Kamis, 27 Juli 2017

Berkreasi Dengan Gelembung Sabun





Waktu masih kecil aku suka sekali bermain gelembung sabun. Biasanya ibuku yang membuatnya dari cairan sabun dan untuk membuat gelembung sabunnya ibuku menggunakan kawat yang dibikin melingkar. Dan bermain lagi dengan gelembung sabun. Bisa dibuat kecil sampai besar. Dan saat gelembung pecah rasa kecewa ada di hati. Dan sukanya kalau banyak gelembung sabun yang keluar satu kali tiupan itu bikin sensasi tersendiri. Selalu gembira main gelembung sabun ini. Nah kegembiraan yang aku rasakan saat aku kecil ini aku akan tularkan pada anak-anak Circle of Happiness. Tapi bukan hanya sekedar bermain gelembung sabun saja tapi bisa berkreasi dengan gelembung sabun .


Untuk itu perlu membuat gelembung sabunnya terlebih dahulu. Kalau hanya cairan sabun saja ternyata gelembung sabun cepat pecah sehingga tidak bisa digunakan untuk berkreasi yang lain hanya bisa digunakan untuk bermain saja. Ternyata bisa gunakan gula pasir untuk geembung sabun bertahan lama.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gelembung sabun

  • 1.      Sabun cair ( aku menggunakan sabun cuci sunlight) sebanyak setengah sendok makan

  • 2.      2 sendok makan gula pasir

  • 3.      Air setengah gelas.

  • 4.      Sedotan lima buah dijadikan satu

  • 5.      pewarna


Sabun cair dicampur dengan gula pasir dan ditambah dengan air dan pewarna  dan diaduk merata.  Bisa membuat dengan banyak warna sehingga kreasinya akan makin bagus. Digunakan saat tak ada lagi busa dari sabun. Setelah gelembung sabun selesai barulah kita mengkreasikannya. Cara mengkreasikannya dengan menggambarkannya di atas kertas gambar. Caranya dengan mencelupkan sedotan ke dalam gelembung sabun dan tiup. Karena ada lima buah sedotan dijadikan satu sehingga gelembung sabun yang terbentuk lebih dari satu dan berdempetan. Setelah banyak tempelkan di kertas gambar sehingga akan terlihat bulatan besar dan kecil membuat pola tertentu sesuai dengan bentuk gelembung sabun yang ditiup. Dan akan terlihat gambaran bulatan yang indah karena variasi warna yang dibuat bervariasi juga. Tampak nyeni bulatan-bulatan gelembung sabun tersebut. Ternyata  ini bisa melatih anak dalam bidang seni (menggambar gelembung dengan variasi warna dan pola bulatan yang berbeda), melatih motorik anak, melatih kognitif sains (mencampur macam-macam zat cair) melatih bahasa dengan menceritakan bagaimana dia membuat gambar dari gelembung sabun, melatih akhlak untuk menjaga kebersihan setelah bermain. Wah ternyata bermanfaat banyak juga berkreasi dengan sabun ya. Banyak kesulitan yang terjadi. Seperti karena terlalu banyak cairan sabun yang menempel di sedotan sehingga ketika ditempel ke kertas gambar akan terlihat basah kertasnya. Atau saat ditempelkan gelembung sabun ke kertas terlalu keras sehingga pecah belum waktunya menempel sehingga gagal. Makanya perlu kehati-hatian saat menempelkan gelembung sabun ke atas kertas gambar.


Setelah membuat gambar dari gelembung sabun, akhirnya anak-anak dibiarkan untuk bermain gelembung sabun sepuasnya. Mereka mulai membuat gelembung kecil, besar , banyak bahkan membuat gelembung di atas gelas sampai besar dengan warna-warni yang berbeda. Dan kegembiraan anak-anak terpancar ceria bahkan kakak relawan juga turut serta bermain gelembung sabun. Seru dan tak terasa lantai dan jalan di depan rumah penuh dengan warna warna gelembung sabun. Tentunya setelah berkegiatan mereka harus bertanggung jawab untuk membersihkannya


Dari kegiatan ini sebetulnya bisa mengembangkan beberapa potensi dari anak-anak seperti :

  • 1.      Bidang sains. Mulai dari pencampuan zat cair, pengaruh sinar matahari, proses masuknya udara.

