Kamis, 20 Juli 2017

Buka Bersama Ala Circle of Happiness






Kegiatan anak-anak Circle of Happiness di bulan puasa bulan kemarin adalah buka bersama. Ini kali pertama anak-anak melakukan buka puasa . Jadi minggu ketiga bulan puasa kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari , sekarang jadi dilakukan di sore hari selepas asar. Tunggu punya tunggu anak-anak belum pada datang sedangkan pendongeng yang datang dari Jakarta sudah datang. Ternyata banyak anak yang masih sulit dibangunkan dari tidur siangnya. Dan akhirnya kegiatan baru dilaksanakan jam empat sore . Karena sudah terlambat akhirnya kegiatan hanya ada satu kegiatan saja. Pembuatan kartu di skip dulu.



Kak Ale mulai mendongeng tapi sebelumnya ada permainan kata yang membutuhkan konsentrasi dari anak-anak. Setelah mendongeng , kak Ale memberikan banyak pertanyaan dengan hadiah bagi yang bisa memberikan jawaban yang tepat. Jam menunjukan tepat pukul lima sore. Akhirnya diadakan beberapa permainan yang bisa membuat anak-anak  tidak lemas. Permainan pertama adalah besar vs kecil. Saat pemandu mengucapkan kata besar , anak-anak harus menunjukan dengan tangannya tapi yang berlawanan. Jadi saat terucap kata besar , maka tangannya harus menunjukan kecil, begitu sebaliknya. Dan ternyata sangat sulit karena otak akan menyuruh tangan untuk menggerakan sesuai yang dipikirkan. Jadi saat ada kata besar, otak akan memroses dan tangan akan menunjukan besar tapi karena harus sebaliknya makan otak harus dengan cepat meresponnya . Akhirnya banyak yang melakukan kesalahan , tapi ini menjadi keseruannya. Permainan kedua adalah permainan mengambil anak. Jadi ada dua kelompok yang akan berbaris ke belakang . Orang yang terdepan harus menjaga agar kelompok lainnya tidak mengambil orang yang berada paling ujung belakang. Keseruannya sampai banyak anak yang terjatuh dan terinjak kakinya. Dan permainan terakhir adalah permainan minta anak.





Menunggu buka, ada beberapa pembagian hadiah. Hadiah berupa kenang-kenangan untuk anak kelas  6  yang sudah lulus yang akan berakhir berkegiatan di Circle of Happiness. Juga ada bingkisan hadiah untuk anak-anak yang lain sebagai hadiah lebaran. Dan kartu lebaran cantik buat anak-anak.  Anak-anak tampak berseri menerima hadiah. Saat mendekati magrib, teh manis hangat telah disediakan dan dibagi ke anak-anak beserta bubur candilnya.  Dan dilanjutkan dengan solat berjamaah bersama. Anak-anak mulai mengambil wudhu di beberapa tempat yang sudah ditunjuk. Setelah siap, solat berjamaah siap dilaksanakan dengan imamnya kak Rizal. Selesai solat mulai dengan bersalam-salaman. Dan sebelum pulang nasi ayam dibagikan satu persatu. Mereka pulang dengan rasa gembira dan akan menikmati liburan lebaran dan semester yang agak panjang.



  
Selesai sudah kegiatan buka bersama yang sederhana ini, tapi mudah-mudahan bisa menjadi pengalaman anak-anak juga. Semoga di tahun yang mendatang bisa terlaksana kembali dengan acara yang lebih seru tentunya.


28 komentar:

Nathalia DP mengatakan...

Nunggu buka puasa jd ga terasa, kalau acaranya seru gini

Reni Dwi astuti mengatakan...

Tahun ini saya nggak ada acara bukber bareng anak-anak... seru juga ya bukber bareng mereka

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nathalia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak reni seru sekali

Uwan Urwan mengatakan...

Hih seru banget kak. Maen di depan rumah pula... Jadi rame...

Ternyata bikin acara gak harus di tempat keren ya kak... Di halaman rumah pun jadi... Sederhana.. Bermanfaat

Rianda Prayoga mengatakan...

Kalo bnyak kegiatan gini, acara buka bersama menjadi bermanfaat. Di banding bukber tapi sibuk sama hp masing²

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak uwan, memang kegiatan setiap minggunya di garasi rumah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak rianda, memang kami berkegiatan dilarang bawa ponsel tp kebanyakan anak2 ini gak punya ponsel, maklum anak desa

Marita Ningtyas mengatakan...

Seru ya mbak acaranya. Bermanfaat dan berkesan banget pasti buat anak-anak :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak marita banyak bermanfaatnya

Adi Pradana mengatakan...

Bermain bersama anak2 membuat kita awet muda... Nice....

Keke Naima mengatakan...

Kalau acara ngabuburit seperti ini, anak-anak juga akan sennag dan gak merasa sedang berpuasa :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas adi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak keke, eh tahu2 sudah buka deh

Lusi mengatakan...

Bener2 happy ya anak2 disitu. Bener2 diurusin kegiatan positifnya, juga masih punya kenikmatan bobok siang :))

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lusi, anak2 harus gembira dan gak pegang gadget

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Cuma baca artikel aja, Saya sudah turut merasakan keseruan dan keakrabannya. Ank2 jd melakukan hal positif selama ramadhan

herva yulyanti mengatakan...

seru kegiatannya circle of halpines y bu jadi inget pas SD permainan yg ambil anak dan memang saat puasa biar ga kebanyakan tidur anak2 dibiarkan main aku jg dulu begitu mgabuburitnya diiringi kegiatan jd ga terasa deh mau buka 😁

Dewi Rieka mengatakan...

Seru banget mbaa, aku sering ngga ada ide kalo bocah ngumpul

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sie thi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak herva tahu2 sdh azan dan mereka teriak dg gembira

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi, harus putar otak buat kegiatan yang bikin anak gembira

Bee Balqis Blog mengatakan...

di foto senyum anak-anak benar-benar lepas senang ya. acaranya juga keliatan seru-seru apalagi ada hadiahnya, tambah semangat itu mah anak-anak hehehe.

Beautyasti1 mengatakan...

Itu semacam permainan apa ya mba minta anak ngambil anak kok serem kedengerannya ^^' .. Tapi sepertinya seru permainannya ya, anak anak jadi happy

Evrinasp mengatakan...

Duhhh kalo deket pingin ikut nimbrung sama anak2 circle happines, biar makin terinspirasi dan semangat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak bee, aku berusaha membawa kegembiraan buat anak-anak

Tira Soekardi mengatakan...

itu loh mbak asty, ada nyanyiannya, nanti kalau sudah selesai nyanyi kita minta anak dengan menyebutkan namanya, yg disebut namanya harus keluar barisan

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak evrinasp, main ke cirebon entar aku ajak ke sana

Posting Komentar