Kamis, 03 Agustus 2017

Jalan Pagi





Aku ingat semasa remajaku di jalan Siliwangi pertigaan di sudut jalan terdapat rumah makan ala sunda . Terkenal dengan bumi siliwangi. Tempatnya sangat nyaman dengan banyak saung dari berbagai ukuran terbuat dari bambu.  Saat itu termasuk rumah makan yang cukup elit. Yang makan di sana oarang yang berduit saja. Ada juga pelajar yang tentunya memiliki uang jajan yang berlebih. Bagi aku sih gak kebeli dengan uang jajan sekedarnya ini. Pernah juga makan di sana dengan keluarga itu juga sudah kemewahan yang kami rasakan. Suatu saat temen-temenku mengajak makan di bumi siliwangi dan mereka menentukan tanggal janjiannya. Mereka mengajak aku juga. Aku hanya berjanji kalau aku gak ada  acara akan ikut. Padahal aku lagi mikir bagaimana bisa punya uang untuk makan di sana. Karena acaranya masiha agak jauh, akhirnya aku mulai menabung.  Terkumpulah uang yang menurutku cukup banyak tapi aku juga tak tahu berapa harga makanan di sana. Aku berpikir akan memesan makanan yang termurah saja. Begitulah aku memilih makan ayam goreng dengan lalapan dan minumku hanya teh manis hangat.




Seiring waktu pamor saung makan di sini makin bekurang, entah karena kemudian Bandung mulaii disemarakan dengan banyaknya restoran baru dengan berbagai macam menu yang enak-enak. Entahlah akhirnya saung makan itu tutup. Kemudian beberapa tahun  kemudian  tempat tersebut dibangun untuk keperluan sarana olahraga bagi kampus ITB. Dibuatlah Sarana olahraga yang lengkap dengan gedung pertemuaan yang sekarang dikenal dengan sebutan gedung Sabuga. Selain itu dibuat juga jalan untuk olahraga jalan kaki dimana tempat jalan kaki dibuat bertingkat. Dengan alur jalan melingkar. Di sisi kiri dan kanan banyak tumbuhan hijau yang menjulang tinggi sehingga pejalan kaki tak akan pernah merasakan panas. Justru kesegaran dan keasrianlah yang akan menyertai pejalan kaki.


Saat itu aku masuk dari pertemuan jalan Taman Sari dengan jalan Siliwangi. Ada pintu masuk yang menjorok ke bawah. Memasuki pintu masuk sudah terasa segar dengan pepohonan yang rindang. Di bawah sana banyak pedagang kaki lima yang berjualan. Kalau hendak jalan kaki nanti akan terlihat gerbang menuju tempat jalan kaki yang mengarah ke bagian atas. Alas tempat menginjakan kaki terbuat dari papan kayu yang rapat. Semakin naik kita akan melingkar lagi dan akan semakin tinggi.  Berjalan kaki di sana tentunya tidak akan terasa lelah, karena pohon-pohon yang rindang, dan semilir angin yang menerpa tubuh. Menurutku cenderung membuat mata mengantuk saat kita beristirahat sejenak. Beberapa orang duduk-duduk di bawah sambil bercanda dengan temannya. Atau ada yang sedang memberi makan anaknya . Dan ini juga bisa menjadi spot untuk berfoto ria.  Kalau saja bisa mencari tempat yang apik, serasa berada di suatu kawasan hutan.


Jalan kaki pagi itu lumayan membuat tubuh   segar . Olahraga memang perlu ya, dan jangan sampai tergoda dengan banyak jajanan yang ada di sana. Oh ya, cuma ada pandangan yang bikin mata sepet. Di bagian belakang banyak tumpukan karung sampah yang belum diangkut sehingga merusak pemandangan .Sedangkan jarak tumpukan karung sampah dengan penjual makanan tidak begitu jauh, sungguh disayangkan. Pengelolaan sampah perlu diperhatikan lagi sehingga orang yang berolahragapun tak perlu melihat tumpukan karung sampah yang banyak itu.Dari sana aku meneruskan perjalanan menuju Balubur Town Square untuk berbelanja  sesuatu. Memang tempat cukup sederhana dan memadai untuk jalan-jalan pagi mencari udara segar dan membuat agar tubuh kita sehat.





45 komentar:

swastikha maulidya mulyana mengatakan...

Berasa berjalan di hutan ya seger banget. Di surabaya juga ada hutan kota

Alma Wahdie mengatakan...

Suasananya asri banget ya, Mak.
Waaah, belum pernah masuk ke sini nih ke Sabuga.
Nanti kalo main ke Bandung kayanya boleh nih^

Wian mengatakan...

