Kamis, 29 September 2016



Propinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan propinsi Jawa Barat di sebelah barat , dengan propinsi Jawa Timur di sebelah timur dan daerah istimewa Jogjakarta di sebelah selatan. Alamnya berupa dataran rendah dan dataran tinggi yang punya pesona tersendiri. Kontur permukaan tanahnya membuat banyak keindahan alam terutama di dataran tingginya.  Keindahan yang tak kalah mempesona dengan daerah lainnya, bahkan banyak alam yang membuat mata tak pernah berkedip melihat panorama yang indah. Salah satunya di dataran tinggi Dieng. Di sana pesona alamnya begitu menakjubkan. Kita bisa mengagumi betapa besar ciptaaan Allah atas keindahan yang tak terperikan ini. Kita bisa menikmati keindahan alam dengan hanya memandanag alam yang mempesona. Sayang keindahan ini untuk dilewati begitu saja.

Beberapa kiendahan yang terdapat di dataran tinggi Dieng adalah

Telaga warna

 Gambar dari sini

Telaga warna ini masuk ke dalam wilayah Dieng wetan kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Danau ini paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena letaknya startegis dan dekat dengan objek wisata lainnya dan punya keunikan tersendiri. Keunikannya adalah warna dari danau ini kadang berubah sewaktu-waktu dengan dominasi warna hijau kebiruan dan putih sebagai pantulan dari belerang yang ada di dalam danau. Mata kita akan dimanjakan oleh keindahan alam yang ada di sekitar danau yang hijau dan asri. Konon menurut cerita kalau telaga warna ini tempat mandinya Dewi Nawang Wulan (7 bidadari) Dan tempat ini juga digunakan untuk  tempat pembentukan karakter manusia. Yang terpancar dari lima warna telaga  yang melambangkan lima unsur manusia yang disebut dengan  Sedulur Papat Kalima Pancer yang mempunyai arti kalau manusia terlahir dari kandungan ibu yang akan menjalani kehidupan yang intinya kita harus mengingat kepada Allah dan menghormati ibu dan hidup di lingkungan  menurut ajaran agama. Di sana kita bisa duduk-duduk atau jalan mengitari telaga sambil menikmati kesejukan dan alam yang indah.

Bukit Sikunir

 Gambar dari sini

Untuk pendakian ke bukit Sikunir, bukit yang kecil ini dimulai dari desa tertinggi di pulau Jawa desa Sembungan. Ini awal mulai untuk pendakian untuk melihat pergantian waktu dan melihat keindahan sunrise dari sana. Bukit Sikunir dengan ketinggian 2263 mdpl. Dari atas bukit ini akan menyaksikan keindahan yang tiada tara dari mentari yang muncul dengan warna keemasan yang memukau.Pengalaman di sana akan menjadi pengalaman yang menakjubak akan kebesaran Allah. Mentari dengan semburat keemasannya bakal memukau mata siapaun yang  melihatnya. Dan perasaan akan campur aduk merasakan betapa perubahan warna dari gelap menjadi terang itu membuat sekujur tubuh akan merasakan ketakjuban. Jadi tak ada salahnya untuk mendaki bukit Sikunir ini untuk melihat keindahan yang tak terlupakan.

Kawah Sikidang

 Gambar dari sini

 Kawah ini merupakan cekungan  yang berisi kawah akibat aktivitas dari gunung berapi yang terdapat di Dieng. Kawah ini terhampar di permukaan yang datar sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas kepulan asap yang keluar dari kawah. Walaupun bisa melihat dari dekat kita juga berhak hati-hati karena kandungan belerang yang tinggi. Makanya dibangun pagar yang mengelilingi kawah. Dan memakai masker sangat dianjurkan saat berkunjung ke kawah ini. Sebetulnya masih banyak kawah di sana tapi yang jelas terlihat adalah kawah Sikidang ini Menurut cerita terdapat legenda dari kawah ini yang berhubungan dengan  kondisi anak-anak Dieng yang berambut gimbal.

Candi Arjuna.


