudah ikutan GA saya mak.

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama mbak Liswanti

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Wow, seru banget ya nyebur ke sungai. Kalo aku dulu waktu kecil nyeburnya ke got lumayan dalam juga, nyari ikan cethul :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya masa kecil kita dulu mengeksplore dunai luar

Liswanti Pertiwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Liswanti Pertiwi mengatakan...

IZin menghitung kata mba

Terima kasih sudah ikutan

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak Liswanti

Sonta Frisca mengatakan...

Gitu ya anak2, klo dibilang jangan, malah dilakukan. Love that moment so much!

crieshna mengatakan...

Saya sangat senang dengan isi artikel Anda sangat bermanfaat dan saya tunggu artikel berikutnya untuk memperbarui informasi lagi .
Obat Sakit Maag Untuk Anak , Dewasa Dan Orang Tua

Posting Komentar