Kamis, 17 Desember 2015






Masih banyak anak-anak yang kadang sulit untuk belajar bahasa Inggris terutama tentang perbendaharaan kata-kata. Padahal ini penting. Dengan banyak perbendaharaan kata bahasa Inggris akan lebih mudah memahami arti dari sebuah kalimat. Nah, banyak anak yang justru malas menambah perbendaharaan kata karena malas . Nah perlu disiasati agar mereka tak malas . Perlu kreatifitas dalam penyampaian pembelajaran tentang perbendaharaan kata. Salah satunya dengan mempergunakan kartu domino. Kartu domino biasanya berisi bulatan dengan jumlah tertentu. Sekarang diganti dengan tulisan berbahasa inggris dan indonesia. Ini aku coba pada bocah cilik di Yayasan Al Kahfi. Jadi kartu domino dibuat dengan jumlah yang sama dengan kartu domino aslinya. Kartu domino di bagi dua. Kartu pertama ditulis dengan kata berbahasa inggris. Dan kartu kedua di bagian yang satu berbahasa indonesia dan yang sisi lainnya berbahasa inggris.  


Cara memainkannya , kartunya dibagi sampai habis pada anggota yang bermain. Kartu pertama yang diletakan adalah kartu yang ke dua sisinya berbahasa inggris. Kemudian orang yang pertama jalan harus menaruh kartu yang sisinya bahasa Indonesia yang sesuai artinya dengan bahasa Inggris yang  ada di kartu sebelumnyat . Orang ke dua juga demikian menaruh kartu yang bertuliskan bahasa indonesai pada kartu yang bertuliskan bahasa Inggris yang sesuai artinya. Demikian seterusnya sampai kartu habis. Yang pertama habis itu yang menang. Demikian seterusnya dan mau tak mau kata-kata bahasa Inggris itu akan terus muncul dan akan tersimpan dalam memori otak tanpa sengaja. Akhirnya anak-anak dapat menghafal kata-kata baru bahasa Inggris dengan mudah. Ternyata sangat mengasykan. Anak-anak bermain sambil belajar. Tampak anak lebih cepat menyimpan dalam memori otaknya kata-kata bahasa Inggris daripada belajar dengan cara konvensional.

 
Ternyata ada juga loh daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan kampung Inggrisnya. Kampung Pare namanya. Kampung yang penduduknya selalu berbahasa inggris. Di sana juga banyak tempat kursus bahasa inggris bukan hanya untuk penduduk kampung Pare tapi juga untuk orang-orang yang mau belajar bahsa Inggris dengan cepat. Di sana juga disediakan tempat menginap dengan biaya makan .Dan banyak orang-orang yang mempromosikan kalau belajar di sini dijamin lebih cepat bisa. Mungkin karena di sana mau tak mau harus berbahasa Inggris agar bisa berkomunikasi sehingga akan menghilangkan rasa malu takut salah dalam berbicara. Sehingga memudahkan orang untuk lancar berbahas Inggris. Biaya yang harus ditanggung tergantung tempat yang kita tuju karena di sana banyak tempat kursus dan tempat penginapannya. Bisa memilih sesuai dengan keinginan .


Ada lagi suatu proyek Januariable project. Ini adalah program acara yang bersifat edukatif maupun hiburan. Jadi bergerak di bidang jasa. Dan salah satunya adalah Januariable Goes to Pare –Kediri. Program ini diperuntukan untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa inggris yang fokus dan intensif. Lebih mempertajam kemampaun bahasa inggris teruatama bahasa percakapan. Dan proyek ini meliputi belajar bahasa inggris  secara intensif dengan waktu 6 kali pertemuan/hari  selama 2 minggu. Dan bebas menentukan apa yang mau dipelajarinya apakah grammrenya, speakingnya , dan lain-lain. Dan termasuk English camp area dimana camping dan bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris selama 24 jam penuh dan terakhir ada tour ke Bromo . Fasilitas yang bisa didapat adanya pendamping selama di penginapan atau camp, tiket kereta api, pre test dan sertifikat dari lembaga kursus yang resmi. Bagi yang beminat bisa mendaftarkan diri di webnyaJanuariable Project.

  
Nah itu juga merupakan salah satu cara untuk bisa mempelajari bahasa Inggris selain apa yang dilakukan bocil. Cara apapun yang penting niat untuk belajar dan ingin bisa akan mmepercepat peningkatan dalam kemampuan berbahasa Inggris. Jadi apapun pilihan yang diberikan pada yang mau belajar bahasa Inggris yang penting semangat untuk terus belajar. Dan pengajar harus mempunyai ketrampilan untuk selalu kreatif untuk bisa mengajar dengan cara asyik sehingga anak-anak senang dan cepat menyerap pelajaran bahasa inggris.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba #JGTP 2 yang diadakan di http://januariable Project.blogspot.co.id


49 komentar:

Diah Woro Susanti mengatakan...

kreatif juga idenya mengenalkan sistem ini ya.. tapi selain ngajarnya harus kreatif, pronounciation sang pengajar juga sebaiknya minim kesalahan ya mba. sayang aja transfer ilmunya bisa ga optimal gegara kesalahan sepele :)

Obat Herbal Ace Maxs mengatakan...

mantap dah

Anisa Ae mengatakan...

Idenya bagus buat ngenalin Bahasa Inggris pada si kecil.

Yasinta Astuti mengatakan...

wah ini bisa dicoba ya, biar belajar bahasa inggris menjadi menyenangkan

Timur Matahari mengatakan...

