Kamis, 31 Agustus 2017

Umroh {5} Museum Asmaul Husna





Sejak kecil aku sudah dibiasakan oleh ibuku mengunjungi museum. Jadi aku suka sekali datang ke museum. Tak disangka-sangka saat aku  berada di masjid Nabawi, diajak oleh pemandu umroh  mengunjungi museum yang ternyata terletak dekat sekali dengan masjid Nabawi. Museum ini dikenal dengan nama museum Asmaul Husna dan lebih  dikenal dengan nama The Beautiful Names of Allah Exhibition. Terletak di sebelah barat masjid Nabawi sekitar 50 meter dari masjid Nabawi dan terletak di dekat pagar masjid Nabawi yaitu di pintu yang ke 13. Didirikannya museum ini bertujuan agar masarakat yang datang ke masjid Nabawi dapat lebih mendekatkan diri pada Allah dengan nama-nama sebutan Allah yang ada di dalam museum. Pertama kali berdiri hanya ada tulisan dan gambar saja, kemudian ditambahkan panorama. Dan akhirnya ditambah lagi dengan permainan edukatif buat anak-anak.



Museum ini terbagi dalam tiga ruang. Ruang pertama berisi nama-nama Allah kalau kita baca dan renungkan akan membuat kita makin cinta pada Allah. Misal Al Ghofur, Al Afwu, Al Jawwad dan lain sebagainya. Ruang kedua berisi nama-nama Allah jika dihayati dan direnungkan membuat kita merasa takut akan kebesaranNya seperti Al Raqib, Al Qawwi dan lain sebagainya. Dan ruang ketiga berisi  nama-nama Allah yang menunjuk pada keagunganNya seperti  Al Wahid, Al Aziz, Al Aly dan lainnya. Nama-nama Allah atau Asmaul Husna terdapat sebanyak 99 Asmaul Husna.



Setelah melihat nama-nama Asmaul Husna , kita memasuki ruangan  Panorama Display Hall. Layar itu memperlihatkan betapa luasnya alam raya yang diciptakan Allah. Ada video-vidio yang menggambarkan kebesaran Allah. Juga memperlihatkan saat kemurkaan Allah dalam bentuk  bencana dasyat seperti tsunami, banjir badang , gunung meletus. Betapa kebesaran Allah diperlihatkan dalam bentuk gambar dan video. Museum ini ternyata baru dibuka sekitar tahun 2013. Kunjungan ke museum ini akhirnya menjadi kunjungan ziarah Jemaah Indonesia. Kunjungan Jemaah sangat besar , mungkin karena dekat dengan masjid Nabawi.Paling ramai kalau umroh ramadhan dan musim haji. Saat itu waktu aku kesana, juga harus antri terlebih dahulu dengan jemaah yang lainnya. Biasanya bisa dikunjungi dari jam 6-9 pagi atau selepas Asar sampai menjelang magrib. Gambar-gambarnya menarik dan tanpa perlu dijelaskan juga kita sudah bisa mengerti lewat gambar besar yang terlihat di dinding museum. Hanya ruang museum ini terlihat sempit sehingga terpaksa masuk bergiliran agar tak berdesakan di bagian dalamnya. Museum yang menurutkan sangat sederhana sekali tapi kita bisa melihat kebesaran dan keagungan Allah dari ciptaanNya , alam semeta yang begitu luas yang membuktikan bahwa Allah Maha Besar.



Kunjungan yang cukup cepat karena di bagian belakang masih ada yang mengantri lagi untuk masuk ke dalam museum. Allah Maha Besar, alam semesta yang diciptakanNya . Segala Puji hanya untukMu. Pulang menjelang magrib, berwudhu dan masuk ke dalam masjid nan indah, masjid Nabawi untuk sujud pada Allah, betapa kecilnya diriku di hadapanNya


35 komentar:

Fika mengatakan...

Alhamdulilah mba sudah bisa kesana. Semoga segera saya bisa nyusul

herva yulyanti mengatakan...

masyaAlloh seneng banget y bu 😍 semoga suatu hari ketika kesana bisa juga kunjungin museum asmaul husna ini 😁

Ikrom Zayn mengatakan...

subhanallah
semoga bisa ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak fika

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak herva tak menyangka dekat masjid Nabawi ada museum

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas ikrom

rizka farizal mengatakan...

Sudah pernah ke madinah tapi saya ngga tau dg museum asmaul husna. :(
Moga lain waktu bisa beribadah ke makah madinah lagi

kurnia amelia mengatakan...

Alhamdulillah bisa kesana, pasti seneng banget ya liat museum yang terus mengingatkan kita sama Allah.

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu mbak rizka,pdhl kunjungan ke museum ini sdh termasuk itenary di perjalanan umroh hampir semua travel biro umroh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia, museum yg membuat kita merasa kecil di hadapanNya

muti mimut mengatakan...

Alhamdulillah bisa menjejakkan kaki ke sana mba, mengingatkan manusia akan kebesaran ALLAH SWT

Putu Ayu Winayasari mengatakan...

MasyaaAllah.... irinya. Titip doa supaya bisa ke sana juga ya, mbak.. hiks, rindu Allah, rindu rasulullah, rindu baitullah....

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Masya Allah. Muesumnya ramai ya, Mbak. Pengen juga bisa ke sana :)

Mugniar mengatakan...

Masya Allah, kebayang kalo saya di sana, pasti terharu banget melihat museum

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak imut

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak putu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak keke, abnyak yang datang ke sana, tempatnay memang kecil yang datang banyak jd hrs bergantian

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk niar bumi kita kecil dibanding dg planet yg lain dan semua terasa kecil di hadapan penciptaNya

GUS BOLANG STUDIO mengatakan...

subhanallah mbak ...di museum ini kita bisa belajar tentang keAgungan Nama Allah ya mbak ....

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Jarang ada yg bahas nih. Museum yg tidak biasa, dgn pemahaman penuh yg sifatnya religi

fillyawie mengatakan...

Bagus sekali museumnya Mba, tapi masuknya ngantri banget yaa.

Tira Soekardi mengatakan...

betul gus bolang, terasa kecil kita di hadapanNya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sie thi, apalagi melihat gambar tentang perbandingan bumi dg alam semseta dan kita merasa kecil di hadapanNya, jd buat apa kita sombong??

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak filli, krn ruangnya memang gak begitu luas sedangkan yang datang banyak jemaah

Eri Udiyawati mengatakan...

Subhanallah..
Alhamdulillah Mba Tira udah sampai di sana. Museumnya bagus banget,bisa nih buat dijadikan referensi ketika di Indonesia mau membuat museum.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak eri, museum yg membuat kita kagum akan kebesaranNya

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Semoga suatu hari nanti, saya bisa menginjakkan kaki di museum ini juga mba..

Tira Soekardi mengatakan...

amin bunda raka, dan harus ke sana

Eva Arlini mengatakan...

smoga kelak saya juga bisa kesana.. amin

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak eva

Audia mengatakan...

Pengen ke sini juga deh nanti. Semoga bisa terwujud deh. Aamiin... makasih atas infonya mbak (y)

Nunung Yuni mengatakan...

Semoga saya juga bisa mengunjungi Baitullah ya Mam

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak audia

Tira Soekardi mengatakan...

wah amin mbak nunung

Nurul Sufitri mengatakan...

Semoga aku bisa berada di sini suatu hari nanti aamiin. Keren banget museumnya ya :)

Posting Komentar