Kamis, 18 Mei 2017

Umroh (2 ): City Tour Mekah





Dalam cerita sebelumnya tentang prosesi umroh di sini , aku menceritakan akan menuliskan tentang city tour di Mekkah. Ini salah satu itenary dari program umroh dari travel biro yang aku pakai. Kalau aku lihat sepintas kota Mekkah, kota yang dikelilingi gunung batu dan gurun pasir. Gak ada tumbuhan yang tumbuh subur di sana. Aku sendiri merasa bahagia tinggal di Indonesia dengan alam yang subur dengan pepohonan yang rindang. Melihat kota Mekkah yang gersang, panas (aku umroh pada bulan Maret yang cuacanya sangat bersahabat karena suhu pada siang hari di sekitar 35-37 C saja) mata rasanya perih lihat cuaca yang terik. Membayangkan kalau suhu lebih panas saat pada musim panas. Nah , untuk city tour ini tempat yang kita tuju adalah


  • 1.      Mina. Mina , lembah di padang pasir dan terletak  5 km sebelah timur kota Mekkah. Dikenal dengan kota tenda karena banyak tenda yang digunakan untuk jemaah haji. Tenda ini tetap didirikan dan hanya terisi saat musim haji. Dan juga dikenal tempat untuk melempar  jumrah . Didatangi oleh jemaah haji sehari sebelum wukuf di padang Arafah dan hanya tingal sehari saja di sini. Jemaah akan berangkat ke padang Arafah dan akan kembali lagi ke Mina setelah wukuf karena akan melakukan prosesi lempar jumrah. Di Mina juga tempat pemotongan hewan kurban karena di sana terdapat tempat saat nabi Ibrahim hendak mengurbankan anaknya Ismail.
  •  

  • 2.      Arafah. Padang pasir yang ada di sebelah timur Mekkah sejauh 25 km. Padang pasir yang dikelilingi oleh gunung batu yang berbentuk setengah lingkaran. Di sinilah jemaah haji melakukan wukuf. Wukuf adalah puncak ibadah haji yang harus dilakukan di padang Arafah dan pada tanggal 9 Dzulhijah.
  •  
     
  • 3.      Jabal Rahmah. Di padang Arafah ini ada bukit batu yang di bagian atasnya terdapat tugu putih. Tugu putih ini dibangun untuk menandai adanya pertemuan kembali antara nabi Adam dan nabi Hawa yang telah terpisahkan selama 200 tahun. Rahmah memiliki arti  kasih sayang. Tinggi bukit ini hanya 70 meter dan bisa dilewati dengan naik tangga . Berhubung waktu itu harus bersegera karena akan melakukan prosesi umroh yang  kedua sehingga tidak sempat naik sampai ke atas. Katanya dari atas kita bisa memandang  padang Arafah . Dan di sini juga Nabi Muhammad mendapatkan wahyu terakhir  sebagai penyempurna ajaran Islam. Bagi yang belum punya jodoh, berdoa di sana akan cepat terkabulkan.
  •  
  •   
 

  • 4.      Jabal Tsur dan Jabal Nur. Tempat yang bersejarah dan banyak dikunjungi oleh banyak orang. Tapi rombongan hanya melewati saja, karena ke sana membutuhkan waktu yang lama.  Jabal Nur ini terletak 6 km dari Masijil Haram. Dimana di puncak terdapat Gua Hira tempat Nabi Muhammad menerima wahyu yang pertama. Jabal Nur ini punya ketinggian 2500 kaki. Sedangkan Jabal Tsur  gunung batu setinggi 458 meter yang berada di sebelah selatan kota Mekah. Gua Tsur terdapat di puncak  Jabal Tsur . Dimana di gua ini Nabi Muhammad dan Abu Bakar Shiddeq tempat mereka bersembunyi selama tiga hari dari kejaran kaum kafir Quraisy saat hijrah ke Madinah.  Mengunjungi dua gunung batu ini tak termasuk rukun haji. Tapi bila ingin mengunjungi juga bisa walau ke sana tidaklah mudah karena medan  yang berat.


Begitulah City Tour Mekkah di hari kedua. Melihat Mina, Padang Arafah , membayangkan jemaah haji seluruh dunia berada di sana dalam waktu yang bersamaan. Tunggu lagi cerita perjalanan menuju Madinah. 

39 komentar:

Leyla Hana mengatakan...

