Jumat, 25 Desember 2015

Setetes Darah Harapan






Ganbar dari sini
 
Aku kenal dengan PMI saat sekolah dulu. PMI selalu dihubungkan dengan sekantung darah. Darah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Banyak orang yang memerlukan donor darah . Banyak sebabnya, dari mulai  karena kecelakaan, untuk operasi atau karena penyakit. Betapa tanpa adanya PMI bagaimana orang-orang yang membutuhkan darah untuk kelangsungan hidupnya. Aku tak pernah berhubungan dengan PMI.  Aku baru berhubungan dengan PMI saat suamiku harus operasi pemasangan pen karena kakinya patah tulang. Betapa aku kesulitan sekali mencari darah yang bergolongan darah B. Hampir putus asa . Beberapa koleganya jarang yang mempunyai golongan darah B  dan masih banyak lagi pencarian golongan darah B. Dan pada akhirnya aku bisa menemukan di PMI kabupaten Cirebon setelah di kota Cirebon tak ada stok darah bergolongan darah B. Alhamdulilah rasa syukur yang amat luar biasa karena aku bisa mendapatkan darah untuk operasi suamiku. Kali kedua aku berhubungan lagi dengan PMI saat aku harus operasi pengambilan rahimku. Untungnya golongan darahku O. Golongan darah yang cukup banyak. Cukup banyak stok darah bergolongan darah O. Jadi tak ada kesulitan untuk mendapatkan darah.

Membayangkan bagaimana sulitnya orang mencari darah untuk saudaranya, keluarga atau teman saat membutuhkan. Untungnya ada PMI yang menyediakan darah untuk diberikan pada yang membutuhkan. Kebutuhan darah yang semakin hari semakin meningkat tentunya membuat PMI harus banyak menerima donor darah. Partisipasi masarakat sangat dibutuhkan untuk menjadi donor darah . Darah pendonor sangat berharga untuk sesama. Setetes darah untuk harapan orang lain yang membutuhkan.

Ternyata PMI bukan saja berurusan dengan darah tapi sekarang sudah banyak yang bisa dikerjakan seperti membuka dapur umum di daerah bencana, pelayanan kesehatan, pelayanan ambulans dan masih banyak lagi. Betapa lembaga ini memang sangat dibutuhkan untuk membantu orang-orang yang terkena musibah. Makanya salah satu usaha PMI untuk bisa mengagalang dana dari masarakat adalah dengan program PMI peduli sesama di Bulan Dana PMI.  Selain program donor darah yang dilaksanakan juga program-program lainnya. Partisipasi masarakat sangat dibutuhkan PMI agar uang yang masuk bisa digunakan sebesar-besarnya untuk membantu banyak orang yang membutuhkan. Ayuk Peduli Sesama dengan mendonasikan sebagian rejeki kita untuk membantu kelangsungan lembaga PMI ini agar selalu bisa membantu orang banyak tanpa berhenti . Dan tak akan kekurangan kalau kita mendonasikan sebagian rejeki kita untuk bulan dana PMI ini. Mudah-mudahan apa yang kita donasikan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Bagi yang ingin mendonasikan sebagian rejekinya untuk PMI bisa disalurkan lewat beberapa rekening berikut:
  •   Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jkarta.
Pengalaman aku mengalami kesulitan mendapatkan darah karena tak ada stok darah lagi, membuat kesadaran untuk lebih banyak lagi mendonasikan untuk kegiatan PMI. Apalgi sekarang begitu banyak kegiatan yang bisa kita bantu lewat kegiatan di bulan dana PMI ini. Mari berbagi untuk banyak kebaikan. Semoga semua akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Amiin...

http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta



34 komentar:

Anisa Ae mengatakan...

Aamiin. :)

Sayangnya masih banyak yang kurang peduli dengan menganggap bahwa darah tersebut dperjualbelikan oleh PMI :(

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Anisa, padahal uang itu untuk operasional PMI, kan tempat darah, uji darah dlll perlu uang ya

tarie tarr mengatakan...

