Kamis, 13 Juli 2017

Umroh (4) Suatu Hari Di Madinah




Setelah beribadah di Mekah, perjalanan dilanjutkan ke kota Madinah. Perjalanan Mekah ke Madinah membutuhkan waktu kurang lebih lima jaman. Selain beribadah di mesjid Nabawi , aku juga mengunjungi beberapa tempat bersejarah di kota Madinah. Beberapa yang aku kunjungi di sana antara lain :
  • 1.       Mesjid Quba. Mesjid ini adalah mesjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW dan mesjid yang sekarang terlihat adalah mesjid yang sudah direnovasi dan diperluas sekitar tahun 1986. Sehingga bisa menampung jemaah sebanyak 20.000 , tapi kenyataannya pengunjung mesjid ini membludak sehingga aku harus solat di belakang mesjid di bagian luarnya, itupun masih berdesakan dengan yang lainnya. Dalam sejarahnya mesjid ini dibangun  saat nabi Muhammad hijrah dari kota Mekah ke kota Madinah .  Di kampung Quba ini Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu 'anhu mengusulkan untuk mendirikan tempat berteduh dan beribadah bagi nabi Muhammad . Dan akhirnya dibangunlah mesjid ini dimana nabi Muhammad yang pertama kali meletakan batunya di kiblatnya.
  •  
  • 2.      Kebun Kurma. Kurma adalah tanaman yang memang bisa tumbuh di alam seperti Arab. Dengan pasir yang luas dan cuaca panas dan air yang kurang. Banyak kebun kurma yang dijadikan juga sebagai tempat membeli kurma dan wisata. Di sana dijual banyak jenis kurma dan variasi olahan kurma. Tentuny aku juga membeli kurma Nabi yang terkenal itu dan olahan kurma. Ada juga kurma muda yang katanya bisa memberikan kesuburan bagi ibu-ibu yang sulit hamil. Aku membelinya untuk teman-temanku.
  •  
  •    
  •  
  •  
  • 3.      Jabal Uhud . Jabal Uhud ini adalah sebuah bukit yang terpanjang di kota Madinah sepanjang 7 km. Arti dari Jabal Uhud adalah bukit yang menyendiri karena Uhud sendiri punya arti Penyendiri, tapi yang uniknya bukit ini tak menyambung seperti bukit-bukit yang lainnya. Nabi Muhammad dan para sahabatnya pernah naik ke puncak bukit Uhud ini dan mereka merasakan bukit ini bergetar sehingga nabi Muhammad menghentakan kakinya untuk menenangkan getaran di bukit Uhud ini. Di lembah bukit ini pernah terjadi peperangan antara kaum muslimin dengan kaum  musyrikin dari kota Mekkah dimana jumlah pasukan musyrikin jauh lebih banyak sehingga banyak dari kaum muslimin yang akhirnya mati dalam pertempuran. Ketika kaum musyirikin mulai masuk ke kota Madinah , pasukan kaum muslimin sudah siap dengan pasukan pemanah yang ditempatkan di puncak Jabal Uhud ini. Kemenangan di pihak islam saat melihat kaum musyrikin kabur dari sana meninggalkan barang-barangnya. Beberapa pasukan kaum muslimin melihat banyak barang yang dtinggalkan an mereka mulai mengambilnya padahal nabi sudah melarang . Dan meninggalkan tempat di bukit sana. Akibatnya pihak musuh melihat banyak pasukan yang turun dan mengambil barang dan akhirnya datang kembali dan menyerangnya. Akibatnya hampir 70 sahabat nabi gugur dalam peperangan di jabal Uhud ini. Mereka semua dimakamkan di tempat mereka mati di sekitar Jabal Uhud. Setelah perang usai , nabi memerintahkan semua para sahabatnya yang gugur dalm peperangan untuk dikubur di tempat mereka roboh, sehingga ada satu lubang yang berisi beberapa suhada. Saat ini yang aku lihat kuburan ini sudah dipagari dengan tembok. Sebetulnya kita bisa juga menaiki Jabal Uhud tapi aku hanya melihat dari kejauhan karena waktu yang mepet. Di sekitarnya banyak dijual sovenir, kurma, asesoris dan berbagai jenis makanan Arab.



Perjalanan melihat banyak sejarah yang terjadi di kota Madinah membuat aku bisa melihat lagi peristiwa berabad yang lalu bagaimana perjuangan nabi untuk menegakan islam . Perjuangan yang berat dan harus sampai berdarah-darah melawan orang-orang yang tidak suka dengan nabi dan ajaran islam. Perjalanan  religi yang sangat bermakna bagiku.



30 komentar:

Hairi Yanti mengatakan...

Kangeeen Madinah. Semoga bisa ke sana lagi...

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Aku pengen umrah, semoga kesampaian ibadah ke Tanah Suci dengan suami

Tira Soekardi mengatakan...

mbak yanti, semua kangen ke sana kalau pernah ya

Tira Soekardi mengatakan...

mdh2an mbak liswanti bisa ke sana , amin

Ivonie Zahra mengatakan...

Subhanallah, semoga saya bisa dimampukan buat umroh ke sana sama keluarga ya mbak. Kepengen juga meilihat langsung jejak sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw

indah nuria Savitri mengatakan...

Alhamdulillaaaah bangeeet ya mbaa.. semoga bisa segera mengikuti jejakmu mbaa

Mc Assaifi mengatakan...

Subhanallah.. betapa indahnya bisa berangkat ke tanah suci..

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak ivone, melihat jejak sejarah perjuangan nabi begitu berat dg medan alam yg gersang

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak indah, bersyukur bisa ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas assaifi

Evrinasp mengatakan...

Subhanallah semoga suatu hari saya bisa ke Madinah Mekkah juga

noriko reza mengatakan...

Masya Allah..semoga suatu hari nanti saya dan keluarga juga bisa dimampukan dan disegerakan beribadah kesana juga..

Novie Mochtar mengatakan...

Jadi semain kangeeeen pengen ke Baitullah. Alhamdulillah ya mba bisa ke Baitullah bersama suami. Semoga kita semua diberi kesehatan dan rejeki untuk kembali mengunjungi Baitullah. Aamiin YRA.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Alhamdulillah bisa umrah ya mba. Jadi kangen juga ingin segera umrah mba :)

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak evrinasp

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas reza

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak novie

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa terwujud ya mbak alida

Septia mengatakan...

MasyaAllah... pengen haji plus umroh, semoga saya bisa kesampaian ke tanah suci juga seperti Mba

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak septia

anna mengatakan...

Semoga nanti aku juga bisa ke sana bareng keluarga. aamiin. :)

https://annashafiyyah.blogspot.co.id/

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak anna

andrie mengatakan...

Wuihhh smeoga lancar dalam pergi dan pulangnya

uwan urwan mengatakan...

pengen umron sekalian haji.. pertama sih hajiin bapak dan ibu dulu.... semoga keturutan. aamiin

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas andrie

Tira Soekardi mengatakan...

mas uwan, amin aku doakan

Marita Ningtyas mengatakan...

Ya Allah, semoga bisa segera ke sana... :)

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak marita

Momtraveler mengatakan...

Kangen berat sama madinah

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah anak2 sudah dibangunin itu biasa hahaha tapi pas diajak main sama kak Ale ttg si besar versus kecil malah pada ga ngatuk lagi ya.

Posting Komentar