Kamis, 03 Maret 2016

Kecil Tapi Indah






Bandung . Kota kelahiranku. Dulu Bandung terkenal dengan sebutan Kota Kembang. Ternyata sebutan kota kembang itu terjadi pada tahun 1896 perkumpulan  pengusaha perkebunan menunjuk kota Bandung untuk tempat kongresnya yang pertama. Kemudian panitia penyelengaranya menyediakan kembang-kembang berupa noni cantik dari wilayah perkebunan. Ternyata tamu-tamu merasa puas. Akibatnya dari mulut ke mulut keluar istilah yang dikenal dengan De Bloem der Ondische Bergsteden atau bunganya kota pegunungan. Memang moyang priangan terkenal dengan kecantikannya. Sehingga muncul sebutan kota Bandung sebagai kota kembang. Wah kembang di sini bukan artinay kembang secara harfiah ya tapi kembang yang menunjukan mojang priangan yang cantik-cantik. Setelah beberapa dekade barulah kota Bandung disebut dengan kota kembang yang artinya kembang secara harfiah





Bandung sekarang berbeda dengan Bandung dulu. Dengan perkembangan yang begitu pesat dan kadang tak diikuti dengan perkembangan infrastuktur dan sarana lainnya . Ini membuat banyak kemacetan, polusi dan keadaan kota Bandung yang tak tertata rapih dengan pedagang kaki lima yang  berdagang di trotoar. Itulah mengapa pak Ridwan Kamil sebagai walikota membuat Bandung menjadi tertata rapih mulai dari trotoarnya dan ruang terbuka hijau. Pak Ridwan dikenal dengan walikota gila taman. Begitu banyak taman yang dibangun pak Ridwan dan masing-masing punya kekhasannya. Dan selalu dengan cirinya pak Ridwan. Pak Ridwan ingin Bandung menjadi kota kembang lagi dengan banyak bunga-bunga di taman-taman kota.



Aku sendiri salut dengan kepiawaian pak Ridwan membuat taman. Bahkan dengan tempat yang kecil saja bisa jadi indah di tangan pak Ridwan Kamil. Kadang suka iri dengan kota Bandung yang punya begitu banyak taman sehingga kita bisa duduk lama-lama di sana dengan suasana yang asri. Minta tolong deh pak Ridwan jadi walikota Cirebon. Cirebon itu gak punya taman. Menyedihkan!!!! Waktu terakhir ke Bandung, aku ingat pak Ridwan baru saja meresmikan taman sungai Cikapayang. Aku sih belum bisa membayangkan . Taman di sebelah balai kota . Di sisinya balai kota di jalan merdeka itu ada sungai yang kemudian direvitalisasi. Dengan cara dibuat bendungan filter skala kecil sehingga air menjadi jernih dengan menggunakan pasir zeolit yang biasa digunakan untuk penjernihan. Tujuannya juga untuk menyadarkan masarakat akan pentingnya sungai dalam kehidupan masarakat. Juga bertujuan untuk menyediakan ruang publik untuk masarakat. Begitu juga akan membuka kawasan hijau di sekitar sungai. Padahala lahan yang ada sempit tapi tertata rapi dengan aneka jenis tanaman membuat tampak asri dan nyaman.



Di sepanjang trotoarnya di sisi bagian dalam ditanam aneka tanaman hijau dan beberapa tulisan ada tergantung di atas . Tulisan yang unik untuk memberi kesadaran bagi masarakat untuk sadar tak buang sampah ke sungai. Di sepanjang jalan kita bisa menyusuri jalan merdeka. Di beberapa tempat ada tempat duduk untuk bersantai sejenak. Bahkan di salah satu pagar terdapat beberapa gembok yang terkunci . Katanya sih gembok cinta.  Kasriannya membuat aku terpana dan kagum dengan ide sederhana tapi bikin cantik taman. Sampai dekat balai kota . Di sana sungai menjadi dangkal dan bisa digunakan untuk bermain air. Banyak anak-anak bermain di sana. Di sebelahnya ada lahan yang tak begitu luas yang berhadapan dengan taman vanda , berupa batu-batuan yang terdapat batu yang menjulang tinggi. Itu membuat terlihat apik walau konsepnya sederhana saja. Sungguh tak menyangka lahan sempit di samping sungai Cikapayang bisa menjadi taman yang asri dan banyak dikunjungi masarakat untuk bersantai ria.




