Minggu, 17 Desember 2023

Anak Circle of Happiness Belajar Rangka Manusia

 


Manusia itu terdiri dari rangka yaitu rangka atau bingkai yang terdiri dari rangkaian tulang dan sendi.  Rangka ini akan bekerjasama dengan otot, ligamen membentuk sistim gerak tubuh.Manusia itu tersusun dari 300 tulang membentuk kerangka tulang dan seiring dengan pertumbuhan menjadi 206 tulang karena ada beberapa tulang yang menyatu.

Rangka itu terdiri dari

A. Rangka aksial yaitu rangkaian tulang yang membentuk sumbu vertikal yang terdiri dari 80 tulang

B. Rangka Apendikular yaitu rangka yang terdiri dari 126 tulang yang menyusun anggota gerak.

Beberapa fungsi dari rangka bagi tubuh manusia seperti menopang dan memberi bentuk tubuh,mendukung gerak tubuh,melindungi organ tubuh, melindungi sistim saraf, memproduksi sel darah merah,sebagai tempat melekatnya otot.

 


 


Rangka manusia dibagi menjadi 3 golongan

A Rangka Tengkorak adalah rangka yang melindungi organ-organ penting dalam tubuh. Terdiri dari 33 ruang tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.

B Rangka anggota gerak seperti tulang lengan atas , tulang lengan bawah, tulang pergelangan tangan. Tulang paha, tulang bawah kaki, tulang pergelangan kaki.

C  Rangka kepala yang terusun dari tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis,tulang mata, tulang pipi dan tulang hidung.

 


 

Anak-anak Circle of Happiness diajarkan rangka manusia secara garis besar yang tampak. Mulai dari kepala sampai dengan kaki. Mulai dari tulang kepala, tulang mata, tulang hidung, tulang leher, tulang dada, tulang rusuk, tulang lengan atas, tulang lengan bawah, tulang panggul, tulag paha dan tulang kaki bawah. Nah, anak-anak membuat alat peraga dari kertas. Anak-anak menggambar rangka manusia dan diberi warna agar jelas dan terakhir anak-anak harus menjelaskan bagian-bagian rangka di depan teman-temannya.

 


Dari kegiatan ini anak-anak mendapatkan banyak manfaat baik dari segi ilmu maupun dari segi pembentukan karakternya. Anak-anak mendapatkan wawasan apa itu rangka, apa fungsinya dan apa macam-macam tulang yang membentuk rangka. Tentunya semua disesuaikan dengan kemampuan anak usia sekolah dasar. Selain itu anak-anak juga mendapat rasa percaya diri saat menjelaskan di depan teman yang lainnya. Dan kemampuan menjelaskan apa yang harus dijelaskan . Dan membuat alat peraga yang kreatif sehingga saat menjelaskan alat peraganya bisa dilihat dan dimengerti oleh teman-teman yang lainnya.

 


Kegiatan kali ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Apalagi anak-anak sangat antusias mulai dari menggambar, mewarnai rangka sampai menjelaskan macam-macam tulang yang membentuk rangka. Semoga dengan kegiatan kali ini anak-anak benar-benar memahami ilmunya, dan karakter yang terbentuk pada anak-anak yang juga harus dipupuk sehingga anak-anak akan terlihat kemajuannya dalam proses belajarnya.

12 komentar:

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

great job....
👍👍

Tira Soekardi mengatakan...

Thank you

celotehnur54 mengatakan...

Siswa kreatif, gurunya super kreatif.

Tira Soekardi mengatakan...

Makasih

Parenting By Rey mengatakan...

Menyenangkan banget kegiatan kayak gini ya Mba, bikin anak-anak jadi nambah pengetahuan tapi dengan cara yang menyenangkan. sesuai namanya circle of happiness :)

Tira Soekardi mengatakan...

Betul

Mugniar mengatakan...

Mbak, menyenangkan ya menemani anak-anak belajar seperti ini, jadinya belajar ulang ya, bukan hanya anak2 itu yang belajar. Yang mengajari anak2 juga jadi refresh otak :)

Rezky Pratama mengatakan...

Saya aja baru tau macam2 rangka dalam tubuh

Tira Soekardi mengatakan...

Betul, setelah pensiun, anak2 ini bagiku hiburan hati banget

Tira Soekardi mengatakan...

Emang gak belajar saat smo

Ainun mengatakan...

seru dan menyenangkan pastinya buat anak-anak belajar mengenal struktur tubuh manusia. Jadi sudah ada gambaran di pikiran mereka, mengenai organ tubuh dengan baik

Tira Soekardi mengatakan...

Betul dan membuat anak mengingat dalam memori otaknya

Posting Komentar