Sabtu, 26 Maret 2016

Sesuatu Yang Tak Terduga






Entah mengapa hadiah bagiku bukan sesuatu yang selalu kuharapkan. Mengapa? Aku terbiasa dengan segala sesuatu yang aku kerjakan sebagai rasa tanggung jawabku. Sebagai murid dulu, aku wajib belajar sungguh-sungguh. Jadi saat aku bisa meraih pencapaian nilai tertiggipun aku tak mengharapkan hadiah dari orangtua. Bahkan di hari istimewa ulang tahun, aku juga tak terbiasa diberi hadiah. Aku cukup bahagia dengan acara makan bersama keluarga saat hari-hari istimewa aku. Dan itu juga berlaku bagi keluargaku. Aku selalu membawa anak-anakku makan istimewa saat mereka ulang tahun atau mereka mencapai prestasi yang bagus di sekolah atau di lingkungannya. Ternyata acara makan bersama di hari yang istimewa itu lebih mempunyai arti yang luar biasa. Kedekatan , keakraban dan rasa kasih sayang tercermin begitu indah saat makan bersama. Kebersamaan yang tak bisa ditukar oleh apapun. Itu sangat luar biasa dampaknya. Kedekatan aku dan anak-anak semakin terlihat, tak ada jarak. Sampai aku harus terpisahkan jarak dengan kedua anakku, kegiatan makan bersama terus berlanjut. Diusahakan saat istimewa , aku akan mendatangi mereka dan mengajaknya berkumpul bersama.

Sampai suatu hari ada saat yang tak aku duga sama sekali saat aku berulang tahun bulan Februari kemarin.  Aku mendapatkan hadiah yang tak terduga dari anak pertamaku yang sudah bekerja. Dan hadiahnya itu membuat aku meleleh-leleh karena tak menyangka akan mendapatkan hadiah yang begitu istimewa . Dan anakku tahu sekali apa yang aku sukai, sehingga hadiah itu begitu istimewa bagiku. Jadi saat aku menengok anak bungsuku di Bandung, waktu itu sudah tiga hari ulang tahunku, tiba-tiba saja anak bungsuku, Tia mengangsurkan aku sebuah buku tebal. Ini dari mas Adit. Aku memegang buku tebal itu dan aku terdiam. Saat Tia bilang kalau itu hadiah dari Anakku Adit,ah perasaan haru muncul di hatiku. Buku craft membuat kartu-kartu unik dan lucu. Buku impor dengan tutorial membuatnya. Begitu indah. Astaga dia tahu apa yang aku suka. Buku pemberiannya sungguh berharga bagiku.  Berkali-kali aku bolak-balik buku itu, berkali-kali aku mendekap buku itu. Sungguh saat itu ingin aku peluk anakku. Tapi hanya sebuah pesan singkat untuk anakku ucapan terimakasih. Rinduku untuknya begitu menggebu. Kalau saja aku bisa terbang langsung menemui Adit, ingin segera aku terbang untuk menemuinya dan mengucapkan terimakasih langsung padanya.

Kini buku craft itu tersimpan dalam lemariku. Sekali-kali aku buka dan baca tutorialnya. Dan akan aku coba dan akan aku bagikan pengetahuan yang ada di buku itu untuk anak-anak asuhku di Circle of Happiness. Sesuatu yang tak terduga, hadiah yang menyentuh kalbuku sampai sel-sel hatiku. Memberikan kesan yang tak akan pernah aku lupakan. Hadiah tak terduga dari Adit, anakku yang sehari-hari terlihat cuek, acuh tak acuh,diam tak banyak bicara. Tapi dia tahu apa yang diinginkan ibunya. Sungguh hadiah yang tak terduga dan istimewa. Mama rindu denganmu anakku, Adit....
 


58 komentar:

Tarry KittyHolic mengatakan...