Barokallah, Mamah Tira, sudah menjejak di tanah para nabi. Semoga saya bisa menyusul ke sana juga.

herva yulyanti mengatakan...

Barakallah ibu semoga aku bisa nyusul kesana aamiin 🙏🏻

Fiberti mengatakan...

Tanah bersejarah yang pesonanya tidak pernah hilang. Jadi membayangkan. Trms sharingnya mba

Bee Balqis Blog mengatakan...

Barakallah mamahtira untuk perjalanan umroh nya. Baca perjalanannya aja saya sudah senang, apalagi kalau langsung kesana. Semoga saya bisa segera menyusul. Aamiin

Tira Soekardi mengatakan...

semoga mbak leyla

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak herva

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak fiberti melihat jabal tsur, aku membayangkan nabi naik ke gua hira , jaaknya terjal dg bebatuan dan terik mentari

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak balqis

Ivonie Zahra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ivonie Zahra mengatakan...

Barakallahu mbak, duh saya yang baca ikut terharu mbk Tira sudah sampai sana.
Semoga suatu saat sy bisa ngerasain hal yg sama ya mbak aamiin.
Btw, salam kenal ya mbak

Keke Naima mengatakan...

Semoga suatu saat saya bisa ke sana. aamiin

sari widiarti mengatakan...

suhunya nggak terlalu menyengat ya, jadi nggak takut kena dehidrasi atau apa :)

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Baca ini semakin pengen umrah mba

Tira Soekardi mengatakan...

salam kenal kembali mbak ivonie

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak keke

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sari, kalau mau nyaman dan gak terlalu panas datang sekitar bln maret atau april

Tira Soekardi mengatakan...

wah bakal mengahrukan kalau kita ke sana mbak liswanti

Dudi Rustandi mengatakan...

Subhanallah teh, mimpi saya ke sana..

Pritahw mengatakan...

Ya Allah , semoga dgn baca tulisan mbak Tira ,adi doa buat nyusul kesana, amiennn^^ Banyak hikmah ya mbak city tour disana :)

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an bsia ke sana ya mas dudi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak prita shg kiat bisa tahu cetiat tentang nabi, tempat2 bersejarah

Kurnia amelia mengatakan...

Kalau lihat suasana Mekah rasanya haru bangett dan kepongin banget bisa kesana.

Eri Udiyawati mengatakan...

Barakallah, Mba Tira. Alhamdulillah sudah beribadah di tanah suci.

Semoga yg belum ke sana, bisa ke sana seperti Mba Tira..

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Ya Allah setiap kali lihat ini jadi rindu lagi mba

Fanny f nila mengatakan...

Aku ga sabar ke sana 2018 nanti :).. Semoga g ada halangan.. Ditunggu cerita lainnya ttg tanah suci mba

Vika Hamidah mengatakan...

Subhanallah mba.. Doakan ya mba biar saya bisa nyusul ya kaya mba... Tenang sepertinya disana menghadap ilahi..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia , krn banyak sejarahnay di sana jadi suak apalagi banyak cerita yg diberikan pemandunya bikin tambah banyak wawasan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk eri, serasa ajaib bisa melihat kemegahan masijil Haram dan city tour yang berguna buat meningkatkan wawasan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak alida, arsanya mau ke sana lagi ya

Tira Soekardi mengatakan...

wah iya mbak fanny

Tira Soekardi mengatakan...

semoga mbak vika

Evrinasp mengatakan...

Semoga cepat menyusul mbak Tira ke Mekkah juga. Aamiin

Dewi Rieka mengatakan...

Barakallah Mba, kangeen kesana, rasanya adem ayem ya

Astin Astanti mengatakan...

Kota-kota di Tanah suci banyak sekali sejarahnya ya Mbak. Alhamdulillah Mbak bisa mengunjunginya, doakan aku juga kepingin melihat Jabal Rahmah secara langsung, aaamin

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Semoga suatu hari bisa menyusul ya mb..
Tempat2 di tanah suci selalu meninggalkan kenangan yang tak terlupa.

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak evrinasp

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi

Tira Soekardi mengatakan...

nah iu dia mbak astin, sejarah bagiku sangat aku sukai, mknya saat city tour dan guide bercerita aku sih yang paling antusias

Tira Soekardi mengatakan...

iya bunda raka, selalu ngangenin

Posting Komentar