  • 2.      Seni. Bermacam-macam bentuk gelembung sabun yang bisa dibentuk. Kecil/besar, tunggal/banyak.

  • 3.      Motorik halus. Anak terangsang berlatih motorik dalam hal meniup gelembung sabun perlahan agar tak pecah, indra penglihatan terangsang dengan berbagai macam warna gelembung sabun.



Banyak manfaat yang diambil dengan berkreasi dengan gelembung sabun, jadi tak ada salahnya ya mengajak anak-anak kita untuk berkreasi dengan gelembung sabun. Silahkan mencoba...


62 komentar:

Primastuti Satrianto mengatakan...

Waaa gelembung sabun ternyata gak cuma bisa ditiup aja ya, tapi bisa dijadikan permainan lain yg tak kalah menarik. Cobain ke Piki ah. Makasih mak..

Bebas dari jerawat mengatakan...

terimakasih informasinya... ijin share juga gan jangan lupa kunjungi
https://goo.gl/AYCNXr

Mugniar mengatakan...

Salut Mbak. Semoga selalu sehat supaya bisa mengawal anak-anak ini, ya

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Bermain gelembung sabun memang asyik banget ya mba

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak prima

Tira Soekardi mengatakan...

bebas dari jerawat, sama2

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mbak niar

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak liswanti, walau semua lantai dan jalan depan jadi penuh warna

Kurnia amelia mengatakan...

Wahhh aku pikir cuma bisa di tiup aja air sabunya ��

Kartika Nugmalia mengatakan...

Wiih asik mbaa....
Pengen deh mainan gelembung sabun sama anak anak

Ikrom Zayn mengatakan...

wah sru sekali bu, anak2 juga senang

Relita Aprisa mengatakan...

Sederhana namun kreatif, dan membuat anak anak bahagia yaa mb. Jadi pengin niru buat si kecil klw nnt sudah besar :) makasih mb ide nya yaa

Tira Soekardi mengatakan...

bisa dimacam-macam mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kartika, memang asyik

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas ikrom

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak relita sangat banyak manfaatnya selain kegembiraan

Amanda Desty Yunistyani mengatakan...

waah kreatifnyaa. gelembung sabun ternyata bisa dijadikan permainan lain yaa

Keke Naima mengatakan...

ini seru. Pernah bikin gini juga sama anak-anak :)

Dzaka Zulafa Roesenoputra mengatakan...

Ya ampun kreatif banget, jarang-jarang anak kecil mainnya gini biasanya paling cuma mewarnai atau susun puzzle, lumayan buat ide ngasuh anak kecil nih

Evrinasp mengatakan...

Ide permainannya selalu banyak, kreatif banget mbak, senang melihatnya

HM Zwan mengatakan...

Wah,jadinya cantik ya..kapan2 ah bikin

Sie-thi nurjanah mengatakan...

Cara sederhana menuangkan kreatifitas
Kegembiraan anak2 lbh terlihat nyata

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak desti, bentuk gelembung bisa berbeda dg jumlah sedotan yang disatukan

Tira Soekardi mengatakan...

wah pastinya mbak keke sih sdh hebring ngajak anak2nya bermain dg kreatif

Tira Soekardi mengatakan...

boleh dipakai mas dzaka

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak evrinasp

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Zwan, kalau mau bervariasi bentuk gelembungnya tinggal ditambah sedotannya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sie thi

Lina Astuti mengatakan...

Wah saya baru tahu bisa tahan lama dengan campuran gula. Thanks bgt resepnya mba. Nanti mau saya coba sama anak saya :D

Tanti Amelia mengatakan...

inspiratiiif banget! belum kepikir nih bikin ginian..

beklah akan aku coba ^&^

dekCrayon mengatakan...

Idenya bisa banget nih diterapkan dirumah. Mau coba buat si sulung ah. Tengkyu mbak

Putu Ayu Winayasari mengatakan...

Baru ngeh kalo bisa ditangkep juga pake kertas hahahha

Eri Udiyawati mengatakan...

seru banget, Mbak.. dan yang paling penting, membuat anak-anak jadi bermain di luar, berbaur dengan sesamanya, enggak main gadget aja di rumah.