Ikutan terharu bacanya. Bener2 surprise ya mabak :)

Eva Arlini mengatakan...

senangnya mak dapat hadiah dari anak tercinta :)

Leyla Hana Menulis mengatakan...

Jadi begini perasaan ibu yg dikasih hadiah oleh anaknya. Harus sering kasih hadiah ke ibu mertua nih hehe..

Mugniar mengatakan...

Indahnyaaaaaa :')

Sukaa membaca jalinan perasaan ibu dan anak2-nya ini. Pengen jg seperti itu: ketika tidak mengharapkan, anak2 memberi kejutan manis.

Yang suka memberi hadiah2 kecil itu anak saya yang nomor 2, Mbak. Suka gambar2 sederhana dan menulis kata2 cinta. Indah deh rasanya. Si sulung anaknya tidak suka seperti itu. Bentuk perhatiannya lain lagi.

Mudah2an sampai besar mereka bisa tulus sama sama kayak anak Mbak Tira.

Terkesan sama yang ini juga:

Sebagai murid dulu, aku wajib belajar sungguh-sungguh. Jadi saat aku bisa meraih pencapaian nilai tertiggipun aku tak mengharapkan hadiah dari orangtua. Bahkan di hari istimewa ulang tahun, aku juga tak terbiasa diberi hadiah. Aku cukup bahagia dengan acara makan bersama keluarga saat hari-hari istimewa aku.

Waah, pantesan, anak2nya begitu berbudi Mbak .. barakallah. Semoga berkah dunia-akhirat.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Tarry, suprise tak menyangka banget

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Eva sangat senang bahkan terharu

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Leyla, aku terharu krn itu anak cuek banget, kl aku kanegn dan telp dia jawabnya juga acuh sekali kaya gak kangen dg ibunya. Makanya tak terduga dia ngasih hadiah yang benar aku banget, jadi terharu

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mbak Niar. Betul aku selalu bilang ke anak2 jangan pernah mengharapkan hadiah kalau itu merupakan kewajibanmu. Paing ya itu aku ajak makan bersama, itu nikmat banget . Terasa kalau anak sudah berjauhan... apalagi sama yg kerja susah tuk bisa kumpul

Susan Lolo Bua mengatakan...

halo Mak,

terharu bacanya, di awal paragraph itu mengena sedikit ke saya, jika ada hari istimewa dalam hdup tidak berani mengharapkan hadiah2, tapi terkadang ada kejutan,dan ia nya akan sangat memberi kesan yang berbeda.

Levina Mandalagiri mengatakan...

Dapat hadiah dari anak-anak atau diingat sama anak-anak walaupun tidak seberapa, senangnya minta ampun ya Mbak. Padahal misal cuma ternyata anak-anak diam-diam memperhatikan apa kesukaan ibunya, pelukan, ucapan sayang, dll.
Duh, jadi inget Mamahku, perasaan saya belum jadi anak yang berbakti. Hiks.

Ruli retno mengatakan...

So sweet... anak memang paling tau perasaan ibunya.. dan paling tau cara bikin ibunya mewek dan baper hehe

Aireni Biroe mengatakan...

Meski terkesan acuh tak acuh, pendiam, tapi sukses bikin ibunya meleleh ya, Mbak :D

Pengobatan infeksi ginjal mengatakan...

terharu

Anisa Ae mengatakan...

Duuuh rasanya sesuatu banget ya dapat kado dari buah hati. :)

Cumilebay MazToro mengatakan...

Orang tua ngak butuh apa2 dari anak nya, tapi kalo ada yg memberi pasti bikin meleleh hahaha

Kanianingsih mengatakan...

hiks, ko saya jadi bayangin nanti anak saya udah besar ya mak. Semoga anak saya juga jd anak yg pengertian seperti anaknya mak Tira. ga perlu berupa materi namun jadi anak soleh juga udah lebih dari cukup

Ria Rochma mengatakan...

Haaaaa.. Bukunya bikin mupeng, mak...