Salut buat kreatifitasnya. Bagus juga tuh untuk dijadikan bagian dari metode pembelajaran.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Diah pengucapan juga diajarkan .Yang penting anak tahu dulu artinya dan kemudian diajarkan cara pengucapannya

Tira Soekardi mengatakan...

obat herbal, makasih

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Anisa lebih cepat krn mereka merasa bermain padahal belajar

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan dicoba mbak yasinta

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Timur alternatif metode pembelajaran yang patut dicoba

Titik Asa mengatakan...

Wah, bagus juga nih Mbak permainan ini. Belajar jadi rileks kalau sambil bermain begitu, jadi bisa cepat menyerap juga ya...
Betul Mbak, ada kampung Inggris di Pare, Kediri. Anak saya bbrapa bulan lalu stay disana selama 1 bulan. Bagus juga hasilnya...

Salam,

Obat Tradisional Maag mengatakan...

jadinya belajar sambil bermain yah :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Titik Asa, banyak yang sudah nyoab di sana dan ahsilnya bagus. Mungkin karena mau tak mau harus berbahasa inggris di sana jadi cepat lancar

Tira Soekardi mengatakan...

obt tradisional mag, iya bermain dan belajar

Aireni Biroe mengatakan...

Boleh juga nih mbak caranya, main domino sambil belajar kosakata bahasa inggris (y)

Tira Soekardi mengatakan...

iy mbak Aireni lebih menyenangkan dan anak lebih mudah mengingat

irmasenja mengatakan...

Kreatif bgt mba, boleh nih idenya... kalo aku di rmh karena anak2 juga sudah mulai besar. Untuk melatif dan belajar bhs inggrisnya... nonton film gak boleh di translate ke bhs indonesia. Dan itu berhasil... mrk nonton film bahasa inggris, kalo pun nonton film korea kesukaan si sulung di translatenya ke bhsa inggris.

Kania Ningsih mengatakan...

kalo saya dulu suka pake scrabble mak, tp sekarang udah gak punya. anak2 belajar bhs inggris dr youtube sekarang.

Rahmah Chemist mengatakan...

Duh, telat tahunya info ini hehehe *good luck ya*

angkisland mengatakan...

wah kece mah hehehe mantap nih idenya alat judi bisa direkayasa dijadiin lebih manfaat....

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Irma dengan cara apapun yg penting anak senang pasti mudah masuknya

Tira Soekardi mengatakan...

bisa juga mak Kania. Yang penting anak suka

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Rahmah

Tira Soekardi mengatakan...

ha, ha,ha.... mas Angki bisa saja

Ina Rakhmawati mengatakan...

metode bagus biar pembelajaran bhs inggris lebih menyenangkan :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Ina, harus bisa kreatif agar anak senang belajarnya

Santi Dewi mengatakan...

waah... kreatif nih mba, anak2 secara gak sadar jadi tambah vocabnya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Dewi , maalh lebih cepat masuknya

damarojat mengatakan...

keren deh metode belajarnya mah! kreatif! untuk anak kinestetik cocok ya mah. bisa dicoba juga nih untuk bahasa jawa.

Christanty Putriarty mengatakan...

mengasyikkan banget melihat anak-anak antusias belajardalam permainan domio berbahasa Inggris ini ya :)

syafiatuddiniah mengatakan...

Wah kreatif ya..dan saya baru dengar kalo ada kampung inggris itu kampung pare kereen pinter2 bhs inggrisnya ya

Indah Primadona mengatakan...

Menghapalnya jadi lebih asik ya mbak, dibandingkan menghapal dari kamus, lebih cepet masuknya, karena sambil bermain

Tira Soekardi mengatakan...

bisa dicoba mbak Dwi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Cristanty, mereka jadi cepat hafal tanpa disadari

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Syafiatuddiniah , ada dan bisa ke sana menginap di sana merasakan sensasi berbahasa inggris di sana

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Indah lebih mudah dan menyenangkan

Mugniar Marakarma mengatakan...

Iya ya Mbak ... idenya luar biasa. Dengan demikian anak-anak jadi cepat belajar English. Moga sukses GAnya :)

Abah Raka mengatakan...

Kadang merasa berdosa jarang mengajak main anak, sekali main bukan ke tempat edukasi :I

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Niar, hrs buat ide yang baru terus agar anak makin semangat belajarnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya Abah Raka kadang bermain hal yang sederhana tapi penuh edukasi juga bisa kok

NiaNastiti mengatakan...

Seru gitu belajarnya sambil main ya Mba, dulu belom ada ya kayaknya :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Nia untuk memudahkan anak belajar saja

lianny hendrawati mengatakan...

Bisa bermain sambil belajar bahasa Inggris juga ya jadinya :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lianny shg anak tak terasa lagi belajar

Dewi Rieka mengatakan...

wah bisa ditiru nih mbaaa buat belajar bahasa inggris...makasih idenyaaa

harjanti dede mengatakan...

keren idenya.. tapi memang sekarang agar ilmu lebih cepat diserap harus dikemas dalam hal yang menarik sih ya mbak. Biar anak juga seneng, gak kayak jaman dlu saya masih sekolah haha..

harjanti dede mengatakan...

keren idenya.. tapi memang sekarang agar ilmu lebih cepat diserap harus dikemas dalam hal yang menarik sih ya mbak. Biar anak juga seneng, gak kayak jaman dlu saya masih sekolah haha..

Tira Soekardi mengatakan...

boleh mbak Dewi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Harjanti, memang kita harus kreatif agar anak suka dan akhirnya mereka jadi cepat belajar

Posting Komentar