Adi Pradana mengatakan...

Bintang paling suka minta dibikinin mainan gelembung, pake sabun cuci piring....

sumarti Saelan mengatakan...

mak, dulu pas SD aku pernah bikin ginian, tapi pakai gedebok pisang, jadi macam dicetak gitu, gedebok pisang di celup air warna warni, trus di cap ke kertas, jadi kayak lukisan bunga gitu deh

btw, aku kayany mau nyoba juga deh

Tira Soekardi mengatakan...

kalau mau bagus dan lama pakai gliesrin juga bisa mbak lina,aku pakai gula krn yg ada di rumah saja

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan dicoba mbak tanti

Tira Soekardi mengatakan...

sama-sama dekcrayon

Tira Soekardi mengatakan...

bisa mbak putu, makanya hrs pakai gula supaya gelembungnya gak cepet pecah

Tira Soekardi mengatakan...

iya itu mbak eri, tapi kebanyakan anak ini gak punya gadget

Tira Soekardi mengatakan...

wah ams adi pakai pewarna juga gak?? kalau pakai siap2 lantai warna warni

Tira Soekardi mengatakan...

mbak sumarti, itu namanya menggambar dengan teknik tinggi, anak-anak ini juga sudah pernah nyoba dengan pelepah pisang, belimbing dll

Annafi mengatakan...

aku baru tahu kalo gelembung sabun bisa dijadiin kreasi yg unik, keren banget mba Infonya :D thx for sharing ya mbaa

Rio Agustya mengatakan...

selain mengasyikkan ternyata bermain dengan gelembung sabun juga bagus ya manfaatnya

Andi Nugraha mengatakan...

Mengingatkan banget waktu kecil. Mainan ginian aja bikin seneng..he

Anesa Nisa mengatakan...

waa mbak tira rajin bikin mainana DIY gini. saluuutt! aku mainanan balon sabun yaa ditiup aja. nggak tau kalau bisa dibuat karya seni rupa begini. lucu euyyy

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak annafi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas rio

Tira Soekardi mengatakan...

iya sederhana tp bikin gembira ya mas andi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anesa, gelembung bisa banyak bentuk tergantung jumlah sedotan yang disatukan

tya taya mengatakan...

dulu aku juga pernah main gelembung sabun. keinget zaman dulu mainannya begitu. Jadi kangen kampung halaman :(

Tira Soekardi mengatakan...

semua orang pernah main gelembung sabun ya mbak tya lagi kecil. dan ada loh seni gelembung sabun yang bisa dibentuk macam2 dan sdh menjadi seni pertunjukan profesional

Leha Barqa mengatakan...

Sama kyk aku mbak, waktu kecil juga sering mainan gelembung sabun. Karena ga pake beli, sabun punya ibu ku jd korbannya hihihihi

Nur Rochma mengatakan...

Aku jadi punya ide untuk mainan gelembung sabun. Aku seringnya beli, hihi... Anak-anak tertarik karena ada orang jualan, jadi beli deh. Padahal sebentar aja sudah habis.

Suciati Cristina mengatakan...

Aku dulu suka banget dgn gelembung sabun mah... :)
Sampai sekarang anak2 juga sukaa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak leha, kalau dulu biasanya pakai pelepah pisang untuk meniupnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nur banyak yang jual tp kalau di rumah pastinya harus bikin sendiri ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak suciati, disukai anak berbagai jaman

Tuty Queen mengatakan...

Mainan jaman aku kecil nih mbak hihi senabg banget rasanya waktu kecil kalo main ini, sekarang ponakan2 ku juga suka :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak tuty semua suka dg gelembung sabun bahkan orang dewasa sekalipun

Bunda Erysha mengatakan...

Wah, bunda saya jadi ga sabar. Pengen mencobanya juga. Tapi sayang anak saya masih kecil banget jadi belum bisa diajak membuat ini. Mksh ya ilmunya. Cadangan referensi buat erysha besar nanti 😃

Tira Soekardi mengatakan...

iya siapa tahu nanti bisa bermain dg anaknya ya bunda erysha

Posting Komentar