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Susan krn kado bukan hal yg biasa , makanya dapat ahdiah jadi kejutan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Levina, itu anak cuek tapi kok ya memperhatikan kesukaan ibunya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ruli, sampai mewek dan baper deh

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Aireni, mewek habis

Tira Soekardi mengatakan...

pengobatan infeksi ginjal, makasih

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Anisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya Maz Toro, asal anak baik dan berbakti , ortu tak mengharapkan apa2

Tira Soekardi mengatakan...

amin, mak Kania, semoga anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah

Tira Soekardi mengatakan...

bagus mbak Ria, cuma di cirebon masih susah cari paper craftnya

Retno mengatakan...

Ternyata bulan lahir kita sama bun... saya juga tidak pernah mengharapkan hadiah...tapi kalau ada yang ngasih ya mau hehehhe

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 pices? nah itu dia karena gak pernah mengharapkan hadiah, jadi dapat hadiah bikin terkejut

Grace Melia mengatakan...

So sweet sekali Mas Adit. Buku nya baguuusss, Mak ^^

Nova Violita mengatakan...

Blognya bagus banget... kayanya baru pertama mampir..he2. semoga GAnya menang ya...

Irawati Hamid mengatakan...

so sweet banget mendengar cerita anak laki-laki yang memberikan hadiah pada ibunya :)
rasanya lebih romantis dari diberi hadiah oleh suami :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Garce bukunya buku impor dan ada tutorialnya, keren

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Nova

Tira Soekardi mengatakan...

ha, ha, gitu ya mbak Irawati. Tapi pokoknya bikin terharu

Primastuti Satrianto mengatakan...

Pasti bahagia rasanya mendapat hadiah dari anak ya mba..

nurul iman mengatakan...

Wah kayanya senang banget nih yang dapat hadiah.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Prima bahagia dan terharu

Tira Soekardi mengatakan...

yup mbak Nurul, lebih ke terharu

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Alhamdulilaah. bahagia tentunya yaa, mba. mendapat hadiah yang luar biasa dari anak :)

Suciati Cristina mengatakan...

Surprise yaa mba, klo ternyata org yg cuek, ngga banyak bicara tapi sebetulnya dia care bgt...apalagi anak yg udah gede, terasa kangennya dari tulisan mba ^^

Helena mengatakan...

Anak cowok perhatian ke ibunya. Ikut meleleh bacanya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Alida tak menyangka dia tahu kesukaan ibunya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Suciati, memang kangen karena jarang ketemu, jarak yang memisahkan kita

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Helena, dia sehari2 nya gak banyak omong tapi ternyata dia sangat memperhatikan

Budy | www.travellingaddict.com mengatakan...

so sweet banget mba...

Efi Fitriyyah mengatakan...

Aih,so sweet banget kejutannya,Mbak. Senangnya :)

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas Budy

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Efi tak pernah menyangka

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Jadi pengen kasih kejutan buat Ibu, habis baca postingan ini

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak Liswanti, sok atuh. Janagn sampai ketahuan

eva sri rahayu mengatakan...

So sweet banget anaknya, Mbak ^_^

Tira Soekardi mengatakan...

ha, ha, padahal anakku itu cuek banget mbak Eva

angkisland mengatakan...

wah sukses ya mah buat GA nya mantap dah....

indah nuria Savitri mengatakan...

I love that kind of book. And the craft as well..pasti banyak kenangan indah yang bisa tersimpan dengan baik ya mba

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas Angki

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Indah. Hanya sayangnya di cirebon masih susah cari paper craft untuk bikin seperti di buku itu. jadi pakai kertas origami yg warnanya juga gak ada yang soft

Tri Wahyuni Zuhri mengatakan...

Hadiah bukunya cantik sekali mba. Ikut terharu membaca ini. Sungguh anak yang perhatian ya mba

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak, walau terlihat cuek tapi perhatian sama mamanya mbak Yuni

Posting Komentar