Minggu, 18 Maret 2018

Belajar Bersama Komunitas Robotic




Dunia teknologi semakin maju. Perannya sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak hal yang bisa memudahkan dengan teknologi. Dengan demikian dunia teknologi harus diperkenalkan ke anak-anak, agar mereka tahu banyak tentang banyak peran teknologi dalam kehidupan mereka. Dan tak dipungkiri dalam setiap sendi kehidupan teknologi banyak dikedapankan . Justru kalau kita tak mengerti dunia teknologi tentunya akan banayk tertinggal. Termasuk Indonesia untuk kemajuan dalam segala bidang maka dunia teknologilah yang akan banayk berperan. Makanya anak-anak harus diperkenalkan dengan dunia teknlogi sedini mungkin. Termasuk robotik



Robotik ini sendiri adalah ilmu tentang robot yang mempunyai visi dan tujuan dan dapat meniru tindakan manusia. Istilah robotik berasal dari bahasa Ceko, robota yang punya arti “kerja paksa” Karena kerja robotik itu seperti budak, melakukan hal yang sama dalam jangka waktu yang lama dalam suatu rangkaian yang dilakukan berulang-ulang. Robotik ini dapat diprogram untuk melakukan suatu tindakan. Robotik ini pertama kali ditulis oleh seorang penulis dari Czech pada tahun 1921 dan kata robot diguankan di New York pada tahun 1922. Dan robot mulai populer setelah ada film Star War. Barulah setelah itu semua ilmuwan berlomba untuk menciptakan banyak inovsi dalam teknologi robot yang semakin maju.



Masarakat membayangkan namanya robotik itu berbentuk manusia tapi bentuk robot itu tak selalu dalam bentuk manusia, banyak macamnya

1.      Robot mobile dengan ciri mempunyai alat gerak berupa roda agar bisa berpindah tempat.
2.      Robot manipulator mempunyai bentuk tertentu
3.      Robot berkaki.Robot ini mempunyai kaki seperti manusia atau hewan dan dapat berjalan dengan kakinya itu.
4.      Robot terbang. Robot yang mampu terbang
5.      Robot dalam air. Robot yang diletakan di dalam laut untuk memonitor keadaaan di bawah laut.

Karena robotik adalah teknologi yang berperan dalam peradaban manusia makanya perlu diperkenalkan pada anak-anak. Apalagi akan punya banyak manfaat pada diri anak-anak seperti

1.      Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah
2.       Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.\
3.      Meningkatkan ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot, karena dalam merancang robot perlu kreativitas .
4.      Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.
5.      Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek. 




Makanya pada kegiatan Circle of Happiness kami mendatangkan komunitas robotik . Biar mereka bisa berbagi ilmu pada anak-anak. Agar anak-anak bisa mengerti banyak tentang dunia robotik dan apa manfaatnya daalam kehidupan manusia.  Pertama mereka memperkenalakan tentang robot dari segi arti, manfaatnya dan komponen-komponen yang ada di robot. Mereka juga membawa banyak jenis robot untuk diperlihatkan pada anak-anak. Mereka tertarik apalagi ada robot yang bisa menari. Baru setelah itu mereka membuat demo merakit robot. Dan anak-anak ada yang mencoba bersama kakak-kakak dari  komunitas robotik merakit robotnya. Setelah jadi robotnya mulai dijalankan. Dan anak-anak mulai mencoba satu perasatu . Dan akhir dari semua anak-anak diberi pertanyaan tentang apa ayng diterangkan tadi. Dan beberapa bisa menjawab pertanyaan dan mendapat pin . Mudah-mudahan kedatangan kakak-kakak dari komunitas robotik ini membuka wawasan anak-anak tentang dunia robot . Bisa membuat mereka juga terpikirkan untuk bisa membuat robot suatu saat kelak . Membuat anak-anak suka dengan dunia teknologi karena mereka harapan masa depan bangsa yang suatu saat harus membangun  negeri ini. Salah satunya dengan teknologi.


50 komentar:

Victor Martin mengatakan...

Robotik line follower ya itu?,, canggih,, cara berfikir dan imajinasi dalam merakit robot itu membentuk kepercayaan diri bagi anak2 yg melakukannya

Kanianingsih mengatakan...

asiknyaaa, dah lama pengen ikut robotic anak saya tapi biaya kursus disini lumayan

nur rochma mengatakan...

Pas banget. Lagi buka twitter ada tulisan mamahtira tentang robotik. Anak kedua saya suka robotik. Sekarang di sekolahnya ikut ekstra robotik. Sayangnya fasilitas sekolah kurang banget dibandingkan dgn jumlan siswa. Jadinya anak2 lebih banyak main-main dan mengganggu yang serius. (Ini curhat guru robotiknya). Tahu sendiri kalau untuk biaya pengadaan robot bisa dibilang mahal. Kalau di kota besar ada sih kursus robotik. Andai di daerah saya juga ada...

Miftha Kaje mengatakan...

