Jumat, 08 Desember 2017

Outbound Sarana Pengembangan Karakter Anak





Di lembaga pemerintahan atau swasta, sekolah-sekolah sering sekali mengadakan outbound sebagai salah satu sarana pengembangan diri bagi karyawan atau anak didik. Sudah semacam trend yang sering diikuti banyak orang karena banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan outbound ini. Outbound ini sendiri adalah kegiatan pembelajaran yang diadakan di alam terbuka untuk mengembangkan prilaku dan karakter tidak serta dengan teori tapi langsung diterapkan pada unsur yang mendasar seperti kejujuran,saling percaya, tanggung jawab dan masih banyak lagi. Dan memang tujuan diadakan outbound ini untuk bisa melihat bahwa setiap individu itu unik dan memiliki kemampuan sendiri yang berbeda dengan yang lainnya. Dengan kegiatan ini orang mampu menilai diri sendiri, kekuatan atau kemampaun apa yang mereka miliki. Dan merangsang kepercayaan diri serta komunikasi dengan temannya . Tujuannya juga agar bisa memupuk kerja sama dalam satu tim, punya sifat kepemimpinan dan bisa menumbuhkan sportifitas . Begitulah outbound diadakan untuk tujuan tertentu. Dengan adanya outbound ini diharapkan bisa mendapatkan hasil yang maksimal sehingga pulang dari outbound  ini bisa tercermin dalam tindakan sehari-harinya.

Begitulah, karena outbound mempunyai tujuan yang bagus, maka kegiatan ini diadakan saat anak-anak komunitas Circle of Happiness jalan-jalan ke curug Gongseng. Selain melihat alam yang alami, juga diadakan outbound agar anak-anak bisa mengambl manfaat dari outbound ini. Manfaat yang bisa didapat anak-anak dengan mengikuti outbound ini adalah :

  • 1.      Meningkatkan kepercayaan diri.  Dengan mengikuti banyak permainan dan anak bisa melakukannya dengan baik akan menumbuhkan rasa percaya diri.

  • 2.      Membentuk kerja sama dalam tim. Biasanya kegiatan ini dilakukan berkelompok sehingga anak-anak belajar bekerja sama agar bisa menyelesaikan misi yang diberikan.

  • 3.      Meningkatkan kemampuan sosial.Karean berinteraksi dengan temannya sehingga terjalin komunikasi yang baik dan ini bisa menjalin komunikasi yang baik antar teman.

  • 4.      Mengatasi kejenuhan. Dengan permainan yang bervariasi menyebabkan anak-anak akan bergembira.

  • 5.      Menumbuhkan keberanian. Anak-anak jadi berani terutama di permainan yang menantang adrenalin.

  • 6.      Melatih konsentrasi. Dengan permainan yang harus dipikirkan anak-anak butuh konsentrasi tinggi . Ini bisa melatih anak fokus.

  • 7.      Menjadi sarana hiburan. Dengan banyaknya permainan menjadikan anak-anak bergembira sehingga bisa menjadi sarana hiburan bagi anak-anak.


Nah , saat outbound di curug Gongseng ada empat permainan yang diberikan pada anak-anak.

1.      Memindahkan bola pingpong dengan menggunakan paralon. Jadi bola pingpong akan di alihkan ke anak yang lain dengan cara menggelundungkan bola pingpong di paralon dan harus diambil oleh teman yang ada di sebelahnya sampai batas finish 

 
2      Memindahkan terigu dengan mengunakan mangkok. Jadi anak-anak baris ke belakang dan dalam keadaan duduk. Masing-masing kelompok di depan anak pertama ada baskom besar berisi terigu. Anak pertama mengambil terigu dengan mangkoknya dan menumpahkan terigunya dengan cara menumpahkan ke mangkuk anak yang di belakangnya lewat kepala dan kepalanya tak boleh melihat ke belakang. Demikian seterusnya. Tentunya yang gak tepat bisa ketumpahan terigunya.



3.      Memindahkan baki berisi gelas yang ada airnya. Anak-anak berbaris ke belakang dan duduk menyamping dengan arah yang berlawanan. Anak pertama memberikan baki yang berisi lima gelas berisi air pada anak di sebelahnya dan air tak boleh tumpah. Demikian seterusnya sampai finish.



4.      Mengangkat ember berisi air. Anak-anak duduk melingkar. Ember berisi air di taruh di tengah dan diangkat bersama-sama dan air tak boleh tumpah.




Dari permainan ini anak belajar bekerja sama, berinteraksi dengan temannya dan meningkatkan kemampuan motoriknya. Dan outbound bisa memberikan banyak manfaat selain memberikan hiburan dan kegembiraan bagi anak-anak. Nah, kegiatan outboun d di alam ini seharusnya sering diadakan karena banyak manfaatnya dan memberikan refershing bagi anak-anak. Dan alam memberikan udara dan kesegeran tersendiri. Selain itu anak-anak bisa bebas beraktivitas.


50 komentar:

Tally mengatakan...

Belajar sambil bermain lebih asyik buat aku

Tira Soekardi mengatakan...

betul taily

Kanianingsih mengatakan...

outbound mengingatkan saya saat ngajar di skolah alam dulu :)

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Outbound memang penting banget bagi anak-anak, juga orang dewasa. Karakter mau berbagi, kebersamaan, saling mendukung, dan lainnya sangat terbangun saat outbound.

