Kamis, 06 Oktober 2016

Kuta Lombok Yang Tak Kalah Indah





Kuta bukan saja ada di Bali, di Lombokpun ada pantai Kuta. Banyak  orang yang hanya tahu kalau pantai Kuta ada di Bali. Pantai Kuta ini terletak di desa Kuta, kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.   Garis pantai yang panjang begitu memukau. Dan di sebelah baratnya terdapat bukit Mandalika. Bukit ini bernama Mandalika berasal dari nama putri Mandalika. Putri Mandalika ini melompat dari bukit ini karena ia bingung memilih pria yang datang melamarnya. Makanya bukit ini diberi nama sama denagn nama putri. Nah, dari bukit inilah akan terlihat pemandangan yang menakjubkan keindahan pantai Kuta dari atas bukit.




Air laut yang jernih memantulkan sinar matahari terlihat seperti percikan cahaya yang indah. Dengan pasir putih yang terhampar luas. Pasirnya unik  bukan berupa butiran halus tapi berupa butiran sebesar butiran merica. Jadi terasa agak kasar kalau kita berjalan tanpa alas kaki. Karena unik, aku menaruh pasir di botol aqua untuk dibawa pulang. Pantai Kuta ini cenderung masih sepi tidak seperti di Bali, sehingga menyusuri pantai Kuta serasa punya pantai sendiri. Di sekitarnya juga terdapat penjual pernak-pernik khas Lombok. Hanya saja disayangkan penjualnya sering agak memaksa untuk membeli. Sehingga kadang ada rasa tak nyaman saja. Apalagi kalau sudah dikerumin banyak penjual, itu gak nyaman sekali.




Di pantai ini setiap tahunnya di sekiatr bulan Februari ada upacara bau nyale.Paling enak kalau bisa berkunjung ke pantai ini saat ada upacara ini. Pada saat upacara ini masarakat mencari cacing nyale di laut, karena pada saat itu cacing itu banyak keluar dari permukaan sehingga mudah untuk diambil. Menurut cerita dulu ada putri cantik berambut panjang yang bernama Mandalika. Saking cantiknya banyak yang melamarnya membuatnya bingung untuk memilih sehingga ia terjun ke laut. Menurut cerita lagi rambut putri itu menjelma menjadi cacing /nyale. Untuk memperingati  dan menanti kedatangan putri ini diadakanlah upacara nyale ini. Masarakat sana juga meyakini pasir yang berbentuk merica ini adalah s arang dari nyale.




Hamparan laut yang membiru dengan pasir yang berbentuk merica dan tempat yang tak terlalu ramai, akan menyenangkan. Mau bermain pasir , atau hanya sekedar jalan-jalan tak perlu berdesakan. Dan di pantai ini serasa pantai ini milik pribadi. Puas berjalan-jalan , di seberang pantai ini banyak restoran yang menyediakan kuliner khas lombok. Mulai dari ayam taliwang sampai plecing kangkung bisa dinikmati sambil mendengarkan suara ombak dari kejauhan. Dan ke pantai Kuta ini sungguh memberikan kesan tersendiri. Pasirnya yang unik akan selalu mengingatkan kita pernah berada di pantai ini. Terik matahari tak begitu dirasakan bila kita bandingkan dengan indahnya pantai ini. Jadi yang belum menikmtai keidahan pantai Kuta ini, berkunjunglah dan nikmati pantai ini . Apapun yang dilakukan akan memberikan kesenangan tersendiri karena tak perlu berdesak-desakan dengan orang lain.
Pantai Kuta Lombok, ....... hamparan birumu akan selalu teringat dalam memoriku...Angin yang bertiup menerpa pipiku memberikan kesejukan di pantai ini dan tersimpan rapi di hati.



59 komentar:

Kurnia amelia mengatakan...

Ya Allah...viewnya bagus banget, semoga bisa kesana.

Kanianingsih mengatakan...

Pasirnya putiiiih, bagus!

Iden Wildensyah mengatakan...

Seru sekali jalan-jalannya :)

Awan mengatakan...

Duuuh seru bangat Mba Tira jalan-jalan ke lombok, mupeng saya mupeng, pantainya indah bangat hehehehe

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Subhanallah indah banget ini mba. Jadi pegen banget jalan-jalan kesana. Kapan ya?

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Subhanallah indah banget ini mba. Jadi pegen banget jalan-jalan kesana. Kapan ya?

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

pasirnya bulet2 mbak Kania kayak merica jadi kalau jalan gak pakai sepatu terasa kasar

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas iden

Tira Soekardi mengatakan...

yuk atuh ke sana mas awan

Tira Soekardi mengatakan...

mangga mbak Liswanti, ini pantai indah , sepi dan serasa milik sendiri

riawani elyta mengatakan...

Lombok memang udah cukup terkenal ya...pantainya juga nggak kalah dgn di bali

Neisia Larasati mengatakan...