Salut banget deh. Aku dulu sering bertanya-tanya, "kog bisa ya?". Kalo udah tahu ilmunya baru deh, "ooo ya ya ya".. hehehe.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas victor, wah suka juga dengan robotoc ya

Tira Soekardi mengatakan...

begitu ya mak kania, mungkin peralatannya yang mahal ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nur memang mahal, ini juga saya hanya menyediakan dua paket yang harganya 500.000 . jadi anak hanya melihat demo saja. Di cirebon sudah ada komunitas robotic dipelopori oleh anak2 SMKN 1

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak mitha, yg rumit itu memasang komponen dan memogramnya

Ida Raihan mengatakan...

Saya masih belum mudeng urusan ini. Anak masih 16 bulan belum ngerti mainan beginian. Hehe...

Eri Udiyawati mengatakan...

Dan saya baru tahu, kalau robot itu banyak macamnya. Dikelompokan begitu, hihihi, saya tahunya robot ya robot yang bergerak karena mesin dan listrik :D

farida mengatakan...

Wah pasti seru ya belajar robotik. Baru tahu kalau itu dr bhs ceko��

Nurul Sufitri mengatakan...

Makin banyak anak2 pinter dan berwawasana ya mah Tira kalau dikasih ilmu robotic kayak gini. Seru dan ga bakalan bosen pastinya :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ida, robot itu hrs punya tujuan beda dg mainan mobil2an yang bisa jalan itu bukan robot krn gak punya tujuan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak farida seru

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul, biar anak punya wawasan luas

CatatanRia mengatakan...

Makin pinter anak negeri skrg ya, robotny makin canggih2

Sandra Hamidah mengatakan...

Pengen lesin anak robotik deh heheh tfs mama Tira

Hujan Bulan Juni mengatakan...

wah.. calon2 anak teknik masa depan..
bagus nih komunitas2 seperti ini..

Kang Nata mengatakan...

Wah anak - anak ini calon pemipin dimasa akan datang.:)

sari widiarti mengatakan...

seru yaaaa rame - rame bikin robot :D

Annafi mengatakan...

Hebat ya, semoga komunitas seperti ini makin berkembang ke daerah pencil jg, biar generasi depan bisa membangun kemajuan bangsa dalam bidang teknologi ^^

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ria

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sandra , tp agak mahal krn komponen2nya juga masih import

Tira Soekardi mengatakan...

hujan bulan juni, makasih

Tira Soekardi mengatakan...

bisa jadi kang nata

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sari, anak2 antusias karena baru bagi mereka

Tira Soekardi mengatakan...

betul annafi, ini juga anak2 desa agar mereka juga melek teknologi

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Bagus banget kegiatannya ma..sekarang di sekolah2 juga mulai ada ekskul robotik ya

Helenamantra mengatakan...

Wah seru banget. Anak-anak ga cuma menggunakan tetapi juga merangkai robot sendiri. ini nih cara belajar yang menyenangkan.

cendekia channel1 mengatakan...

komunitas sprti ini yg harus didukung penuh. kegiatan positif utk anak2 terutama

wuri nugraeni mengatakan...

serunya ya, nggak sabar nunggu anakku agar besar biar bisa punya pengalaman yg sama

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak dewi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak helena

Tira Soekardi mengatakan...

cendekia, betul ini ada di desa shg mengajak anak desa juga agar bisa punya wawasan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak wuri mempelajari sesuatu yg baru itu mengasyikan

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Di sekolah anak-anak saya ada ekskul robotik. Selalu banyak peminatnya. Robot memang menarik bagi anak-anak :)

Anonim mengatakan...

luar biasa... mbak tira web nya tinggal kasih iklan biar dapet uang

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak keke, sudah banyak sekolah punya ekskul robotic dan biasanya anak suka

Tira Soekardi mengatakan...

anonim, oh gitu ya, saya cuma suka nulis saja

Reyne Raea mengatakan...

waahhh anak saya juga suka everything about robotic, sayang belum nemu wadah buat mencobanya

Edwina Hidayah mengatakan...

Wah, beruntungnya anak-anak bisa mengakses pengetahuan tentang robotik.

maschun mengatakan...

wah mantap komunitas ini bisa belajar robotic

Tira Soekardi mengatakan...

kalau di kota besar sudah banyak mbak reyne

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak edwina

Tira Soekardi mengatakan...

betul maschun

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Tentu ini kegiatan yang sangat menyenangkan dan berkesan ya, Bu. Tidak hanya mengenal, anak-anak itu akan mempunyai semangat untuk menciptakan kreasi-kreasi baru.

Tira Soekardi mengatakan...

betul pak akhmad

yahya abdullah mengatakan...

Ya besok tinggal di praktekkan aja



YUKK KUNJUNGIN LINK DI BAWAH INI SEKARANG...!!!!
Ton Nasa

Tira Soekardi mengatakan...

iya betul mas yahya

Posting Komentar