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Selain banyak manfaat outbond juga berguna buat refreshing. Anak anakku juga paling suka diajak outbond baik dari sekolah atau pribadi.

Tira Soekardi mengatakan...

pasti menyenangkan ya mak kania

Tira Soekardi mengatakan...

betul pak akhmad

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yuni selalu bisa bikin gembira anak2

Daruma mengatakan...

Lingkungan asri begini yang cocok bgt buat anak2. Selain itu anak jg bs bermain sambil belajar. Juga melakukan byk permainan yg beredukasi dan menantang.
Ponakan saya jg suka bgt sama outbound malah pada ketagihan. Hehehe.

sapti nurul hidayati mengatakan...

Salah satu cara belajar yang menyenangkan, bisa dekat dengan alam juga..

Ruli retno mengatakan...

Enak banget banyak pesertanya dan lolasinya juga bagus. Disini saya mau outbond jauh banget

Antung apriana mengatakan...

Asyiknya outbond ini kita jadi bersentuhan dengan alam ya, mbak

satria salju mengatakan...

Woow!! Acara yang menarik yaa! Agar anak bisa menjadi cerdas dan mempunyai daya tangkap yang bagus sejak dari usia dini..😃

Tira Soekardi mengatakan...

betul daruma, alam bebas membuat anak bergerak bebas

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul, belajar sambil bermain itu memang asyik

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ruli, alamnya menunjang banget

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak antung

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas satria, mereka gak sadar kalau lagi belajar

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Seru kegiatan outboundnya. Disamping ada nilai edukasi juga mendidik dan membiasakan kompak dlm kerja sama team

lubena ali mengatakan...

Ide-ide permainannya keren, kayaknya mau aku contek ah buat main ama anak-anak nanti

Evrinasp mengatakan...

Jangankan anak2 mbak, aku aja seneng sama outbond, anak2 pasti lebih excited banget

Muyassaroh mengatakan...

Sepertinya seru banget ya mbak, saya yang lihat aja seneng...

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu mbak sie thi, belajar kerja sama dalam satu tim

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak lubena

Tira Soekardi mengatakan...

betul juga ya mbak evrinasp

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak muyassaroh

Little Deer's Blog mengatakan...

Seumur hidup saya ga pernah ikut yang namanya outbond XD kasian banget ya hihi padahal asyik banget tuh, macam-macam game dan kegiatannya :'(

Annafi mengatakan...

kegiatan seperti harus diperbanyak, dari anak-anak sampai remaja bahkan dewasa biar bisa mengisi waktu dengan hal positif :D dulu kegiatan spt ini masih langka dan cenderung mahal >.<

Mugniar mengatakan...

Sederhana, seru, dan bermanfaat untuk karakter anak, Mbak :)

Eri Udiyawati mengatakan...

Asyik dan seru banget. Dari kegiatan yang cukup sederhana ini mampu menumbuhkan rasa percaya diri dan saling bekerjasama dengan baik

Tira Soekardi mengatakan...

little dear's blog, sekarang di instansi atau sekolah2 sering ngadain outbound

Tira Soekardi mengatakan...

betul annafi, sekarang sih kayaknya sudah keharusan mengikuti outbound karena manfaatnya banyak

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri

farida mengatakan...

Wah iya bgt ini. Banyak hal yg bisa dipelajari dr outbound.
Anak2 jg rencananya akhir tahun ini mau ikut program camping :)

Ivonie Zahra mengatakan...

Buat anak kinestetik macam anak saya, kegiatan outbond ini bakalan seru buat dia. Selain belajar sambil bermain juga sebagai sarana menyalurkan energinya yang berlebih :)

Adi Stia Utama S mengatakan...

yg sperti ini memang di perlukan ya untuk membentuk mental anak
agar anak lebih aktif dan bisa berinteraksi selayaknya anak anak.. bebas

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak farida sangat enjoy dan bermanfaat

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ivone

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas adi

Riska Ngilan mengatakan...

Jadi ingat dulu saya paling ngga dibolehin main di outbond mba takut kenapa napa, karena itu sosial saya buruk sekali. :(

sri widiyastuti mengatakan...

seru ya mbak kegiatannya. Baik untuk remaja zaman now yang sudah mulai jauh dari alam :-)

Pipit Widya mengatakan...

Wah, seru banget bu, apalagi pesertanya anak2. Itu yg ngangkat ember, mereka kuat juga ya. Hebat. Saya ketawa baca ini dan lihat gambarnya.

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak riska, ada anak yang lagi main itu gak mau kotor, aku bilang gak apa-apa , ternyata memang di rmahnya selalu dilarang kotor2an

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sri

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak pipit , angkat ember itu mereka harus tahu triknya kalau gak airnya tumpah

Hujan Bulan Juni mengatakan...

saya pernah jadi trainer outbound, tapi hanya 1 tahun..
seru sekali.. maen2 tapi di bayar..:D

Tira Soekardi mengatakan...

hujan bulan juni, wah jd trainer pastinya sudah banyak jenis outbound yang dikuasai dong, aku bisa belajar darimu

Ella fitria mengatakan...

Ternyata outbound itu banyak banget manfaatnya ya.. Nggak cuma seru2an aja, hhh

Tira Soekardi mengatakan...

iya jd serasa main tp belajar

Posting Komentar