Wah, jalan-jalan di Bandung tak perlu mahal-mahal ya. Sudah begitu banyak taman bisa untuk tempat bersantai bersama keluarga. Duduk-duduk di bangku yang indah sambil ngobrol ,itu luar biasa. Ditambah lagi dengan keasriannya.Sungguh indah... Tak salah juga kalau kita berkesempatan untuk berfoto ria dengan keasrian taman ini. Tidak bakal menyesal . Untuk bersantai tak perlu kemana-mana tinggal pilih taman sungai Cikapayang alternatif yang terbaik.



61 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Bandung keren ya? ^^ Semoga bisa ke sana

Santi Sintawati mengatakan...

Saya orang Bandung, tapi belum sempat menjelajah kota Bandung dengan wajah-wajah barunya kecuali Alun-alun dan mesjid Agung aja, heu...

Kanianingsih mengatakan...

saya juga lebih suka jalan-jalan ke taman karena murah meriah

Ririe Khayan mengatakan...

Sungainya jernih-jernih dan bersih-bersih banget ya mbak di BAndung. JAdi pengen ke Bandung (lagi)

Pakde Cholik mengatakan...

Saya juga mempunyai cukup banyak kenangan dengan Bandung. Maklum saya beberapa kali mengikuti pendidikan militer di Cimahi dan Bandung.
Salam hangat dari Surabaya

ophi ziadah mengatakan...

sekarang banyak sungai2 yg direvitalisasi dan dibuat cakep n kece yaa sm kang emil

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak Anisa, semoga kesampaian

Tira Soekardi mengatakan...

ayu mbak Santi susurin taman2 baru buatan kang Emil. asyik2

Tira Soekardi mengatakan...

iya ya mak Kania, apalagi kalau bagus tamannya makin betah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ririe, krn sungai ini dijenihkan dulu dg zeolit, jadi apik dilihat

Tira Soekardi mengatakan...

salam kembali Pakde, kenangannya pasti sangat menyenagkan ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ophi, jadi bersih dan diberi tanaman sederhana jadi apik

isma mengatakan...

salam kenal mbak Tira
terakhir saya ke Bandung bulan september 2015. emang tambah cantik ya kotanya. pak RK emang kereeen!

evrinasp mengatakan...

Bandung cakep banget deh sekarang, tapi kalo kesana suka bingung karena terlalu banyak jalur

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Isma , tinggal mengurai kemacetan nih Bandung masih ribet

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Evrinap, aku apalagi sudah lama meninggalkan bandung , jalur jalan sudah banyak yg berubah, ada yang dijadikan satu arah dsb

Info Resep mengatakan...

Sekarang Bandung makin keren ya....

Kopiah Putih mengatakan...

Wah.. Bersihnya. Sayang saya belum pernah ke Bandung. Semoga segera bisa kesana..

Salam hangat dari Bondowoso..

Nur Islah mengatakan...

Taon ini sy rencana ke Bandung, ndk sabar pengen liat taman2 keren itu

Mugniar mengatakan...

Bandung ..... aih kapan bisa ke sana lagi.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Bandung walaupun macet tapi seolah-olah memanggil untuk bisa berkunjung ya, mba.

Ipeh Alena mengatakan...

Bandung...kota kenangan. Hehehe, tapi memang sangat wajib dikunjungi ya.

Retno Kusuma Wardani mengatakan...

Anak-anak saya pasti seneng banget kaau diajak ke taman ...Kalau malang sebutannya makobu, malang kota bunga . Alhamdulillah juga ada peningkatan jumlah taman sehingga mendapat penghargaan kota ramah anak tingkat madya...semoga kedepannya taman di Kota Malang juga seindah di kota Bandung...

Retno Kusuma Wardani mengatakan...

Anak-anak saya pasti seneng banget kaau diajak ke taman ...Kalau malang sebutannya makobu, malang kota bunga . Alhamdulillah juga ada peningkatan jumlah taman sehingga mendapat penghargaan kota ramah anak tingkat madya...semoga kedepannya taman di Kota Malang juga seindah di kota Bandung...

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik mbak Nur

Tira Soekardi mengatakan...

info resep, iya betul sekali

Tira Soekardi mengatakan...

