Kamis, 22 Oktober 2015

Syal Batik Teman Dalam Perjalanan





Sudah kita ketahui kalau batik adalah kain khas asli dari Indonesia. Berupa kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menerakan malam pada kain dan diproses dengan cara yang khas. Batik sendiri sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi sejak 2 Oktober 2009.  Di hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai kain batik denagn ciri khas yang berbeda satu sama lainnya. Semuanya tergantung budaya dan adat daerah tersebut. Seperti batik Solo, Jogja, Pekalongan, Cirebon, Madura, Betawi, Batik Tasik, Batik Bali, Batik Garut, Batik Minangkabau, Batik Banten. Dan masih banyak lagi. Dari gambar dan warna batik semua dipengaruhi oleh adat dan budaya dari suatu daerah.


Batik sekarang bisa digunakan di segala kesempatan. Dulu sekali batik hanya dipakai dalam acara adat tertentu dan acara resmi seperti pernikahan atau acara resmi. Kini batik sudah bisa digunakan dalam situasi yang lebih santai. Banyak batik yang dimodifikasi baik motif maupun warna dengan perkembangan jaman sehingga batik tampak lebih modern dan anggun. Batik yang dibuat dengan motif yang sederhana akhirnya bisa digunakan dalam situasi yang santai.  Kain yang digunakanpun beraneka ragam ,mulai dari katun, sutera, bahkan bahan kaospun sudah dibuat moif batik. Inilah yang menjadikan batik menjadi bahan yang nyaman dipakai.

  
Sebuah perjalanan ke suatu tempat kadang memberikan banyak kenangan dan kesan.Mengapa? Dari suatu tempat kita bisa banyak belajar mulai dari adat istiadat, sejarah, budaya, kearifan lokal . Dan itu memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan yang membuat wawasan kita semakin berkembang. Dan pemandangan dan alam yang tersaji selama perjalanan itu memberikan sensasi tersendiri. Dan perasaan dan pikiran seperti ini menjadikan hidup kembali ceria, bisa memberikan semangat untuk kembali menjalani aktivitas selanjutnya. Perjalanan selalu memberikan kesan tersendiri.


Batik dan perjalanan. Selama perjalanan yang sering aku lakukan, aku selalu setia menggunakan syal batik yang selalu aku kalungkan di leherku. Semua ini dengan tujuan untuk memberikan kehangatan dalam perjalanan. Menutupi leher dan punggung dari angin dan udara dingin. Transportasi darat ,udara dan laut yang kadang udara yang  tak bersahabat membuat syal batik yang aku pakai bisa menjadi alternatif untuk melindungi tubuhku dari udara yang kurang bersahabat.. Selain itu juga syal batik bagiku bisa untuk menutupi mukaku saat tidur di kendaraan. Gak lucu kan kalau saat tidur mulut aku melongo begitu, tentunya akan terlihat jelek. Akhirnya syalku bisa digunakan untuk melindungi pemandangan  saat aku tidur. Asyik kan????.Karena kebiasaanku menggunakan syal batik dengan bahan yang jatuh , sehingga aku selalu di beberapa tempat kalau ada yang menjual syal batik selalau membeli syal . Juga karena  kebiasan aku mengunakan syal  batik ini seringkali aku banyak mendapat hadiah berupa syal dari teman-temanku atau keluargaku. Bagiku syal batik sudah tak pernah lepas dari bagian perjalananku. Waktu pergi ke Bali, aku menggunakan syal batik yang berwarna tosca muda yang lembut. Dan syal inilah yang menemani aku ke beberapa tempat di Bali. Begitu juga saat aku ada di Palembang, Padang dan Banjarmasin, syal batik selalu tergantung di leherku. Aku dan syalku seperti dua sahabat yang tak pernah terpisahkan.