 Gambar dari sini

 Komplek candi Arjuna ini terletak di daerah Dieng kulon, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara. Dengan luas hampir satu hektar terdapat banyak candi di sana seperti  candi Arjuna, candi Semar,candi Srikandi, candi Puntadewa, dan candi Sembadra. Candi ini digunakan untuk tempat berdoa kecuali candi Semar. Dari keempat sandi ini dibangun di tahun yang berbeda bisa dilihat dari bangunannya. Mempunyai ornamen yang sama di setiap bangunannya seperti adanya penil,kala,makara,jalatmara,istadewata,antefik, dan diksa. Candi Arjuna,Puntadewa dan Sembadra diguanakan untuk menyembah  dewa Syiwa sedangkan candi Srikandi digunakan untuk menyembah dewa trimurti (tiga dewa) yaitu dewa Wisnu, Brahma dan Syiwa. Dengan melihat candi-candi ini kita bisa melihat ke belakang saat masarakat dulu menganut agama hindu dan sampai sekarang juga masih ada yang menganut agama hindu di sini.

Empat waisata di Dieng ini mewakili keindahan yang terpancar dari dataran tinggi Dieng. Juga mewakili keindahan alam di Jawa Tenagh, jadi berikan waktu sedikit di saat liburan untuk bisa berkunjung ke sini. Walau ini hanya sebagian keindahan alam di Dieng. Untuk melihat panorama yang menyejukan mata, mempesoan dan menaggungkan nama Allah saking indahnya. Belum lagi dari sini bisa menikmati juga kuliner asli Dieng dan membawa oleh-oleh makanan khas daerah Dieng. Jadi tunggu apa lagi, datanglah , nikmatilah alam yang mempesona dai dataran tinggi Dieng ini. Keindahannya mewakili banyak  keindahan di Jawa Tengah.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah 

67 komentar:

Siti Mudrikah mengatakan...

Aku langsung melting liat view nya

Lidha Maul mengatakan...

Alhamdulillah sudah pernah kesini ^^
Semoga berjaya tulisannya sebagai pemenang mbak :)

agi pranoto mengatakan...

dieng emang selalu bikin kangen, terutama cuacanya, orang-orangnya dan suasananya.
semoga menang! all the best!

Ria M Fasha mengatakan...

pengen banget kesini
pemandangannya keren

no la mengatakan...

Selalu pengen liat sunrise di daerah Dieng.. Oke nih postingannya buat bahan itinerary.. :D

Doli Nafati Tela mengatakan...

Dieng, oke fix wajib kesana!

Ipeh Alena mengatakan...

Kepengen liat Sikunir.....tapi kepengen juga ke tempat yang lainnya huhuhu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Siti terutama telaga warna dan bukit sikunir ya

Tira Soekardi mengatakan...

indah ya mbak Lidha aku sudah beberapa kali ke sana tapi saat masih sekolah, wih lama banget ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Agi selalu indah

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Ria mampir ke sini, telaganya dong bikin asyik duduk di sana bakal betah

Tira Soekardi mengatakan...

no la, aku belum ke bukit sikunir katanya indah banget sunrisenya. tapi gak kalah asyik di telaga warnanya

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mas doli ke sana, pasti gak nyesel

Tira Soekardi mengatakan...

dari semua yang aku tulis mbak ipeh, ke bukit sikunir saja yang aku belum, soalnya aku ke sini saat masih sekolah dan gak sempet dong naik ke bukit, tapi katanya indah banget di sana

Fika mengatakan...

Suka ke Jogja tapi selalu gagal ke Dieng. Yang kusuka dieng juga sering mengadakan festival yang menarik wisatawan :D

Mirwan Choky mengatakan...

Sunsetnya keren yah.

Rotun DF mengatakan...

Aku yang orang asli Jawa Tengah malah belum pernah ke sini Mba, hiks.
Sekarang malah tinggalnya jauh banget di Sulawesi. Jadi kangen pulang :(

Nita Lana Faera mengatakan...

Dieng selain cantik, sejuk pula ya. Makanya banyak yg senang ke sana. Good luck, mba :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Fika

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas mirwan , keren ya, betapa indahnya perubahan langit

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak rotun malah aku penasaran dengan alam sulawesi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lita, aku sudah dua kali ke sana tapi masih saja mau ke sana.

evrinasp mengatakan...

dieng memang indah, sayangnya waktu itu aku eksplorasinya kurang lama

Tanti Amelia mengatakan...

Subhanaallaaah... mbak aku.jadi mupeng liat sunsetnya

Yuk kita ke sana, Indonesia is soooo beautiful country with alots of beautiful island!

Tanti Amelia mengatakan...

Subhanaallaaah... mbak aku.jadi mupeng liat sunsetnya

Yuk kita ke sana, Indonesia is soooo beautiful country with alots of beautiful island!

Kanianingsih mengatakan...