Kopiah Putih, semoha bisa mampir ke kota penuh taman

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak Niar mampir lagi ke Bandung, sekarang kan wajahnya sudah berbeda

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Alida, macetnya yang parah, krn jalannya sudah gak bisa dilebarkan lagi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ipeh, jadi indah tinggal dibenahi jalan2 agar tak macet

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Retno saya salut dg kota2 yang mau mebuta ruanh terbuka hijau termasuk malang. Sdh lama aku agk ke malang. masalahnya di cirebon tuh walkotnya belum terusik untuk bikin taman padahal manfaatnya banyak

Irawati Hamid mengatakan...

bandung semakin cantik yah Mbak :)
semoga suatu saat bisa kesana, amin..

yuni zuhri mengatakan...

Bandung memang sungguh cantik ya mba. Aku juga selalu kangen pengenke bandung lagi

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak Irawati, benar dan sudah banyak kota2 lain ayng mengikutinya. Dan anehnya kotaku maha dem ayem saja tuh gak bikin taman, padahal waraganay rindu punya ruang terbuka hijau yang asri

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yuni, kang Emil memang hebat nih

Obat kelenjar getah bening mengatakan...

semoga bisa main kesana

Indah Primadona mengatakan...

Bagus ya Bandung, salut deh sama pak Ridwan ^^

Ayu Citraningtias mengatakan...

saya sampe ikuti IG kang email meski bukan warga bandung, sukaaa benget dengan perubahaannya dan belum sempat merasakan karena terakhir ke bandung 1 taun yg lalu. semga bandung makin baik dan cantik dan nular ke kota lain mba :)

Tira Soekardi mengatakan...

obat kelenjar getah bening, semoga, amin

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Indah harus salut sama kang Emil mah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ayu, sudah banyak pemimpin daerah ayng mulai mencontoh bikin taman. taman itu murah meriah , baik untuk lingkungan dan kota jadi indah

sari widiarti mengatakan...

beberapa kali sempat jalan - jalan ke Bandung, karena kakak ipar tinggal di Bandung, eh sekarang Bandung makin kece :D

wuri mengatakan...

Wah, belum pernah ke Bandung lagi sejak pemimpinnya RK :) kereeenn

Nathalia DP mengatakan...

di kota, bandung memang asyik... tp di pinggirannya msh suka banjir :(

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Sari, tinggal infrasturkturnya dibenahi biar gak macet

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Wuri, mungkin karena kang Emil arsitek jadi suka keindahan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Nathalia, di daerah dayeuh kolot ke sana memang suka banjir, perlu dibenahi, juga karena banyak sungai yang mampet krn sampah

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Ooh..saya baru tahu klojulukan kembang itu mewakilkan orang. Ini yg sungai buatan itu kan??waah keren, nampak asri sekali

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak karena memang org bandung kan terkenal cantik2. iya asri ya padahal itu hanay lahan sempit di tepi sungai

yuli yulia mengatakan...

Sebagai warga Bandung non kotamadya saya juga merasa iri.. di kabupaten mana ada tamaaan

Heni Puspita mengatakan...

Pas saya ke sini taman sungainya belum jadi. Kalau sudah resmi dibuka untuk publik si insyaa Allah bakal mampir deh hehe.

Cumilebay MazToro mengatakan...

Gw baru tau sebutan kota kembang buat bandung asal muasal nya hehehehe

Afrizal Ramadhan mengatakan...

Pernah ke bandung dengan segala kenanganya. Ha ha

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Yulia, kadang ada perasaan ingin punya taman seperti bandung

Tira Soekardi mengatakan...

sudah dibuka mbak Heni, aku ke sana seminggu setelah diresmikan

Tira Soekardi mengatakan...

Maz Toro, kan memang perempuan Bandung mah terkenal geulis2

Tira Soekardi mengatakan...

tentunya kenangan manis ya mas Afrizal

angkisland mengatakan...

wah kemarin sampai bandung tapi belum sempet mampir" nih... ke taman" mah hehe...

Tira Soekardi mengatakan...

wah rugi mas Angki, yuk ke bandung lagi ngunjungi semua taman yang ada

Istiarina Putri mengatakan...

Wah asik yaa.. kalau di Jakarta hiburannya kebanyakan indoor seperti mall dan restoran.. Kalau di Bandung banyak ruang terbukanya ya.. Salam kenal mba :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak, tinggal duduk di aman ngobrol bareng keluarga , nikmatnya ... rasa waktu cepat berlalu

Posting Komentar