Mbak, aku kok selalu ngeri sama yang namanya donor darah ya? Serius. Padahal udah 2x opname juga. Huhu.

salaminzaghi mengatakan...

belum pernah donor darah hehe

Amir mahmud mengatakan...

Semoga menang ya lomanya, amin. Kunjugan baliknya di amir-silangit.blogspot.com/2015/12/inilah-alasan-mengapa-orang-sakit-di.html terimakasih

kornelius ginting mengatakan...

terakhir saya donor darah itu ketika sma.. dan muncul bintik2 merah plus rentan sakit ... jadi parno mau donor kembali .. tapi ada keinginan juga untuk donor darah lagi....

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Tarie, kalau darah itu agak sakit kalau ditransfusi, mungkin kaena kental beda kalau infus cairan

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin bisa dengan cara berdonasi kalau gak mau donor darah mas salaminzaghi

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas Amin

Tira Soekardi mengatakan...

mas Kornelius itu tandanya alergi , gak donor darah bisa cara lain untuk bantu PMI

Ade anita mengatakan...

Iya bener kadang darah susah dicari. Padahal darah itu perlu bagi mereka yg kekurangan darah. Aku juga kadang perlu ditransfusi jika anemianya lagi anjlog

Irawati Hamid mengatakan...

belum pernah donor darah Mbak karena berat badan saya kurang terus :(

Kania Ningsih mengatakan...

Sy blm pernah donor krn dl berat bdn kurang

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak Ade sampai harus transfusi darah, untung aku anemianya gak parah.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Ira , sama dengan aku karena aku mah hbnya kurang

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Kania, bisa dengan cara lain untuk bisa bantu PMI

Ani Berta mengatakan...

Donor darah bikin saya ketagihan dan saya alhamdulillah selalu sehat karena donor darah rutin.
Terima kasih sharingnya Mba. Yuk mari semangat lagi dondar :)

Dewi Rieka mengatakan...

aku belum berani donor mbaak huhuhu

Hilman Mulya Nugraha mengatakan...

saya ga pernah mau donor darah, mungkin sekarang saya bisa dengan cara lain, yakni donor uang ke pmi...

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak Ani katanya donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin banyak yg takut ya mbak Dewi, aku waktu transfusi darah sehabis operasi memang rasanya gak enak mungkin krn darah kental ya, jadi terasa gimana gitu waktu darah masuk ke tubuh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Hilman banyak cara untuk membantu PMI kok

Indah Primadona mengatakan...

Donor darah juga bagus untuk kesehatan ya mbak, jadi tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, untuk kita juga :)

angkisland mengatakan...

wah keren mamah tira sukses ya mah... kece badai dah mamah tira..

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Indah

Tira Soekardi mengatakan...

mas Angki makasih

Vhoy Syazwana mengatakan...

BB sy kurang dr standar minimal Mak, jadi ga bisa donor.

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin bisa dg cara lain selain donor darah mbak Vhoy, krn aku pernah merasakan kesulitan mendapatkan darah saat butuh

Pipit Widya mengatakan...

Duh, rasanya mencari darah yg golongannya sama tuh deg-degan ya.
Sy blm pernah donor krn selalu gagal klo dicek sebelum donor. Ga tau napa.

Tira Soekardi mengatakan...

iya aku mengalami mencari susah apalagi golngan darah B sangat jarang padahal ditunggu untuk segera operasi

Dewi Mafita Sari mengatakan...

Aku g berani donor, mbak. Karena ditolak terus berat badanku kurang :(

Tira Soekardi mengatakan...

iya gak apa-apa mbak Dewi bisa dg cara lain

Sri wahyuni mengatakan...

Saya sudah tiga kali mau donor darah gak bisa mbak. Karena hb saya gk ckup. Pdhal pengen bgt, ktnya donor drh bikin sehag

Tira Soekardi mengatakan...

iya kalau HB renadh gak boleh donor mbak, aku juga hbnya rendah

Posting Komentar