Asik banget ya jalan-jalan pagi di suasana kaya gitu.Udaranya pasti masih seger banget. Apalagi jalan-jalannya ditemani keluarga tercinta.

Keke Naima mengatakan...

Enak kalau jalan pagi di tempat yang sejuk seperti ini :)

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu mbak ,maulidya di cirebon belum ada hutan kota

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak alma,udaranya seger

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak wian,di cirebon temapt tinggalku belum nemu tempat jalan pagi yg enak,mknya kalau kebandungsuak cari tempat jalan pagi yg enak

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak keke,gak kepanasan

Vanisa Desfriani mengatakan...

wuaah, ini baksil ya? sha orang bandung tapi belum pernah ke sana haha

Johanes Anggoro mengatakan...

bandung termasuk surga kuliner kekinian dan kreatif, tapi sesekali kangen juga makan di warung sederhana yang biasa saja, sambil jalan-jalan di minggu pagi mungkin :D

Dewi Rieka mengatakan...

Duhh seger bangeet jalan pagii..

vika hamidah mengatakan...

Jalan jalan terusya mba sama suamid pagi hari membuatsejukdan segar terus ya... udaranya itu lho ya mba... segar sekali

Nurul Sufitri mengatakan...

Mantap deh mbak Tira pagi2 udah jalan kaki bareng suami tercinta hehehe...abis itu enaknya makan bubur ayam deh :D

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mbak vanisa main ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas johanes, bandung mah, memang asyik, hanya macetnya saja yg gak asyik

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak vika, di kota ada hutan kota yang rindang

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak nurul jajanan yg menggoda

Evrinasp mengatakan...

Suka dengan nuansa hijaunya mbak, itu aku banget hehe

Nuri mengatakan...

Sweet!

Leyla Hana mengatakan...

Bandung itu udaranya memang masih sejuk walaupun udah tengah hari. Baru kemarin saya pulang dari Bandung

Relita Aprisa mengatakan...

Bandung mmg keren ya mb,banyak taman2 kota yg dibangun, asri ditengah perkotaan..semoga warga bandung makin sehat..Aamiin

Relita Aprisa mengatakan...

Bandung mmg keren ya mb,banyak taman2 kota yg dibangun, asri ditengah perkotaan..semoga warga bandung makin sehat..Aamiin

Tira Soekardi mengatakan...

betul ya mbak evrinasp, sangat bikin adem kalau hijau2 itu

Tira Soekardi mengatakan...

hii, masa sih mbak nuri

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak leyla walau tak sedingin jaman aku kecil

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak relita, kang emil memang suka bikin taman

Jasmi Bakri mengatakan...

3 tahun di Bandung malah belum pernah ketempat ini. Salam kenal ya teh..

Nusantara Adhiyaksa mengatakan...

paling enak emang kalau jalan-jalan sambil liat pemandangan alam yang indah ...

Liswanti mengatakan...

Jalan pagi memang banyak manfaatnya ya mba. Aku ngerasain juga

Lusi mengatakan...

Asri banget, enak buat jalan2 ya. Nggak terlihat crowded orang juga.

Tira Soekardi mengatakan...

salam kenal kiembali mbak jasmi, main atuh kemari , bisa ke teras cikapundung juga dari sini deket

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas adhiyaksa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak liswanti tp kalau di cirebon aku belum nemu tempat jalan pagi seenak di bandung

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lusi, jalan paginya jadi seger krn banyak pohon.

Kurnia amelia mengatakan...

Tempatnya cocok banget nih untuk melepas lelah ,,oksigenya banyak pula.

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak kurnia oksigen banyak yg bikin seger shg gak terasa capainya

Gita siwi mengatakan...

segarnya. Aku tinggal diciganjur dekat dengan UI. Nah sama nih masuk area kampus sabtu n minggu buat cari oksigen gratis. Salam buat keluarga ya ra. Sehat selalu

Rianda Prayoga mengatakan...

wiuuhh.. tempatnya sejuk banget, bersih lagi

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Instagramable bgt lokasinya. Apalagi pagi2 begitu msh sepi ya..mba. selelilingnya juga asri banget.

Tira Soekardi mengatakan...

asyik ya mbka gita punya tempat yg sejuk buat olahraga, aku ini lagi di bandung, kalau di cirebon tempat tinggalku gak punya tempat yg seger gini buat jalan pagi, sedih ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas rianda sejuk

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sie thi, asri sekali

Via Etirentia mengatakan...

pasti sejuk banget nich tempatnya..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak via seger walau di tengah kota, itu mknya penting paru2 kota spt ini

Posting Komentar