Koleksi syal batik aku  ada yang berasal dari kota Cirebon yang terkenal dengan batik mega mendungnya. Juga kebanyakan mendapatkan dari membeli dari Jogja dan Solo. Warna yang aku pilih  warna yang bervariasi, tapi yang lebih aku pilih adalah warna yang bisa masuk ke semua warna baju yang aku gunaka. Syal batik yang aku paling suka adalah syal yang panjang dan lebar. Mengapa??  Kalau panjang dan lebar cukup untuk menutupi muka saat tidur dan bisa menutupi pungung dan leherku. Begitulah cerita tentang syal batik dan perjalaananku. Syal batik seperti dua mata pisau yang tak terpisahkan dalam setiap pejalananku. Syal batikku selalu mempunyai banyak cerita dengan  momen perjalanan di setiap tempat.

26 komentar:

Kania Ningsih mengatakan...

bagus mak, bisa dililit buat hijab juga ya...

Anisa AE mengatakan...

Syalnya kereeeennnn. Indonesia banget deh pakai itu. Bisa multifungsi jadi kerudung. ^^

Eka Fikriyah mengatakan...

Baru ngeh, kalo aku juga punya syal yang bercorak batik... hehehe.. nggak nyadar kalau itu motif batik yg kupakai, seperti gambar syal yang kedua di artikel ini, selama ini kirain itu hanya sekedar gambar biasa...

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Kania. Pilih yg lebar lebih nyaman

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Anisa, indonesia banget. Aku pernah dikasih syal dari paris tapi tetap yg aku suka pakai ya yg dari indonesia

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak Eka. Motif batik sekarang banyak kreasi dan motifnya makanya sangat modern semua jadi suka

Sandi Iswahyudi mengatakan...

Kalau syal yang desain batik buat cowok ada gak bu? saya suka sama batik

Ramuan Tradisional mengatakan...

saya suka banget pakai baju batik :)

angkisland mengatakan...

wah jadi kapan bsia moto mamah pake batik??? hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

ada mas Sandi biasanya lebarnya kecil

Tira Soekardi mengatakan...

Ramuan tradisional, sip, sekarang batik bisa dipakai dalam suasana apa saja

Tira Soekardi mengatakan...

kapan ya mas Angki, entar deh kalau aku ke Jogja , kangen jogja duh...

Yasinta Astuti mengatakan...

batik sekarang udah bagus-bagus ya mak, dan lagi pakai syal skrg jadi tren juga.. Saya juga pecinta syal..
tapi mak tira keren koleksinya kayanya udah bejibun yaa dgn asal syal batik yang berbeda-beda..

Tira Soekardi mengatakan...

makasih kebanyakan diberi teman atau saudara yang tahu aku suka pakai syal.

cewe alpukat mengatakan...

Wah kayaknya nanti aku kudu geli batikk kauak gitu buar syal, biar jalan2 lebihh manteepp. Sukaa makkk, sukaaaa :D

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Syal emang temen wanita ya mbak, bisa dijadiin apa aja. Syal yang kedua itu mirip punya saya, tapi enggak beli sendiri, dikasih tetangga :D

Ade anita mengatakan...

Aku juga punya koleksi syal batik... enak dipakenya dan adem

Nurul Rahmawati mengatakan...

Kerennyaaa... makin cinta produk Indonesia

bukanbocahbiasa(dot)com

Tira Soekardi mengatakan...

cewe alpukat, yuk beli banyak dijual dan harga murmer kok

Tira Soekardi mengatakan...

wah siapa tahu kita bisa ketemuan mbak Hidayah dan bisa pakai syal yg sama

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ade apalagi kalau bahannya jatuh dan cari yg adem itu paling nyaman

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Nurul, cinta batik selamanya

Dewi Rieka mengatakan...

batik sekarang jadi pelengka penampilan yang ngehits ya mbak, aku paling suka tas batik, terus seprei batik karena adeeem...

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Dewi, apapun bisa dibuat dari batik

Rina Susanti mengatakan...

batik untuk apapun bagus ya...sekrang saya lagi suka pake pashmina batik untuk kerudung

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Rina, apapun ada batiknya pasti keren

Posting Komentar