Ini masih sepi kayaknya ya mba, enak banget jalan-jalannya berasa pulau milik sendiri hihi

Ummi Nadliroh mengatakan...

Ada bukit Mandalika juga. Saya jadi ingat kalau di pantai daerah Jepara ada juga yg namanya Pulau Mondoliko. Ada hubungannya gak ya?

roswithajassin mengatakan...

bagus bangettt mbaa..

Rahma mengatakan...

Lombok menurut saya sih sama indahnya dengan Bali *padahal belum pernah ke bali atopun lombok*, poin plusnya, masih banyak tempat sepi kaya gini... mudah2an bisa berkunjung ke lombok.. xD

Ade Anita mengatakan...

ini salah satu wishlist ku yang masih aku simpan di bucket list: pergi ke lombok. entah deh bisa kesana kapan.

Efi Fitriyyah mengatakan...

Pantainya indah sekali, ya, Mbak. Anyway Mandalika ini termasuk dari kampanye destinasi wisata halal Indonesia. Semoga keindahannya tetap terjaga.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Riawani dan masih sepi dan lega buat main sepuasnya

Tira Soekardi mengatakan...

ih betul mbak larasati

Tira Soekardi mengatakan...

mbak ummi apa di pulau itu juga ada legenda perempuan acntik berambut panjang yang bingung karena banyak pangeran yang melamar juga???

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak roswitta

Tira Soekardi mengatakan...

he, he, mbak rahma, dan amsih banayk keindahan yang tersembunyi

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an mbak ade bisa ke sana bersama keluarga pasti baca cerita mbak ade selalu seru

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak efi semoga semua bisa menjaga alam dengan baik agar tetap indah

Diah Indriastuti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rita dewi mengatakan...

Tak kalah indah dengan kuta yg di Bali😊 dan serunya lagi karena tempatnya msh lumayan sepi ya...

Diah Indriastuti mengatakan...

Indahnya kuta lombok tak kalah dengan kuta bali ya mbak

Semoet kepleset komen jadimkuta bali, familiarnya kuta ya di bali soalnya hihi

Salam kenal mbak

angkisland mengatakan...

wah mantap mah hehe, lombok emang amazing dah...

sandra hamidah mengatakan...

Gak kuat pengen babymoon ke Lombok heheu semoga ada rezekinya aamiin, makasih bu sharingnya

Budy TravellingAddict mengatakan...

wah serunya jalan2 ke Lombok...

Kemas Rayhan mengatakan...

Subhanallah, kyknya lombok memang banyak bgt pemandangan bagusnya

Elnienesia Meirinza Putri Dewa mengatakan...

Wah... seru banget mbak Tira liburannya.... aku udah pernah ke Lombok tapi belum pernah ke pantai Kuta. One day ah....

Salam kenal ^ ^
BEAUTY | WWW.NONAHITAMPAHIT.CO

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak rita

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Diah, bahkan di kota mataram saja masih banyak sawah

Tira Soekardi mengatakan...

main ke sana mas Angki pastinay fotomu lebih bagus

Tira Soekardi mengatakan...

mbak sandra, yuk atuh enak di sana masih sepi jadi leluasa gak crowed banget

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas budi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas kemas banyak yang indah dan belum dieksplore banyak orang

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak putri memang masih banyak wisata di lombok , aku juga gak begitu banyak yang bisa dilihat

Eri Udiyawati mengatakan...

Jadi semakin pengen ke Lombok *_* pengen mandi pasir di situ tuuuh..

Martin Eko Setiawan mengatakan...

Lombok memang keren

Hairi Yanti mengatakan...

Pengiiiin banget ke Lombok. Semoga kesampaian..

Hairi Yanti mengatakan...

Pengiiiin banget ke Lombok. Semoga kesampaian..

Doli Nafati Tela mengatakan...

Waaa mba kmaren belum ada seminggu saya kesana jugaa hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

mbak eri pasir di sini kasar kayak merica jadi kurang enak buat gugulingan di pasir

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas martin

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak hairi

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik dong mbak doli

Nur Islah mengatakan...

Coba semua pantai sebersih ini ya

Leyla mengatakan...

Lebih bersih ya daripada pantai Kuta di Bali. semoga diberi kesempatan ke sini.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak nur apa mungkin karena amsih sepi ya gak ada sampah??? karena aku lihat gak ada sarana tempat sampah juga di sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Leyla semoga tetap bersih

muti mimut mengatakan...

pantai Kuta di Lombok lebih indah dan bersih ya dibanding yang di Bali

Tira Soekardi mengatakan...

mbka muti mungkin karena pengunjungnya masih sedikit ya karena di sana gak ada sarana untuk buang sampah

Irly - mengatakan...

Ahh.. pasir putihnya bikin rindu main ke pantaii.. ^^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Irly tapi ini pasirnya terasa kaasar karena kayak merica

Oyong Ilham mengatakan...

memang lombok salah satu objek wisata yg cukup menarik untuk dikunjungi.......

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas oyong

Posting Komentar