Mudah-Mudahan terlaksana mengunjungi destinasi di atas ya mba :)

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Dari dulu, pengen rasanya bisa menikmati keindahan telaga warna. Berharap ketemu bidadari #eh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Tanti, indonesia memang cantik

Tira Soekardi mengatakan...

sudah pernah mbak kania swaktu sekolah, kalau ada kesempatan mau lagi apalagi bukit sikunir

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak evrinasp

Tira Soekardi mengatakan...

hiii, jangan mbak nurul, iya kalau bidadari cantik kalau yang keluar kunti

Ira duniabiza mengatakan...

Wah dieng ini memang eksotis banget ya mba. Sering baca juga selain keindahan alam di dieng juga kultur dan budayanya masih apik sehingga cocok juga buat wisata budaya. Duh jadi kepengen main ke sini.

sandra hamidah mengatakan...

Insya alloh next honeymoon kesiniii heheh

Kurnia amelia mengatakan...

Ya Allah..viewnya bagus banget, semoga bisa kesana.

Evi mengatakan...

Dieng tak terkatakan indahnya. Satu lagi yang saya sukai dari tempat ini adalah hamparan kebun sayurnya Dan Ladang kentang. Dataran ini jadi hamparan hijau :)

Winda Carmelita mengatakan...

Ke Dieng waktu masih umur 4-5 tahun, jadi belum begitu ngerti. Begitu gede ini, pengen ke sana lagi. Karena ada satu band indie yang kusuka, mereka rutin mengadakan private gigs di Dieng. Kebayang romantisnya :)

Riski Ringan mengatakan...

Aku sebenernya pengen ke Dieng waktu embunnya bukan air tapi es. Bulan September atau November ya, aku lupa.

Neisia Larasati mengatakan...

Dieng masuk bucket list salah satu tempat yang wajib dikunjungi pokoknya..

cewe alpukat mengatakan...

Belum pernah ke Dieng, cantikk banget fotonya, Mbakkk, gemass pengen ke sana

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Di Sikunir pagi-pagi itu luar biasa pemandangannya :)

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku belum pernah ke Dieng padahal pengen banget. Panoramanya luar biasa :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ira, alamnya juga indah , liha perkebunan dan ladang yang hijau

Tira Soekardi mengatakan...

ok mbak sandra, asyik buat honeyymoon

Tira Soekardi mengatakan...

bagus ya mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak evi, kebun dan ladangnya itu hijau royo2

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak winda , datang deh gak rugi

Tira Soekardi mengatakan...

ok mbak larasati

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak riski

Tira Soekardi mengatakan...

cewek alpuket, iya indah ya , suka lihatnya

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia pak akhmad, aku belum ke bukit sikunir, kalau sekarang aku masih kuat nanjak gak ya

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Alida pastinya bakal suka

citra pandiangan mengatakan...

Aku belum pernah kesini... pemandangannya sangat indah dan menarik ya. Mudahan suatu saat. Bisa berkunjung kesana.... melihat berbagai keindahan alam yang tersembunyi

Irmasenja mengatakan...

Huaaaaaaa pengen ke Dieeng jg makkkk *_*

Keke Naima mengatakan...

Saya belum puas mengunjungi Dieng. Karena gak cukup kalau cuma sehari di Dieng. Banyak yang bagus tempatnya :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak citra indah sekali

Tira Soekardi mengatakan...

yuk atuh mak irma

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Keke, terlalu banyak yang harus dikunjungi memang bagusnya nginep ya

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Ada ojek juga kok, Bu :)

Richo A. Nogroho mengatakan...

Wow telaganya bagus banget, oh juga ada kisah di masyarakat gitu mbak. Tapi apa telaga itu bebas untuk mandi2 pengunjung yah mbak, barangkali mau mencarkan lima karakter juga, hhe

Tira Soekardi mengatakan...

wah betul ada ojeg pak Akhmad? enak ya, wah artinya ini hrd jadi daftar tunggu travelingku

Tira Soekardi mengatakan...

wah gak athu ya mas Richo, kok gak lihat ada yang mandi2 di sana

Kurnia amelia mengatakan...

Pemandanganya indah banget aku belum pernah kesana huhu.

Tira Soekardi mengatakan...

iya sangat indah. aku suka telaganya, bsia juga disebut telaga sunyi hanya suara angin dan gesekan daun yang terdengar

Oyong Ilham mengatakan...

saya sangat suka dgn sunshetnya ... begitu damai

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas oyong

Levina mengatakan...

Aku pernah ke sini Mbak. Keren banget pemandangannya...

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak levina

Posting Komentar